AdSense

PENGERTIAN IPTEK

Pengertian Iptek


Pengertian-IptekIPTEK adalah sebuah singkatan dari “Ilmu Pengethuan dan Teknologi”. Iptek dapat dijelaskan bahwa sebuah susunan padanan kata kompleks berfungsi sebagai sumber informasi yang berhubungan dengan Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi, Atau dapat dikatakan bahwa Iptek adalah gabungan antara tiga kata yaitu Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi. Iptek saling berhubungan erat antar ke tiganya. Iptek sering di kaitkan dengan teknologi dunia, baik dari penemuan, perkembangan dan pemutakhiran teknologi. Untuk memahami lagi lebih jelas lagi apakah itu IPTEK, ada baiknya kita memahami satu-persatu singkatan Iptek itu.

Ilmu

Ilmu adalah Ilmu adalah “hasil pemikiran akal manusia dan ditetapkan menjadi Pengetahuan”. Menurut kamus webster Ilmu adalah “penelurusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal-usulnya”. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Ilmu adalah “pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu”.

Pengetahuan

Pengetahuan adalah “Informasi atau maklumat yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan akan muncul ketika saat seseorang menggunakan akalnya dalam menggali ilmu atau mamahami kejadian tertentu yang belum pernah dilihat”. Manurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengetahuan adalah bersalal dari kata Tahu yang di beri imbuhan, yang berarti “segala sesuatu yang diketahui atau kepandaian”.

Teknologi

Teknologi adalah "metode ilmiah untuk mancapai tujuan praktis". Teknologi besaral dari bahasa yunani dan dirangkai dari dua Kata yaitu "Techne" dan "Logos". “Techne” mempunyai arti Kecakapan atau keahlian sedangkan "Logos" adalah ilmu atau Pengetahuan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) “Tekonologi adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif”.teknologi jika di tinjau dari segi bahasa yang berasal dari dua kata yunani digabungkan menjadi kecakapan pengetahuan.
Baca Juga : Dampak penyalahgunaan Iptek bagi kehidupan.

Nah dari ketiga point IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) diatas dapat kita ketahui bahwa, mereka berperan satu sama lain untuk menemukan, mempelajari dan memperbaharui segala hal yang dapat membantu manusia dalam kehidupannya. IPTEK sangat berperan penting dalam kehidupan duni. Dengan IPTEK kemudahan kelangsungan hidup akan cepat, akurat dan padat. Iptek sendiri sudah berkembang dari masa ke masa, bahkan dari jaman purba.

0 Response to "PENGERTIAN IPTEK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel