bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Kunci Alternatif (Alternate Key): Pengertian Dan Contoh

 Pengertian Dan Contoh Kunci Alternatif (Alternate-Key) Basis Data

Kunci Alternatif (Alternate-key) adalah salah satu istilah kunci atribut tabel pada model perancangan basis data berbasis record tepatnya model basis data relasional. sistem informasi basis data memerlukan data yang komplek, dimana semua data yang diuraikan dalam penginputan  akan dikumpulkan kembali sehingga memberikan hasil (informasi) baru berdasarkan tujuan sistem diciptakan.

Pengertian Kunci Alternatif (Alternate-Key) Basis Data

Pengertian kunci alternatif (Alternate-key) merupakan kunci kandidat yang berisi semua nilai dari kunci kandidat tetapi merupakan opsi pilihan di antara dua atau beberapa kandidat dan bukan kunci primer. 

Dalam beberapa istilah kunci alternatif (Alternate-key) juga disebut dengan kunci sekunder (secondary-key) .Kunci alternatif atau kunci sekunder digunakan sistem untuk mengidentifikasi bahwasanya beberapa data dari metadata sebuah objek itu merupakan  pondasi-pondasi relasi unik pada  kolom-kolom suatu tabel basis data.

Kunci Alternatif (Alternate-key) juga merupakan kunci kandidat dan  kunci primer, mengapa demikian?... Perhatikan gambar contoh ilustrasi kunci alternatif (alternate-key). Dari Gambar  tersebut dapat diketahui bahwa, ketika dalam sebuah kasus ditemukan lebih dari satu kunci kandidat (candidate-key) kemudian salah satunya dijadikan kunci primer (primary-key), maka sisa daripada itu dikatakan kunci alternatif (alternate-key).

kunci-alternatif-basis-data


Contoh Kunci Alternatif (Alternate-key) Tabel Basis Data

Contoh kunci alternatif (Alternate-key), jika dalam suatu kasus ada sebuah tabel diberi mana tabel_informasi_mahasiswa. Tabel tersebut mempunyai kolom (Field) NIM, NIK, NAMA, ALAMAT,dst. Perhatikan gambar contoh kunci alternatif (alternate-key).

contoh-kunci-alternatif-basis-data
Contoh Kunci Alternatif
Dapat diketahui NIM dan NIK adalah Field unik dimana kolom tersebut memiliki nilai kolom atau menghasilkan baris (record) tersendiri atau lain daripada yang lain. Disimpulkan sbb:
  • NIM, NIK merupakan dua opsi  kunci relasi unik yang disebut dengan Kunci Kandidat.
  • NIM merupakan Kolom yang dipilih menjadi  kunci unik utama atau dapat disebut dengan kunci primer.
  • NIK merupakan kolom unik yang tidak digunakan (kasus ini) sebagai kunci primer  dapat disebut sebagai kunci alternatif, namun juga merupakan kunci kandidat.

Kesimpulan

Kunci alternatif (alternate-key) adalah salah satu atribut kunci (key attribute), artinya atribut tersebut unik digunakan untuk basis data relasional. Kunci alternatif (alternate-key) merupakan kunci kandidat namun bukan kunci primer.

0 Response to "Kunci Alternatif (Alternate Key): Pengertian Dan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel