AdSense

GADGET: Pengertian dan Definisi

Definisi dan Pengertian Gadget

Bertambah panjangnya umur dunia membuat penghuni harus terus menggali ilmu pengetahuan, dalam maggaali ilmu pengetahuan manusia menemukan banyak sekali istilah. Salah satunya adalah istilah Gadget yang merupakan sub disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Mungkin ada beberapa pengguna gadget belum mangetahui apa itu gadget dan apakah definisi gadget, kamungkinan besar pengguna teknologi memahami gadget adalah hanphone dan laptop.

Pengertian Gadget

Gatget berasal dari bahasa inggris, didalam bahasa indonesia disebut gawai. Gawai sendiri didefinisikan oleh kamus besar bahasa indonesia KBBI Sebagai peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis.
GADGET:-Pengertian-dan-definisi
Pixabay
Gadget adalah sebuah piranti alat perangkat diciptakan berdasarkan prinsip elektronika maupun mekanika dan bekerja atas dasar elektronika dan mekanika. Gadget adalah sebuah bentuk dari teknologi sebagai alat yang memiliki tujuan untuk kepraktisan kelangsungan hidup manusia.
Kamus Oxford memberikan definis Gadget sebagai “A small mechanical or electronic device or tool, especially an ingenious or novel one” artinya “Perangkat atau alat mekanik atau elektronik kecil, terutama yang cerdik atau novel”. Istilah bagi orang yang menemukan atau orang sangat antusias menggunakan gadget disebut Gadgeteer.

Kiriteria Gadget

Jika dilihat dari definisi gadget diberikan KBBI dan Oxford, sama-sama memberikan kata elektronik dan mesin. Apakah semua elektronik dan mesin dapat dikatakan gadget?.. Ada beberapa kriteria menyebabkan sebuah perangkat juga alat tersebut dapat dikatakan gadget, bisa dikatakan ada beberapa hal membedakan antara elektronik gadget dengan elektronik dan mesin lainnya. Kirteria Gadget diantaranya adalah:
"Kecil" Dari definisi Oxford diatas diketahui bahwa pada dasarsnya gadget mempunyai kriteria bentuk yang kecil. Tidak jarang penjual produk online juga membedakan barang-barang pada website meraka dengan produk gadget.
"Kebaruan" Artinya, dari masa kemasa gadget selalu hadir dengan menyajikan teknologi terbaru membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Kebaruan cenderung dengan update pada sistem, bahkan ada beberapa alat juga mempunyai fasilitas upgrade fisik.
"Cerdik" merupakan salah satu kriteria gadget mandasar dan cenderung harus dimiliki. Contoh dari gadget cerdik adalah jam pintar (smartwatch) dan handphone pintar (smartphone).Hal ini juga dibenarkan kamus Oxford.
GADGET:-Pengertian-dan-definisi
Pixabay
Apakah canggih juga bisa disebut gadet, tentu saja belum tentu. Memang padasarnya kriteria gadget adalah canggih, namun karena ada bebrapa faktor yang meniadakan faktor gadget lainnya menyebabkan perangkat atau alat tersebut tidak bisa dikatakan gadget. Contohnya adalah Seperti mobil listrik, pesawat tanpa awak (smartplane) dan televisi pintar (smart TV).
Demikian artikel Bakhel Share tentang Gadget berikut dengan Pengertian dan Definisi, mungkin dengan sedikit contoh-contoh diatas dapat menambah wawasan Gadget pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel