AdSense

PENGERTIAN HARDWARE

Pengertian Hardware 

Berbicara tentang Hardware dengan perkambangan teknologi yang begitu pesat, hardware tidak hanya terbatas pada komputer. Umumnya ketika seseorang membahas tentang hardware, maka pikiran yang muncul adalah hardware yang ada pada komputer. Padahal Hardware adalah perangkat atau Piranti Keras yang tergolong umum dan luas. Namun akan berbeda halnya jika yang dibahas adalah Computer Hardware (perangkat keras komputer). untuk lebih jelasnya mari kita bahasa pengertian Hardware secara umum.
Baca Juga : Pengertian Software
Apakah itu Hardware?.. Hardware adalah suatu komponen atau perangkat keras, yaitu komponen atau perangkat yang mempunyai bentuk fisik yang kasat mata, dapat diraba dan berelektronika. Hardware adalah bahasa inggris dalam bahasa Indonesia adalah Perangkat Keras, Hard adalah “Keras” dan Ware “barang buatan pabrik”. Umum Hardware mempunyai teman dalam melakukan suatu proses yaitu Software. Contoh Hardware yang membutuhkan Software adalah Hardware yang ada pada Komputer, Hanphone atau Gadget- Gadget lainnya. Hardware komputer membutuhkan software unutk melakun pengolah kata, pengolah gambar, dan mengolah suara, begitu juga dengan Handphone. Tidak semua Hardware membutuhkan software, contoh Hardware yang tidak membutuhkan Software (tertanam)  seperti Kipas Angin, Mesin Kopi, Televisi Jadul dan lain-lain. 
Pengertian dan proses hardware (input, process dan output)
Pada umumnya untuk melakukan suatu tujuan Hardware memiliki tiga tahapan proses inti. Masing-masing hardware juga mempunya tugas tertentu dalam melakukan tahapan inti ini. Tahapannya adalah : 
  • Input (Masukan) : disini hardware akan melalukan proses masukan atau perintah untuk memlulai (start up). Baik perintah itu dilakukan oleh user (manusia) atau suatu perintah kondisi algoritma. Seperti tombol on/off dipencet/tekan atau ketika seserang berada didepan pintu. Ada banyak proses didalam Sebuah input, namum pada intinya Input adalah proses memulai atau Start Up. 
  • Process (Proses) : setelah perintah input dilaksakan, maka selanjutnya hardware akan melakukan kondisi process atau rangkaian tindakan. Tahapan process dieksekusi dengan algoritma sistematika yang panjang dan berputar – putar hanya saja, umumnya ketika process berlangsung kondisi ini tidak tampak. Misalnya ketika tombol on/off pada televisi sudah ditekan, maka tahapan process akan melakukan rangkain tindakan perintah untuk melakukan suatu proses baru terhadap komponen lainnya. 
  • Output (keluaran) : adalah tahapan akhir yang hardware lakukan untuk melakukan sebuah tugas tertentu. Mari kita sembung contoh televisi diatas untuk mengambil contoh Proses Output, setelah tahapan process melakukan rangkain tindakan perintah untuk melakukan suatu proses baru terhadap komponen lain, maka Hardware monitor dan speaker akan menyala. menyalanya speaker dan monitor adalah Contoh dari kondisi Output yang sederhana.
inilah pengertian Hardware jika dilihat dari sundut pindang umum, artinya pengertian hardware secara garis besar tanpa memandang sandingannya seperti Hardware Komputer. demikian pengertian Hardware ini saya jabarkan semoga dapat membantu pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel