AdSense

Office Suite: Pengertian Dan Pembagian Paket Aplikasi Perkantoran

Office Suite (Paket Aplikasi Perkantoran): Pengertian Dan Pembagian


Pengertian Office Suite

Office Suite adalah sebuah istilah rangkaian atau koleksi program perangkat lunak (software) satu paket dalam komputer, terdiri dari beberapa program dalam satu sajian. Office suite memiliki fungsi yang korelatif, antar muka yang hampir sama, kemampuan bertukar data, saling keterkaitan fungsi, sering digunakan sebagai penunjang utilitas dalam sebuah organisasi. Office suite di dalam bahasa indonesia bisa disebut dengan paket aplikasi perkantoran. 
Office suite merupakan salah satu dari kategori software suite atau application suite, Tidak hanya mengacu pada perkantoran, office suite juga dipakai berbagai kalangan baik akademik maupun praktisi. sebenarnya hampir semua pengguna komputer tanpa disadari telah menggunakan office suite, hanya saja kurang mengetahui penamaan istilah terhadap kumpulan program perangkat lunak utilitas komputer ini. 
Perangkat lunak office suite biasanya terdiri dari beberapa program produktivitas yang dapat pengolah kata, spreadsheet (program pengelola keuangan) dan presentasi, ada beberapa office suite yang menambahkan program pengelola basis data (database) dan pengelola template publishing (membuat katalog, brosur, poster, surat kabar dan majalah).
Office suite merupakan paket aplikasi yang saling berhubungan atau mendukung interoperabilitas antara satu program ke program lain dalam satu kelompoknya. Walaupun Office Suite ini dikatakan bundelan kumpulan beberapa program, aplikasi ini juga dapat diinstal secara terpisah. Office Suite tidak harus selalu diinstal.

Pembagian Office Suite

Dalam komputasi, Office suite sangat banyak beredar, bahkan jika dikelompokan ini dapat dibagi beberapa sudut pandang menjadi beberapa bagian diantaranya pembagian office suite menurut pendistribusian, pembagian office suite menurut platform sistem operasi dan pembagian office suite menurut konektivitas.

Office Suite Menurut Pendistribusian

Office Suite jika dilihat dari segi pendistribusian atau persebaran Office suite itu sendiri dapat dibagi kedalam beberapa kelompok, yaitu Office Suite yang didistribusikan secara komersial yang dijual atau membutuhkan biaya langganan, Office Suite bersifat gratis akses penuh atau Freeware.
Contoh Office Suite bersifat komersial seperti Ability Office, Breadbox Office, Gobe Productive, G Suite, Microsoft Office, Lotus SmartSuite, OPen Office (Gratis untuk produk terdahulu), dan Sebagainya, sedangkan contoh dari Office Suite bersifat Free seperti Apache OpenOffice, Calligra Suite, Feng Office Community Edition, Google Docs, iWork, LibreOffice dan sebagainya.

Office Suite Menurut Dukungan Sistem Operasi

Office Suite paket aplikasi perkantoran jika dilihat dari segi dukungan sistem operasi atau Operating System dapat dikelompokan agi sebagai berikut:
  • Office Suite yang mendukung Sistem Operasi Mac OS Seperti Apache OpenOffice, Calligra Suite, Feng Office Community Edition, Google Apps for Work, iWork, WPS Office (Kingsoft Office), ONLYOFFICE, NeoOffice (Mac OS X v10.3 atau Dibawahnya), LibreOffice, StarOffice (hanya Intel), dsb.
  • Office Suite yang mendukung Sistem Operasi GNU/Linux Seperti Apache OpenOffice, Calligra Suite, LibreOffice, TeamLab, TeamLab, StarOffice, dsb.
  • Office Suite yang mendukung Sistem Operasi Microsoft Windows Seperti Ability Office, Apache OpenOffice, Breadbox Office, iWork, LibreOffice, ONLYOFFICE, Microsoft Office, SoftMaker Office, StarOffice, WordPerfect Office, dsb.
  • Office Suite yang mendukung Sistem Operasi Android Seperti Google Apps for Work (Online), Microsoft Office Mobile, ONLYOFFICE, SoftMaker Office, ThinkFree Office Mobile, WordPerfect Office, MobiSystems OfficeSuite, Documents To Go, dsb.
  • Office Suite yang mendukung Sistem Operasi iOS seperti, Google Apps for Work (Online), iWork, Microsoft Office Mobile, MobiSystems OfficeSuite, ONLYOFFICE, WPS Office (Kingsoft Office), dsb.
Anda dapat melihat gambar dibawah untuk melihat rincian contoh kelompok Office Suite berdasarkan referensi Wikipedia. 

Pengertian Dan Pembagian Paket Aplikasi Perkantoran (Office Suite)
Tangkapan Layar Dari Wikipedia

Office Suite Menurut Konektivitas

Jika dipandang dari segi konektivitas atau jaringan, office suite dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Online Office Suite dan Offline office suite. 
  • Online Office Suite adalah paket aplikasi perkantoran online atau cloud, biasanya aplikasi suite ini merupakan program pengolah kata, spreadsheet, presentasi berbasis web dan menggunakan peramban atau web browser dan Content Management System (CMS) sebagai media akses. Hal ini memudahkan dan mempercepat pekerjaan, juga mendukung hubungan secara langsung antar penggunanya. kelebihan dari online Office suite adalah tidak membutuhkan ruang fisik penyimpanan maupun penginstalan, kekurangan Online Office Suite ada pada akses koneksi. Walaupun paket ini erat kaitannya dengan online (koneksi jaringan) beberapa online office suite menyediakan penyimpanan atau pencadangan sementara sebelum di perbarui ke jaringan kembali. Jika dilihat dari segi pendistribusian office suite tipe koneksi ini ada yang bersifat gratis akses penuh atau freeware, sumber terbuka atau Open Source dan komersial atau membutuhkan biaya berlangganan. Contoh Online Office Suite bersifat Freeware seperti google docs suite, personal onlyoffice, Zoho Office Suite, Office Online dan iWork For iCloud. Contoh Online Office Suite bersifat open source seperti Feng Office, LibreOffice Online, OnlyOffice Community Server dan Tiki Wiki CMS Groupware. Contoh dari Online Office Suite bersifat Peket Kepemilikan atau Proprietary Suites seperti Onlyoffice, Share Office Simdesk (terjual) dan ThinkFree Office.
  • Offline Office Suite adalah paket aplikasi perkantoran tidak secara langsung dikendalikan oleh atau terhubung ke jaringan eksternal atau konektivitas. Office Suite offline adalah kebalikan dari online office suite, tidak secara langsung menggunakan konektivitas dan menggunakan utilitas desktop.Contoh offline Office Suite adalah semua paket aplikasi perkantoran kategori aplikasi berbasis desktop dan tidak secara langsung membutuhkan konektivitas seperti Microsoft Office.

Office Suite Menurut Dukungan Format Dokumen Portabel (Portable Document Format/PDF)

Selain Pembagian paket aplikasi perkantoran Seperti kelompok diatas, Office suite juga mempunyai kategori menurut kemampuan menciptakan dokumen berformat Portabel atau berekstensi PDF. Contohnya seperti Google Docs, Microsoft Office, MobiSystems OfficeSuite, Zoho Office Suite, LibreOffice, ThinkFree Office, OnlyOffice, dsb.

Dilihat dari Semua contoh diatas merupakan office suite di atas memiliki kelebihan dan kekurangan fungsi fasilitas berbeda-beda. Sekian artikel saya tentang pengertian dan kategori Office Suite.

0 Response to "Office Suite: Pengertian Dan Pembagian Paket Aplikasi Perkantoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel