AdSense

Relational Database: Pengertian, Definisi, Sejarah dan Kunci Relasi (key) Basis Data Relasional


Pengertian, Definisi, Sejarah dan Kunci Relasi (Key) Pada Basis Data Relasional

Basis Data merupakan elemen terpenting bagi informasi komputer, penampung kumpulan data yang saling berelasi ini menjadi sumber daya bagi informasi. pangkalan data yang saling terkait ini dianggap sebagai masukan (Input) oleh sistem kemudian diolah sedemikian rinci dengan perintah prosedur proses sistem hingga menghasilkan keluaran (output) yang disebut informasi. mekanisme yang terjadi berulang-ulang ini dapat disebut dengan sistem informasi.
Setelah sebelumnya membahas basis data, sistem basis data, dan sistem pengelola basis data atau database management system (DBMS). Artikel kali ini saatnya kita memahami pengertian dan definisi basis data relasional.

Definisi Basis Data Relasional

Definisi Basis Data Relasional adalah Basis Data yang mengenali hubungan antara berbagai bagian informasi atau Basis Data terstruktur untuk mengenali hubungan antara item informasi yang disimpan.

Pengertian Basis Data Relation

Basis Data Relasional atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Relational Database merupakan Basis data digital yang didasarkan pada model data relasional. Basis data relasional merupakan kelompok desain atau model basis data yang paling sederhana dan mudah untuk diterapkan terhadap basis data. Model basis data adalah mekanisme yang digunakan untuk mengorganisasikan data. 
Model Relasional merupakan persebaran data yang dipilah menjadi dua atau beberapa tabel. setiap tabel terdiri dari baris mendatar disebut dengan Baris Data/Tuple/Row/Record dan lajur bawah disebut dengan kolom Column/Attribute/Field. Suatu set data yang menjelaskan batas nilai dari satu atau lebih atribut disebut dengan domain. domain mendefinisikan metadata dari sebuah data atau menjelaskan tipe data, menyangkut nama, format data, dan informasi tambahan untuk memudahkan menginterpretasikan nilai-nilai domain. Isi dari pertemuan antara baris dan kolom juga disebut item data.

Pengertian Definisi Sejarah Kunci Relasi Pada Basis Data Relasional
Gambar oleh mcmurryjulie dari Pixabay 

Perangkat Lunak (software) yang mendukung atau penghubung antara pengguna dan sistem basis data model relasional ini disebut dengan Sistem Manajemen/Pengelola Basi Data Relasional atau di dalam bahasa inggris disebut dengan Relational Database Management System (RDBMS). RDBMS yang dapat mengakomodir konsep prinsip termasuk Syntax Bahasa perintah model relasional seperti Microsoft Access (korporasi microsoft), Borland-paradox, Oracle Database (korporasi oracle), MySql dan Microsoft SQL Server (korporasi Microsoft).
Baca Juga: Sistem Pengelola Basis Data Relasional (Relational Database Management System/RDBMS )

Sejarah Singkat Basis Data Relasional

Istilah Relational Database awalnya dikemukakan oleh E.F.Codd pada tahun 1970 saat berada di IBM, saat itu ia memperkenalkan istilah ini dalam penelitiannya yang berjudul "A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks" atau "Sebuah Model Data Relasional untuk Bank Data Besar Bersama".

Kunci Relasional (Relational Key) model relasional

Pada Model relasional terdapat istilah yang mempunyai peran penting dalam merancang basis data jenis ini. Istilah ini disebut dengan Kunci relasional dalam bahasa inggris disebut Relational key.
Kunci Relasional adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data atau row dalam tabel secara unik. Jenis-jenis kunci relasional ini antara lain Superkey, Candidate Key, Primary Key Foreign Key dan Composite Key.
  1. Superkey adalah satu atau lebih atribut yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik dan mengidentifikasi sebuah tuple secara unik di dalam sebuah relation. 
  2. Candidate Key (Kunci Calon) adalah merupakan kumpulan atribut minimal atau superkey yang jumlah atributnya minimal.
  3. Primary Key (Kunci Utama) adalah atribut candidate key yang telah dipilih untuk mengidentifikasikan tuple secara unik dalam relasi.
  4. Foreign Key (Kunci Tamu) adalah sebuah atau sekumpulan atribut di dalam sebuah relasi yang sesuai dengan candidate key dari beberapa relasi.
  5. Composite key atribut adalah key yang terdiri dari dua atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasikan suatu kejadian atau hubungan entitas. Composite atribut merupakan atribut yang masih dapat diuraikan lagi menjadi sub-sub atribut yang mempunyai nilai atau item data masing-masing.

Kesimpulan

Basis data relasional merupakan basis data terstruktur untuk mengenali hubungan antara item informasi, basis data relasional adalah salah satu model data, pertama kali diperkenalkan oleh E.F. Codd pada tahun 1970, Relational Database Management System (RDBMS) merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh basis data model relasional ini. Super Key, Candidate Key, Primary Key Foreign Key juga Composite Key merupakan kunci relasi atau penghubung sekaligus pembeda antara item-item data dari atribut pada satu atau lebih (kumpulan) tabel.

0 Response to "Relational Database: Pengertian, Definisi, Sejarah dan Kunci Relasi (key) Basis Data Relasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel