bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Kunci Kandidat (Candidate Key) : Definisi, Pengertian Dan Contoh

Definisi, Pengertian, Contoh Dan Cara Menentukan Kunci Kandidat (Candidate-Key) Pada Basis Data

Basis Data sistem informasi mampu menampung jutaan data dari sebuah objek. Untuk mengimplementasikan data tersebut  kedalam basis data perlu adanya uraian jenis data yang disuguhkan dalam beberapa  istilah, salah satunya disebut atribut agar sebuah basis data itu berjalan efisien.

Atribut sendiri adalah ciri karakter metadata dari sebuah objek atau entitas dunia nyata. Atribut itu juga dikelompokan lagi menjadi beberapa, salah satunya adalah atribut kunci (key atribute). Key sendiri adalah adalah salah satu lebih uraian metadata unik sebuah objek dunia nyata digunakan untuk mendefinisikan pengait sentral antar tabel.

Salah satu dari atribut kunci (Key Attribute) adalah Atribut Kunci Kandidat (Candidate-Key). Lalu apakah definisi, pengertian, cara menentukan dan juga contoh dari atribut kunci kandidat basis data ini?..

Definisi Kunci Kandidat (Candidate-Key) Basis Data

Menurut Tecopedia definisi Atribut Kunci Kandidat (Candidate-Key) adalah tipe field spesifik didalam basis data yang dapat mengidentifikasi setiap record unik secara independen dari data lainnya.

Kamus WordSense mendefinisikan Atribut Kunci Kandidat (Candidate-Key) sebagai kolom atau kelompok yang tidak dapat direduksi dan mampu mengidentifikasi setiap baris tabel Dalam desain tabel basis data.

Pengertian Kunci Kandidat (Candidate-Key) Basis Data

Candidate-key adalah satu atau beberapa  atribut unik yang salah satu bisa menjadi kunci primer.  Artinya atribut  kunci kandidat  (calon kunci) adalah salah satu dari beberapa atribut objek yang masing-masingnya memiliki nilai unik (superkey minimal) dalam tabel basis data. Salah satu dari atribut kunci kandidat (candidate-key) tersebut akan menjadi kunci primer (primary-key) dan yang tidak terpilih disebut kunci alternatif (alternate-key). OLeh karena alasan tersebut Candidate-key (kunci kandidat) tertentu berkaitan erat dengan kunci utama (primary key), kunci sekunder  atau kunci alternatif.

Beda halnya dengan Super-key. Super-key adalah gugusan atau gabungan beberapa atribut yang dijadikan sebagai kunci relasi tabel basis data.

Cara Menentukan Kunci kandidat (candidate-Key) Basis Data

Contoh sederhana ketika menentukan kunci kandidat Candidate-Key tabel  basis data adalah ketika seseorang akan menyewa (reservasi) kamar hotel, sedang ia membawa tiga jenis kartu identitas (objek) seperti KTP, SIM dan Paspor. Masing-masing kartu tersebut memiliki nomor unik (lain dari yang lain). Sebelum kartu identitas tersebut dipilih salah satunya menjadi key lainnya, maka kartu-kartu tersebut dikatakan Candidate-key (kunci calon). 
Perhatikan contoh ilustrasi kunci kandidat (Candidate-key) basis data dibawah.

Ilustrasi-menentukan-candidat-key
Gambar 01 
Pada Gambar 01 menentukan candidate key diatas dapat diketahui, seseorang Customer (CMR) ingin menyewa kamar hotel dengan membawa beberapa identitas seperti SIM, KTP dan Passport. Dari Beberapa alat identitas tersebut ternyata receptionist (RCPT) Sebagai Identitas utama reservasi (Lihat Gambar 02).

candidate-key
Gambar 02

Contoh Kunci Kandidat (Candidate-key) Tabel Basis Data

Kunci kandidat tertentu disebut kunci primer (primary-key), kunci sekunder (secondary-key) atau kunci alternatif (alternate-key), mengapa demikian?... hal ini dikarenakan setelah kunci kandidat ditemukan, maka salah satu satunya akan dijadikan kunci primer dan sisanya akan disebut sebagai kunci sekunder atau kunci alternatif. Perhatikan gambar 02 contoh menentukan kunci kandidat. 

Selanjutnya perhatikan gambar 03 contoh kunci kandidat (candidate-key). Dari situ dapat diketahui dimana ada sebuah tabel basis data dengan nama tabel_informasi_mahasiswa yang didalamnya terdapat kolom/record NIM, NIK, NAMA, ALAMAT, KODE_JURUSAN, JENIS_KELAMIN. Diketahui bahwa nomor induk mahasiswa (NIM) juga nomor induk kependudukan (NIK) tidak mungkin memiliki nilai yang sama, artinya masing-masing atribut tersebut memiliki nilai unik. Maka NIM dan NIK adalah kunci kandidat (candidate-key).

contoh-candidte-key
Gambar 03
Terima Kasih!..



0 Response to "Kunci Kandidat (Candidate Key) : Definisi, Pengertian Dan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel