AdSense

PENGERTIAN, CONTOH, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WEBSITE

Website

Pengertian Website

Website adalah sekumpulan halaman yang saling terhubung dalam sistem jaringan komputer yang sama dan memberikan informasi baik dalam bentuk teks, gambar, video dan audio di Word Wide Web (WWW). website berasal dari bahasa inggris, didalam bahasa indonesia website dikenal dengan situs web, terkadang website juga dikenal dengan web atau site yang pada intinya juga disebut website. 
Website bisa saja dimiliki oleh individu, organisasi, ataupun perusahaan , sebuah website biasanya memberikan informasi produk atau jasa tertertu pada Portopolio atau halam muka yang menampung semua informasi produk atau jasa secara garis besar, namun akan dibahas secara terperinci pada halaman tertentu selanjutnya.
Pengertian, contoh, kelebihan dan kekurangan Website
Untuk memiliki sebuah website, seseorang harus memiliki kemampuan dasar website, baik tiu tentang bahasa pemrograman web atau jaringan internet atau web server, berbeda dengan jika seseorang ingin memiliki sebuah blog, CMS atau dikenal dengan Weblog. Walaupun jika anda memilikinya dengan membeli dan tidak ingin berkecimpung dalam hal website perusahaan, paling tidak anda harus menyediakan SDM bidang amninistrator web.
Website meiliki kerumitan yang tinggi dalam hal pengelolaan, untuk memberikan feedback dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan sebuah website, pengunjung harus menggunkan halaman lain. Biasanya website memberikan konten teks atau video dengan bahasa yang formal, tingkat desain halaman yang nyaman dan elegan dan peletakan link rapih dimata client atau pengunjung.

Untuk menjalankan atau membuka sebuah website di jaringan internet, website disimpan didalam webserver sebagai menjadi wadah penyimpanan website, kemudian dibuka dengan bantuan peramaban web sebagai penerjemah HyperText Markup Language (HTML) atau eXtensible HyperText Markup Language (XHTML) dengan alamat website yang disebut URL. Ketika peramban web membuka URL atau alamat sebuah website peramban akan menerjemahkan semuah bahasa pemograman web menjadi layaknya sebuah halaman. 

Sebenarnya website itu terdiri dari berbagai komponen berbahasa pemograman web seperti HTML,PHP, MYSQL, Java, CSS dan Jaringan web server seperti WWW, Link URL, IP Address, TCP/IP dll. Ketika Permaban membuaka alammat sebuah alamat website, maka yang terjadi dibalik layar adalah peramban memanggil sebuah IP Address domain, contohnya ketika membuka alamat website google, padahal peramban memanggil IP address 21 6.239.38.120 (tanpa sepasi), begitu juga dengan facebook, ip addressnya adalah 15 7.240.13.35(tanpa sepasi). 
Baca Juga: Bahasa Pemograman

Contoh Website

Contoh Website menurut jenisnya adalah toko nline, webportal, forum, sosial medi, katalog, compny profil dll. Contoh website adalah, wikipedia.o rg, niagahoster.c o.id, lazada.c om, tokopedia.co m dll.

Sebuah alamat website yang lengkap terdiri dari Protokol://nama-host/path/nama file.
  • Protokol adalah berhubungan dengan protokol atau aturan-aturan dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dengan komputerlainnya didalam WWW, seperti FTP, HTTP atau HTTPS.
  • Nama Host adalah nama domain atau URL alamat sebuah website, seperti lazada, google, facebook atau wikipedia.
  • Path berkaitan dengan direktori atau penyimpanan didalam sebuah Web Server, path ini biasanya menginstilahkan dengan katekogi atau label. Misalnya pada sebuah website toko online, website toko online akan memisahkan produk mereka dengan beberapa kategori perabotan, pakaian, alat tulis kantor, jam dan gadget, pengelompokan ini biasanya disebut sebai path.
  • Nama file adalah halaman atu produk yang ditampilkan di laman peramban. Contohnya "htt ps://id.wikipedia.org/wi ki/Teknologi_informasi" atau "htt ps://pixabay.com/photos/cup-of-coffee-laptop-office-macbook-1280537".

    Apa alasan seseorang atau kelompok harus mempunyai website

    Sebetulnya mempunyai sebuah website bukanlah sebuah keharusan, anda juga bisa mengandal beberapa alternatif seperti Seosial Media (Facebook, IntaGram, twitter, Blogger, Worpress dll). Namun, dengan mempunyai website akan membuat clien lebih percaya dan memberikan nilai yang lebih dibanding dengan alternatif diatas. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan website.

    Kelebihan dari Website antara lain:

    • Lebih murah dalam hal promosi atau sales marketing website tergolong murah dibandingkan dengan media televisi, radio dan banner media iklan seperti (Billboard, megatron, videotron).
    • Lebih elegan dengan mempunyai website sebuah perusahan atau toko nampak lebih mempunyai prospek tinggi dipanadang client.
    • Tingkat kepercayaan client lbih tinggi didalam website biasanya harus mempunyai Path company profil yang berisi tentang informasi perusahaan baik tentang alamat, visi, misi, dan tanggapan client terhadap produk atau jasa sebuah website.
    • Sebagai Media iklan efesien website adalah salah satu bentuk dari E-Bisnis dengan media jaringan internet. Dimana pengusaha tidak deibatasi waktu dan tempat.
    Baca juga: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan E-business
    • Ribet dalam pengelolaan website yang harus menyediakan staff admin atau pemilik website sebagai pengelolaan.

    Kekurangan dari website antara lain:

    • Mahal dibanding dangan Blog atau CMS dan sosial media
    • Sewa yang mahal didalam Hosting web server jika membutuhkan space atau dalam membeli Domain dan SSL
    • Feddback yang rumit jika ingin memberi komentar, client harus masuk Path komentar atau feedback dari sebuah website bahkan terkadang client harus mengirimkan melalu surat elektronik (E-Mail). Berbanding terbalik jika anda meberi komentar pada sosial media dan blog atau worpress.
    dari kekurangan dan kelibihan sebuah website diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa kelebihan website lebih dominan dibanding kekurangannya.inilah sedikit pengertian, contoh, kelebihan dan kekurangan dari sebuah website.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel