AdSense

PENGERTIAN, KATEGORI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SOFTWARE SUITE

Pengertian, Kategori, Kelebihan dan Kekurangan Software Suite

Pengertian, Kategori, Kelebihan dan Kekurangan Software Suite

Software Suite, jika ditinjau dari segi bahasa mempunyai dua suku kata, yaitu software adalah Perangkat atau piranti lunak dan suite adalah sederetan atau serangkaian. Software suite adalah serangkaian atau sederetan perangkat lunak. Software suite adalah salah satu jenis dari software. 
Baca Juga : Pengertian Software

Pengertian Software Suite

Pengertian Software suite adalah sekumpulan dua atau lebih prengkat lunak yang dibundel dalam satu paket yang memliki keterkaitan antar sesamanya dan fungsi yang berbeda. Software suite juga disebut dengan application suite atau utility suite, terdiri dari beberapa aplikasi dalam satu sajian. Software suite memiliki fungsi yang korelatif, antar muka yang hampir sama, kemampuan bertukar data, saling keterkaiatan fungsi, namun tidak menutup kemungkinan perbedaan yang signifikan satu sama lain.

Kategori Software Suite

Ada banyak pembagian jenis-jenis Software Suite, tentu saja jenis-jenis tersebut dibagi menurut kriteria tertentu baik secara umum, komersial atau pendistribusian, mapun secara Graphical User Interface (GUI). Salah satunya adalah pembagian software suite menurut fungsinya. Antara lain:
  • Paket kantor (Office Suite) : adalah paket software suite yang sering digunakan dalam perkantoran. Contoh paket office software suite yang umum digunakan antara lain : Ms. Office dan Open Office.
  • Paket internet (Internet Suite) : berkaitan dengan bundel perangkat lunak yang berhubungan dengan pengelolaan atau penggunaan dunia internet. Contoh internet software suite antara lain : Cyberdog, Arachne dan Suite Aplikasi Mozilla.
  • Paket grafis (Graphics Suite): adalah paket aplikasi yang digunakan kalangan design atau yang berkecimpung dunia Graphical. Contohnya CorelDraw, Adobe Photohop Suite dan Microsoft Expression Studio.
  • Lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated development environment IDE) : adalah paket software suite yang berkitan dengan pengembang atau developers software. IDE biasanya terdiri dari editor source code , alat bantu otomasi , dan debugger. Contohnya adalah : NetBeans, Eclipse, SharpDevelop dan Lazarus.

Kelebihan Software Suite

  • Harga yang Lebih murah dibanding membeli paket individual.
  • Antar muka pengguna (GUI) atau tampilan yang identik atau sangat mirip.
  • Installer perangkat lunak dapat diinstal sekaligus.
  • Dapat berinteraksi satu sama lain (dalam satu paket).

Kekurangan Software Suite

  • Memungkinkan ada beberapa fitur aplikasi yang tidak pernah digunakan pengguna (Pemborosan aplikasi).
  • Memakan banyak ruang disk ( bloatware ).
Demikianlah sedikit artikel tentang pengertian, kategori, kelebihan dan kekurangan software suite, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel