AdSense

PENGERTIAN DAN PEMBAGIAN SOFTWARE

Software

Selain Software ada satu istilah lagi sebagai sandingnnya yaitu Hardware. Software dan Hardware adalah dua istilah paling sering dijumpai dalam dunia teknologi dan informasi, namun tak jarang pula yang belum tahu apa itu Software dan Hardware. Software dan Hardware adalah dua komponen dua istilah yang berbeda, namun mempunya tujuan yang sama dan saling bekerja sama, satu saja tidak bisa berjalan sempurna. Bisa ibaratkan Software berkerja untuk dalam atau (Proses) ssedangkan Hardware bekerja untuk Luar(Output). Untuk mengetahui lebih dalam lagi, mari kita bahas apa itu Software dan Hardware ini. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang istilah Software terlebih dahulu, karena memang pembahasan tentang software lumayan Panjang.
Baca Juga : Pengertian Hardware

A. Pengerian Software.

Software, Perengkat Lunak atau Piranti Lunak adalah sama, namun yang membedakannya adalah segi Bahasa, software berasal dari Bahasa inggris. Software didalam Bahasa Indonesia adalah perangkat lunak atau piranti Lunak. Pengertian Software adalah sebuah istilah khusus untuk program atau aplikasi didalam subuah device atau alat. Software secara umum dapat diartikan bahwa, kumpulan data atau perintah yang di enkapsulasi untuk melakukan perintah tertentu. Software dapat dibuat dengan Bahasa pemograman dan pembuatnya disebut programer atau application developer. Tanpa Software sebuah device tidak akan berjalan sempurna.

Pengertian Software
Software tidak mempunyai bentuk fisik sehingga tidak dapat diraba, Software hanya mempunyai tampilan dan ukuran yang bukan ukuran fisik. Ukuran Software bersifat volume digital seperti besaran Digit Binary (Byte) seperti, Byte, Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, Terabyt dan lain lain. Software harus mempunyai device wadah sebagai tempat penyimpanan Software, seperti memori, disket dan Hardisk. 
Contoh Software adalah program yang ada di dialam PC (Personal Computer) adalah Aplikasi atau program MS.Office Word. Disini PC (Personal Komputer) dicontohkan sebagai Device (Alat), sedangkan aplikasi Ms.Office Word adalah Software. adalah sebuah Software yang ternama dibuat oleh Perusahaan Microsoft, Ms. Office Word adalah salah satu Program atau Software yang dirancang untuk mengolah kata (tulisan).

B. Pembagian software

Tentu saja software mempunyai pembagian dan fungsi masing-masing. Pembagian Software ini dibagi menjadi dua bagian yaitu, Software yang ditinjau dari garis besar (System Software dan Application Software)  dan Software yang ditinjau dari pendistribusi.

a. Secara Garis besar

Secara Garis Besar atau umum, Software Dibagi menjadi dua bagian yaitu Software Induk dan Software pembantu/pendukung. 
- Software Induk (System Software)
Software Induk adalah Software SISTEM OPERASI (OS “Operating Sisitem”) adalah Software induk yang harus dijalankan atau diinstal pertama kali di dalam sebuah Device (alat), baik Handphe, PC dan device (alat) atau Mesin-mesin lainnya. Contoh Software Induk ini Adalah : 
  • Linux, Microsoft Windows, MacOS, Choreme OS (Chromebook), Haiku, Unix, Steam OS, dan React OS ( Sofware induk Atau sistem Operasi yang ada pada Personal Computer) 
  • Android, syimbian OS, iOS Apple, Balckberry Os, Windows Phone, dan Bada (software Induk atau sistem operasi yang ada pada Handphone) 
- Software Pembantu ApplicationSoftware
Software Pembantu Aladah Software yang memebantu jalannya software Induk, atau dapat dikatakan juga sebagai software Utility, pendukung dari software induk. Setelah Software Induk terinstal selanjutnya, Software pembantu yang akan diinstal. Contoh Software Pembantu adalah: 
  • Winamp, Ms. Office, Chrome, Adobe Acrobat Reader, Adobe Photoshop dan CorelDraw ( Software Pembantu pada PC atau Laptop) 
  • WhatsUp, BB Mesenger, Skype, messenger, youtube, Chrome, WPS Office dan masih banyak lainnya menurut kebutuhan masing-masing pengguna.( Software pembantu pada Handphone)

b. Secara Distibusi

Pembagian Software berdasarkan distrubisi adalah pembagian software berdasarkan penyaluran sebuah software. Baik itu berkaitan dengan pemakaian, pembayarandan klasifikasi. Secara Distribusi Software dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: 
  • Freeware adalah tipe software yang didistribusikan dan dapat digunakan secara gratis tanpa adanya batasan waktu penggunaan. Freeware biasanya diberikan kepada komunitas atau kelompok tententu, namun memiliki hak sebagai pengembang atau pengontrol dalam hal pengembangan aplikasi selanjutnya atau Sebagai pihak ketiga. 
  • Shareware merupakan software yang dapat digunakan secara gratis namun, ada beberapa fitur yang dibatasi atau harus dibeli. 
  • Commercial Software adalah software yang dikomersialkan dengan kata lain Software komersil adalah software yang dapat membuat sesuatu yang dapat diperjual belikan hasilnya. Untuk menggunakanya kita harus membeli dahulu Sotware inicontoh software komersial ini Daintaranya; Microsoft Visual Basic NET, Corel Draw, Ms. Office, ASP.Net, Adobe Photoshop, Macromedia Flash dan lain-lain. 
  • Free Software adalah dalah jenis software yang dapat digunakan, disalin, dimodifikasikan, atau diubah. 
  • Open Source Software adalah perangkat lunak sumber terbuka yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan disebarluaskan. 
  • Copyrighted software adalah Perangkat lunak yang dilindungi oleh hak cipta. bebas menggunkan asalkan menurut ketentuan distribusinya semua salinan dari semua versi bawaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel