AdSense

SOFTFILE DAN HARDFILE

Softfile dan Hardfile

Pada dasarnya softfile dan hardfie adalah istilah yang muncul dalam teknologi informasi, begitu juga dengan softcopy dan hardcopy. Ada beberapa beberapa permasaan dan perbedaan antara softfile-hardfile dengan Softcopy-hardcopy, permasamaannya adalah sama-sama istilah teknologi informasi yang menjelaskan jenis dokumen atau berkas dalam dunia komputer, sedangkan Perbedaannya, softfile-hardfile berkaitan erat dengan dokumen atau berkas bersifat asli dan Softcopy-hardcopy menjelaskan tentang dokumen salinan. Sebelum kita mencaritahu apa perbedaan antara softfile dan Hardfile ada baiknya kita membahas dulu apa pengertian hard file dan soft file. Dengan pembahasan pengertian softfile dan hardfile itu sendiri akan muncul perbedaan antara keduanya.

Baca Juga: Perbedaan antara softcopy dan hardcopy

Pengaertian Softfile

Softfile adalah salah satu istilah dalam teknologi informasi yang menjelaskan tentang jenis dokumen atau berkas. softfile adalah kalimat frasa yang berasal dari bahasa inggris terdiri dari Soft dan File, Soft berarti lunak dan file berarti berkas. Jika diperhatikan dari segi artinya Softfile adalah berkas lunak, lunak disini menandakan bahwa dokumen atau berkas tersebut belum atau setengah jadi, hanya dapat dilihat namun tidak dapat digenggam atau diraba.
SOFTFILE DAN HARDFILE
Ciri dari softfile sendiri tidak dapat diraba, dapat dilihat, dapat diubah dapat dihapus, dapat disimpan dan media penyimpanan besifat elektronik seperti memori micro sd, flaskdisk, hardisk, cd, dll. 
Contoh softfile secara garis besar hampir mirip dengan Softcopy segala yaitu segala berkas atau dokumen yang ada dan tersimpan pada perangkat penyimpanan komputer atau gatged anda. Ada banyak sekali contoh dari softfile, namun contoh softfile yang umum antara lain; album gambar (jpg, psd, Png dll), dokumen berkas (word, excel, pdf, cdr, cvs, txt, dll) dan album Video (3gp, mp4, mkv, flv, wmv, dll). 

Pengertian Hardfile

Pegertian Hardafile, masih sama denagn softfile yaitu salah satu istilah dari teknologi informasi yang membahas tentang jenis dokumen atau berkas pada komputer. Hardfile adalah kalimat frasa yang terdiri dari dua kata Hard berarti keras, solid atau kaku dan file berarti dokumen atau berkas. Dari segi arti hardfile, bisa diambil kesimpulan bahwa, hardfile adalah berkas atau dokumen yang keras dan dapat diraba.
Ciri hardfile sendiri dapat diraba, dilihat lihat, bisa jadi dapat diubah namun akan merusak kerapian harfile itu sendiri dan media penyimpanan bseperti Filling Cabinet, Rotary Filling, Map Arsip/stopmap, perpustakaan, album foto, dll. 
PERBEDAAN ANTARA SOFTFILE DAN HARDFILE
Contoh hardfile segala berkas atau dokumen yang dapat diraba. contohnya seperti album foto, spanduk, dokumen laporan, buku, dll. bisa dikatakan contoh dari harfile adalah hasil jadi atau cetakan dari softfile dan bersifat asli bukan salinan.

Dari pengertian softfile dan harfile dapat diambil kesimpulan perbedaan softfile dan hardfile adalah bagai pagi dan malam, sama – sama keadaan hari. Softfile adalah dokumen yang ada pada komputer dan Hardfile adalah hasil jadi atau cetakan dari softfile. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel