bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Atribut Kunci (Key Attribute) : Pengertian, Definisi dan Contoh atribut

Pengertian, Definisi, Jenis & Contoh Atribut - Atribut Kunci Pada Tabel Pada Basis Data


Apa itu atribut key?... Di Dalam mendesain sebuah sistem informasi khususnya sistem basis data, atribut merupakan istilah sangat penting untuk dipelajari secara mendalam, apalagi sebagai analis basis data.

Sebelumnya kita telah mempelajari apa itu atribut. Sepatutnya kita mendalami jenis atribut kunci (Key Attribute).

Atribut tabel berfungsi untuk menguraikan metadata dari sebuah objek dunia nyata dengan kriteria-kriteria karakteristik tertentu. sedangkan Key adalah salah satu lebih uraian metadata unik sebuah objek dunia nyata digunakan untuk mendefinisikan kunci sentral tabel basis data maupun pengait relasi antar tabel Sistem Basis Data Relasional (RDBMS).

Definisi Atribut Kunci (Key Attribute)

Frasa Atribut Key pada dasarnya, di dalam bahasa indonesia yang benar adalah Atribut kunci, dan bahasa inggrisnya dituliskan Key Attribute.

Atribut kunci adalah karakteristik unik dari entitas. Seperti Nama dan tanggal perekrutan adalah atribut dari entitas Karyawan (creately.com).

Menurut di bawah Daftar Istilah Layanan Web - Catatan Kelompok Kerja W3C 11 Februari 2004 definisi Atribut kunci basis data adalah Karakteristik unik dari suatu objek sering ditentukan dalam hal sifat fisiknya, seperti ukuran, bentuk, berat, dan warna, dll., untuk objek dunia nyata. Objek di dunia maya mungkin memiliki atribut yang menjelaskan ukuran, jenis penyandian, alamat jaringan, dll (NIST SP 800-95).

Pengertian Atribut Kunci (Key Attribute)

Pengertian atribut kunci adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) secara unik di dalam tabel basis data. Atribut kunci dikatakan unik adalah jika pada baris data tidak memiliki nilai yang sama dan tentunya tidak bernilai nol (not-Null).

Fathansyah dalam Basis Data Revisi Kedua, disebutkan bahwa jika suatu atribut dijadikan sebagai atribut kunci (key), maka tidak boleh ada baris data dengan nilai yang sama untuk atribut tabel tersebut.

Jenis - Jenis Atribut Kunci Basis Data

Ada beberapa referensi yang merujuk bahwa jenis key attribute terbagi menjadi 7 (tujuh) macam key. Fathansyah dalam Basis Data Revisi Kedua tertulis bahwa atribut kunci yang terdapat pada tabel ada 3 (tiga) macam, yaitu:

Superkey adalah satu atau lebih atribut (gabungan atribut) bukan key yang dapat membedakan setiap baris data dalam tabel secara unik dan tidak bernilai kosong. Contoh Super Key adalah ketika dalam suatu baris data tabel basis data tidak bernilai atau berinformasi unik, maka disini desainer sistem basis data harus menentukan dulu satu atribut (field) atau gabungan atribut-atribut non-key sehingga memberikan record (baris) unik dan sistem tersebut dapat memberikan informasi valid.
Baca Lebih Lanjut: Pengertian, Definisi Dan Contoh Super Key

Candidate-key adalah atribut unik yang bisa menjadi kandidat (calon) kunci. Artinya atribut ini juga menjadi salah satu pertimbangan untuk dijadikan atribut kunci (superkey minimal). Karena alasan tersebut Candidate-key (kunci kandidat) tertentu kadang-kadang berkaitan erat dengan kunci primer, kunci sekunder atau kunci alternatif. Contoh Candidate-Key ketika seseorang akan menyewa (reservasi) kamar hotel, sedang ia membawa tiga jenis kartu identitas KTP, SIM dan paspor. Masing-masing kartu tersebut memiliki nomor unik. Sebelum kartu identitas tersebut dipilih salah satunya, maka kartu-kartu tersebut dikatakan Candidate-key (kunci kandidat).

Kunci Primer (Primary Key) Adalah satu atribut bersifat unik dalam sebuah tabel. Setiap tabel basis data hanya memiliki satu primary key (Kunci Utama). Primary Key digunakan sebagai pengidentifikasi atribut unik untuk mengurai data dengan cepat di dalam tabel juga menjadi kunci kait utama dalam basis data relasional. Contoh Primary-key adalah atribut yang berdiri sendiri dan bernilai paling unik dalam baris data suatu tabel. Contoh Primary Key dari tabel mahasiswa adalah NIM (Nomor Induk Mahasiswa), tabel identitas adalah NIK (No Induk Keluarga), dan tabel pegawai adalah NIP (No Induk Pegawai).

Baca Juga: Basis Data Relasional

Contoh Atribut Kunci (Attribute Key) Basis Data
Contoh Gambar Atribut Kunci (Attribute Key) Basis Data



4 (empat) macam jenis Atribut Kunci lainya, yaitu :

Alternative Key adalah kunci yang belum atau tidak dipilih menjadi kunci utama, tetapi merupakan kunci kandidat (candidate-key). Namun, juga dianggap sebagai kunci kandidat untuk kunci utama (Primary Key). Jenis Key ini juga disebut Kunci Sekunder.

Secondary Key adalah kunci sekunder, atau kunci tambahan, yang dapat digunakan selain kunci utama untuk menemukan data tertentu. Contoh Secondary Key adalah ketika sebuah tabel basis data memiliki dua atribut bernilai sama - sama unik, maka salah satunya bisa disebut primary key dan satunya disebut secondary key. Misalkan sebuah tabel mahasiswa memiliki atribut NIM, Nama, Alamat, Jurusan, No_KTP, dll. Setelah NIM menjadi Primary Key maka, No_KTP adalah Kunci Sekunder (Secondary Key). Oleh karena contoh diatas, atribut kunci golongan Secondary Key ini juga disebut dengan kunci alternatif (alternative Key).

Foreign Key adalah refleksi primary key pada tabel berbeda sebagai pengikat relasi pada sebuah basis data. Foreign Key adalah kunci seberang atau asing dari Primary key atau kunci utama pada tabel lain. Contoh foreign key ketika ada dua tabel atau lebih , dimana tabel mahasiswa memiliki atribut NIM, Nama, Alamat, Jurusan, No_KTP, tabel jurusan memiliki atribut Kode_Jurusan dan Nama_Jurusan. Dimana, atribut Kode_jurusan yang ada pada tabel tabel jurusan merupakan primary key, maka atribut Jurusan yang ada pada tabel mahasiswa disebut foreign key.

Composite Key adalah kombinasi dari dua atau lebih atribut key dalam tabel yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara unik setiap baris dalam tabel. Contoh Composite Key adalah ketika dalam satu tabel tidakmemungkinkan atribut key efesien, maka jalan satu satunya adalah dengan cara menggabungkan dua atau lebih atribut untuk menjamin keunikan dalam tabel.

Kesimpulan

Atribut kunci adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi baris data bernilai unik yang dapat mewakili semua informasi pada sebuah tabel dalam mengefisienkan sistem informasi khususnya sistem basis data relasional. Ada 7 (tujuh) macam key, dimana fungsinya sama - sama bertujuan untuk mengidentifikasi baris data bernilai unik. Hanya saja yang membedakan mereka adalah penempatan dan penentuan atribut itu sendiri yang berbeda - beda.

0 Response to "Atribut Kunci (Key Attribute) : Pengertian, Definisi dan Contoh atribut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel