AdSense

PENGERTIAN, JENIS, CONTOH DAN ALASAN MENGGUNAKAN BLOG

Pengertian, Jenis Dan Alasan Menggunakan Blog

Pengertian Blog

Blog adalah singkatan dari Web Log, blog adalah sebuah halaman web berbentuk software aplikasi web bertujuan memberikan informasi baik berbentuk teks, gambar, dan video. informasi dari blog dimuat dengan post terbaru hingga terlama dengan topik sesuai dengan author blog sendiri. pada dasarnya web log hanya diperuntukan sebagai buku harian online dan jurnal online. Pelaku berkecimpung dalam blog atau editor blog disebut blogger, awal mula blog diluncurkan, blogger menulis aktifitas harian juga pengalaman pribadi mereka sebagai informasi pengalaman hidup mereka, baik pengalaman traveling, pengalaman bisnis, juga pengalaman lain yang patut untuk dibagikan secara online dan diperbincangkan. Namun, seiring berkembangnya era teknologi informasi , blog berevolusi menjadi sebuah lahan bercocok tanam juga tempat mengais penghasilan dari internet. Blog kian diminati oleh pebisnis seperti ranah E-business, baik itu toko online, penjual jasa, perusahaan maupun penyedia bener iklan.
Kamus Oxford memberikan definisi blog adalah “A regularly updated website or web page, typically one run by an individual or small group, that is written in an informal or conversational style”, artinya “Situs web atau halaman web yang diperbarui secara berkala, biasanya dijalankan oleh individu atau kelompok kecil, yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan”. Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa, blog adalah aktifitas menulis memberi informasi baik secara individu maupun kelompok .
Sejarahnya, istilah blog sendiri dipopulerkan oleh perusahaan Pyra Labs sebagai pemilik Blogger.com itu sendiri. Namun, akhir tahun 2002 google mengambil alih blogger.com dengan akuisisi (American Dialect Society Mailing List, Apr. 20, 2008.
Memang ada juga lebih cenderung lebih baik memiliki web dari blog karana alasan tertentu. Namun ada juga alasan seseorang lebih memilih blog dari website, Sperti blog lebih murah, tak perlu memahamai bahasa pemograman web dan pengeloaan mudah.
Baca Juga : Website

Jenis Blog

Seiring perkembangan teknologi informasi, tentunya mempengaruhi perkembangan web log jsecara signifikan. Perkembangan ini mempengarui Web log, sejarahnya blog hanya ada satu jenis, namun, akhirnya blog lahir dengan berbagai jenis. Jenis web log antra lain:
  • Blog politik: isi konten umumnya membahas Tentang berita politik
  • Blog pribadi: biasanya konten bersifat umum, bisa jadi tentang aktivitas sehari-hari, pengalaman, gagasan pendapat dan buku harin online. Blog pribadi adalah dimana Blogger mengekspresikan diri didalamnya.
  • Blog bertopik: blog jenis ini paling sering dan umum dijumpai, disini blogger auditor blog memilih niche topik berfokus pada kemampuan dan pegetauan individu blogger dan dibagikan kepembaca sebagai informasi, contohnya seperti bertopik tutorial, agama, infomasi gadget, teknologi, sastra, kesehatan atau pembahasan berfokus pada satu topik tertentu.
  • Blog perjalanan: adalah dimana blog membahas tentang perjalanan, disebut dengan blog traveller
  • Blog mode: blog ini biasanya fokus pada pandangan fashion, mode, gaya maupun selera fashion. Biasanya blogger jenis ini sering memberi pendapat gagasan dan tutorial pada suatu produk fashion, baik tentang pakaian, kosmetik dan gaya.
  • Blog riset: berkaitan dengan penelitian dan berita artikel riset secara akademis.
  • Blog hukum: pembahasan hukum, wikipedia memberikan istilah sebagai Blawgs (web Log laws)
  • Blog pendidikan: blog penggunanya sebagai guru dan murid. 
  • Blog refferensi: konten berisi ratusan link halaman website untuk refferensi.
  • Blog bisnis: blog wirausaha, pedagang produk bertujuan untuk promosi produk atau jasa. 
  • Blog parenting: biasanya blog ini berisi tentang keluarga, lebih tepatnya blog yang memberi informasi dan pengajaran kepada orang tua tentang merawat anak dan juga pejalanan hidup sebuah keluaraga.
Contoh blog yang terkenal seperti: Wptavern. com, iamafoodblog. com, SiteBeginner. com, NiaShanks. com, agusmulyadi. web. id, Sugeng. id, anakjajan. com, thetraveljunkie. org, dll. sangat banyak blog lain yang kreatif, informatif dan imajinatif. contoh diatas adalah blog yang populer di dunia internet dan menjadi inspirasi para blogger lainnya.

Kenapa Menggunakan Blog

Seperti yang telah kita ketahui, blog sejarahnya dasranya adalah buku harian online. Menggunakan blog manusia menulis semua aktifitas harian dan mendapatkan komunikasi antar sesamanya tnapa batasan tempat (jarak jauh), hampir mirip penggunaan facebook sekarang. Mungkin budaya suka membuca membuat para blogger gemar menggunakan blog, disana mereka bebes mencurahkan segala sesuatu tentang kehidupan mereka dan saling berinteraksi menggunkan kolom komentar. Bahkan tidak jarang pula blogger mengungkapkan keseidahn dan mendapatkan respon positif. Seperti ketika seseorang blogger mencurahkan isihati mereka, namun juga tidak jarang mendapatkan respon negatif seperti bullying atau penipuan.
Setelah awalnya blog diperuntukan untuk buku diari, tepatnya setelah perusahaan google mengambil alih blog, blog kian makin degemari karena ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan google.com. Contoh paling populer adalah munculnya google adsense dan admob membuat blogger dapat mencari penghasilan disana, contoh lainnya adalah penelusuran dibantu google search enggine diinternet, membuat perusahaan lain yang bergelut pada penyedia jasa iklan banner seperti shortlink safelink dan banyak hal lainnya.
Mungkin karena dapat memberikan penghasilan adalah alasan terbesar manusia mengunakan blog. Lalu kenapa manusia tidak menggunakan website?.. alasannya adalah blog murah tidak perlu modal dan tidak perlu memahami bahasa pemrograman web.
demikian artikel Pengertian Blog, Jenis Blog dan Alasan menggunakan Blog ini kami buat semoga bagi pembaca sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel