AdSense

PENGERTIAN DAN JENIS DATA

Pengertian dan Jenis Data

Pengertian Data

Pengertian Data adalah catatan kumpulan Fakta. Data bentuk jamak dari "Datum" berasal dari Bahasa Latin artinya "Sesuatu Yang Diberikan". menurut Webster New Word Dictinory Pengertian Data adalah "Thing Known or Assumed", artinya data itu "Sesuatu yang di perhitungkan atau dianggap", menurut Kamus Inggri-Indonesia data adalah "Datum" yang berarti "Fakta", menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI) adalah "keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian" atau "keterangan yang benar dan nyata", sedangkan Dalam penggunaan sehari - hari Data merupakan satu atau kumpulan pernyataan apa adanya yang diukur atau diamati berdasarkan variabel, baik dalam bentuk Angka, teks, atau citra (Gambar dan video) yang kemudian diolah menjadi informasi.
Pengertian dan jenis jenis pengumpulan data
Data Adalah bahan dasar mentah Informasi yang nantinya akan berpengaruh terhadap pengambil keputusan. Data yang baik adalah data yang Obyektif, representatif, tepat waktu, kesalahan baku (Standar Error) kecil dan relevan. Data yang telah di kumpulkan akan diolah dan diterjemahkan melalui banyak aspek, baik itu dari segi baik-buruknya data dan berguna atau tidak data itu, semua akan diterjemahkan menjadi Informasi. data yang dikumpulkan harus bisa dipercaya kebenarannya (Reliable). jika data yang dikumpulkan tidak berdasarkan fakta, maka informasi dan kesimpulan atau peputusan pun akan tidak berguna atau corrupt.

Jenis - Jenis Data.

Ada berbagai jenis data, jenis data dibagi menjadi beberapa landasan dasar yaitu berdasarkan sifat, Sumber, cara memperoleh dan waktu pengumpulannya.
  • Data Menurut sifatnya adalah data yang di deskripsikan berdasarkan watak, rupa, keadaan, atau ciri-ciri data.Jenis data berdasarkan sifatnya ini dibagi lagi menjadi dua yaitu:
    • Data Kualitatif  adalah data berdasarkan mutu. data kulitatif diperoleh dari teknik pengumpulan Face-to-face seperti kuesioner, wawancara, analisa dokumen atau observasi transkip. bentuk data kualitatis adalah kumpulan kata-kata bukan angka-angka.
    • Data Kuantitatif adalah data berdsarkan jumlah atau banyaknya.data kuantitatif diperoleh dengan teknik pengumpulan tentik analisa matematika atau algoritma. berbanding terbaling dengan data kualitatif, bentuk data kauntutatif adalah anggka - angka atau bilangan.
  • Data Menurut cara memperolehnya adalah data yang diperoleh dari sudut pandang cara pengumpulan data.
    • Data Primer menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), adalah utama atau pokok. maksudnya adalah Data Primer adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber pokok atau pelaku utama. samahalnya dengan Face-to-face, yaitu langsung bertanya kepada sumbernya seperti Percobaan, wawancara atau diskusi. contoh pengumpulan data primer adalah seseorang meneliti tentang pernikahan usia dini, peneliti akan langsung bertanya pelaku pernikahan disuia dini. bentuk data primer itu bisa jadi angka ataupun kata. 
    • Data Sekunder menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), adalah Kedua atau tingkat dua. maksudnya data sekunder adalah data yang di peroleh berbandin terbalik dari data primer, data sekunder diperoleh dari pihak kedua atau pelaku kedua. contoh data sekunder adalah misalkan dalam hal peneltian pernikahan dini, para peneliti mencari data pernikan diusia dini pada Kantor Urusan Agama (KUA) atau yang bersangkutan.
  • Data berdasarkan Sumbernya adalah data yang deskripsikan berdasarkan asal data. Data berdasarkan sumbernya pada dasarnya hampir mirip dan sama dengan data menurut cara memperolehannya (No. 2), namun yang membedakan antara keduanya adalah, data berdasarkan sumbernya (No.3) menggambarkan hal yang didalam, sedangkan Data menurut cara memperolehnya (No.2) adalah mengggambarkan hal yang diluar. Data berdasarkan sumber ini bibagi menjadi 2 bagian yaitu:
    • Data Internal adalah data dari dalam atau data yang menggambarkan keadaan didalam sebuah organisasi atau kelompok. contoh data Internal adalah jumlah penilitian, hal yang diteliti dan jumlah peneliti.
    • Data Eksternal adalah data yang menggambarkan hal luar seperti hasil sosialisasi penelitian.
  • Data Berdasarkan waktu pengumpulannya adalah data yang dikumpulkan menurut waktu. Data Berdasarkan waktu pengumpulan dibagi menjadi dua bagian yaitu:
    • Data Cross Section adalah data yang dikumpul pada tumpuan satu titik waktu tertentu (at a point of Time). contoh data cross section Jumlah Pernikahan suia dini pada tahun 2018.
    • Data Berkala atau Times Series Data adalah data yang pengumpulannya berkelanjutan atau berjenjang. misalnya jumlah pernikahan dini dari tahun 2010, 2011, 2012 dan sampai dengan 2018. 

0 Response to "PENGERTIAN DAN JENIS DATA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel