AdSense

Pengertian Perangkat Lunak Sistem (System Software) dan Contohnya

Pengertian Perangkat Lunak Sistem (System Software) dan Contohnya.

Dalam teknlogi informasi pasti kita sering mendenganr istilah software. software sendiri terbagi berbagai macam baik di tinjau dari pendistribusian, secara Garis besar juga ditinjau dari fungsi - fungsinya. Pada kali ini kita kan membahasa sedikit tentang pengertian perangkat lunak sistem (system software) dan contohnya. Pada dasarnya, secara garis besar fungsi software adalah sebagai jembatan perantara atau penghubung antar perangkat keras (hardware). secara spesifik berdasarkan perangkat lunak sistem (system software) juga akan memberikan pengertian dan contoh lebih spesifik lagi. Mari kita bahas.

Pengertian Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Pengertian perangkat lunak sistem (system Software) adalah sebuah istilah generik pada sistem komputer sebagai pengontrol dan mangatur perangkat keras (hardware) pada lapisan pertama. dimana perangkat lunak atau software akan membantu untuk memanajemen, memproses dan megelola perangkat keras agar berjalan secara optimal. Ketika perangkat keras dinyalakan, maka perangkat lunak sistem akan memproses sumberdaya, menajemen proses dan menggani strukdata sebuah perangkat keras.
Perangkat lunak sistem adalah bahasa indonesia, dasarnya berasal dari bahasa inggris yaitu system software, Kamus oxford memberi pengertian perangkat lunak sistem adalah “System programs collectively”, artinya “Program sistem secara kolektif”. Dari penjelasan kamus oxford dapat disimpulkan bahwa, system software adalah sebuah sistem pada program yang bersifat pengontrol kolektif atau secara umum, bersama dan keseluruhan. Bisa dikatakan system software adalah salah satu jenis software yang paling penting bagi sebuah perangkat keras, karena system software ini bekerja pada elemen lapisan pertama ketika sebuah perangkat di nyalakan.

Contoh Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Contoh utama dari Perangkat Lunak Sistem (System Software) adalah Operating System didalam bahasa indonesia disebut sistem operasi. Contoh System Software pada komputer seperti Microsoft windows, IBM, Linux, apple, machintos dan lain lain, Contoh System Software pada smartphone seperti android, blackberry OS, windows Phone, syimbian, iOS dan lain lain.

Fungsi perangkat Lunak Sistem System Software 

Berdasarkan pejelasan pengertian System Software diatas dapat diketahui fungsi dari System Software itu sebagai pengatur dan mengontrol sumberdaya perangkat keras, perangkat keras sendiri dapat berupa perangkat Komputer, smarthone, mesin ATM, mesin cuci, mesin fotokopi dan mesin robotika lainnya. Tidak menutup kemungkinan fungsi perangkat lunak sistem (software System) juga sebagai pembantu sistem aplikasi seperti program utilitas (Utility Programs).
Perlu di ketahui bahwa system software adalah lapisan utama pada sistem komputer. dengan kata lain, Perangkat lunak sistem (system Software) adalah Operatyng System. Inilah sedikit pembahasan kita tentang Pengertian Perangkat Lunak Sistem (System Software) dan Contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel