AdSense

PENGERTIAN INFORMASI

Pengertian Informasi

Informasi atau dalam Bahasa Inggris Disebut “information” bahasa tersebut diambil dari Bahasa Latin yaitu “Informationem” dalam Bahasa Indonesia berarti “Konsep, Ide, Garis Besar”. Dapat disimpulkan Pengertian Informasi Adalah Keluaran atau hasil dari data yang telah diproses, diklasifikasi dan diinterupsi menjadi bentuk lain yang memeiliki arti lebih komlpleks sehingga mempermudah dalam megambil Sebuah Keputusan.
Seringkali Informasi dan Data Diartikan sama, Memang keduanya memiliki tujuan yang sama namun Memiliki bentuk berbeda, Contoh Data adalah Spreadsheet (semisal Ms. Excel) dan Kemudian diklasifikasikan, diidentifikasikan atau Proses dengan sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk lain yaitu Informasi. Informasi biasanya digunakan untuk kepentingan dalam pengambilan Keputusan.
siagram Informasi menjadi keputusan
Para ahli memberi pendapat berbeda – beda tentang pengertian Informasi, mereka berpendapat dari berbagai konteks, secara umum berhubungan erat dengan konsep Seperti pengetahuan, arti, stimulus, persepsi, representsi dan Komunikasi.
Ada beberapa kriteria Informasi yang harus dimiliki. Kriteria informasi ini difungsikan agar informasitepat pada sasaran seperti Informasi harus tepat, seperti Relevan, Akurat, Padat waktu dan Konsiten. karena informasi sangat berpengaruh pengambilan Keputusan. Sajian informasi bukan hanya Teks, bentuk informasi dapat disajikan Gambar, video dan suara.
Baca Juga: Pengertian dan Jenis Data

Ciri Informasi

  1. Tepat Waktu, informasi yang disampaikan harus segera. 
  2. Tepat Waktu, informasi yang disampaikan harus segera. 
  3. Relevan, informasi yang disampaikan tersebut bermanfaat bagi penggunanya. 
  4. Akurat, artinya informasi harus bebas dari Kesimpangsiuran atau harus jelas maksud dan tujuannya. 
  5. Konsisten, informasi disampaikan sesuai dengan data sehingga tidak Beralih fungsi.

Fungsi Informasi

  1. Menjelaskan keadaan sesuatu hal atau peristiwa yang terjadi. 
  2. Menambah pengetahuan pengguna, baik Iptak dan iptek. 
  3. Sebagai tolak ukur kesimpulan. Bentuk penting dalam pengambilan keputusan

0 Response to "PENGERTIAN INFORMASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel