AdSense

PENGERTIAN DAN LAYER TCIP/IP

Pengertian dan Layer TCP/IP

TCP/IP adalah sebuah model standar komunikasi data untuk menghubungkan antar satu atau banyak computer lain. Tcp/Ip adalah salah satu dari kelompok protokol internet yang digunkan untuk proses bolak-balik atau tukar-menukar data. Tcp/Ip tidak bisa berdiri sendiri, Karena pada dasarnya protokol ini harus saling berhubungan dengan kode-kode binary (Biner) satu sama lain, walaupun Tcp/Ip terdiri dari dua bagian yaitu TCP sebagai kumpulan protokol (Protocol Suite) dan IP Sebagai pengalamatan (Address). TCP/Ip adalah singkatan dari Tranmission “Control Protocol/Internet Protocol” diterjemahkan menjadi “Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet”.
Tcp/Ip adalah model protokol yang telah menjadi standar dunia, kenapa?..., karena model Protokol Tcp/Ip dapat dan mudah di aplikasikan terhadap banyak Operating System (Sistem Operasi) atau mungkin mau tak mau karena versi lain agak susah diaplikasikan dan keurang tenar. Protokol Tcp/Ip juga berkembang dari masa ke masa, perkembangan in mungkin dipicu karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, jumlah pengguna juga bertambah dan akses internet yang semakin luas. Sejak akhir dekade 1970 sampai 1980 Tcp/Ip sudah diunkan sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan banyak komputer dan jaringan untuk membentuk jaringan wide (luas).

Baca Juga:
layer atau lapisan-lapisan pada Tcp/Ip

Protokol utama atau Layer dalam Protokol Tcp/Ip adalah :
  • Protokol Lapisan Alikasi (Aplication layer) adalah yang bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini termasuk juga protocol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP) dan lain sebagainnya 
  • Protokol lapisan antar-host (Host-to-host Layer) yang berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol yang digunakan di lapisan ini yaitu Transmission Controled Protocol (TCP) Juga User Datagram Protocol (UDP). 
  • Protokol Lapisan internetwork (Internetwork Layer) yang bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan Penyajian paket data jaringan menjadi kelompok IP. Protokol dalam lapisan ini antara lain; internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), (ICMP) Internet Control Message Protocol, dan (IGMP) Internet Group Management Protocol. 
  • Protokol lapisan antarmuka jaringan (Network Interface Layer) bertanggung jawab untuk meletakkan rangka – rangka jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam Local Area Network ( LAN ) (seperti Ethernet dan Topologi Ring), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN) (seperti halnya Modem Dial-Up yang berjalan atas (PSTN) Public Switched Telephone Network, (ISDN) Integrated Services Digital Network, serta (ATM) Asynchronous Transfer Mode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel