AdSense

PENGERTIAN, CONTOH, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN COMMAND-LINE CLI

Command-Line CLI

Pengertian Command-line

Command-line adalah salah satu bentuk sarana interaksi antar pengguna dan komputer, pegguna memberikan perintah terhadap komputer menggunakan sintaks atau code baris (command-line). Commmand-line hanya dijalankan dengan bahasa pemograman tertentu, tergantung pada bahasa pemograman dari sistem operasi Masing-masing. Suatu program yang menanggani perintah baris teks berurutan atau baris perintah disebut dengan Shell. Salah satu contoh bentuk command line adalah aplikasi Command Promp (CMD.EXE) yang ada Sistem Operasi Windows. 
Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Command-Line CLI
Command-line juga disebut dengan Command-Line-Interface yang disingkat dengan (CLI) atau dengankatalain antarmuka dari commend-line. Pada Tahun 1960 CLI adalah sarana interaksi untama pada berbagai sistem operasi dan terus digunakan hingga tahun 1980. Dari tahun 1960 hingga tahun 1980 OpenVMS , sistem Unix dan sistem komputer pribadi termasuk MS-DOS , CP / M dan Apple DOS populer manggunkan CLI. Command-Line-Interface CLI Adalah salah satu bentuk dari User Interface yang sama dengan Graphical User Interface GUI, yang membedakan dantara CLI dan GUI adalah, CLI menggunkan antarmuka baris perintah (command-line) berisi kode atau sintak untuk interaksi antara pengguna dan komputer, sedangkan GUI adalah bentuk interface atau antarmuka yang menggunkan teknolgi Visual Grafis. Bisa dikatakan pada tahun 1960 Gui generasi Pertamam diluncurkan, namun GUI dimasa ini masih menggunkan interaksi yang kuat dengan code dan sintak atau interpretasi baris perintah. 
Baca juga: Graphical User Interface GUI

Contoh Command-Line CLI

Contoh commend-line yang diterapkan pada windows era milenial seperti perintah command promp CMD.exe, misalnya untuk membuka partisi C pada windows menggunakan perintah “C:”, masuk kedalam folder Programfiles pada C menggunakan perinah “CD Programfiles”, untuk kembali adalah “CD..” dan menutup CMD.exe mengunkan perintah “Exit”. Dan masih banyak lainnya.

CLI command-line dan GUI era moderen

Era pertkembangan teknologi terus berkembang, termasuk teknologi informasi dan mental individu pengguna teknologi yang terus dikembangkan, bahkan menjadi sebuah kewajiban untuk dikembangkan. Misalnya kemunculan istilah e-learning, dengan media teknologi informasi pengguna dapat belajar tanpa harus masuk sekolah. Begitu juga dengan Sarana interaksi pengguna dengan teknologi informasi seperti Graphical User Interface GUI atau Command-Line-Interface CLI, era 1980-an penguna masih menggunakan CLI benbentuk Commend-line atau baris perintah teks. Terbayang bukan, bagaiamana ribetnya kalu media e-learning masih menggunkan teknologi CLI dalam bentuk command-line?.., mungkin bisa dikatan tidak mungkin untuk mengimplementasikan command-line terhadap E-learning. Commend-line aktif dengan keyboard dan pengguna harus menghafalkan rangkain kode atau sintak baris perintah. 
Baca Juga: Pengertian E-learning
Pada tahun 1990-an perkembangan teknologi GUI mulai meninggalkan command-line. GUI moderen adalah dimana pengguna teknologi lebih aktif menggunkan mouse atau toucscreen dibandingkan dengan GUI command-line. GUI moderen telah menggunakan teknologi visual grafis, pengguna hanya perlu mempelajari arti perintah dari tombol-tombol yang pada tampilan sebuah program atau software. Walaupun begitu, Command-line juga masih tetap digunkan, kalangan pengguna teknologi informasi tingkatan expert masih menggunakan command-line, kenapa?... dengan CLI atau Commen-line pengguna bisa mengerjakan hal sekala besar namun dengan sedikit implementasi Command-line atau baris perintah, kontorl terhadap fungsi sistem yang besar dibanding GUI dan Penggunaan memori lebih sedikit walau mengerjakan proses skala besar sekalipun.

Kelebihan dan kekurangan antara CLI Command-line dan GUI

  • Resource CLI Command-Line yang sangat rendah dibanding GUI Visual, GUI Visual membutuhkan sistem suberdaya tambahan bagian grafis dan mengharuskan instalasi driver yang begitu banyak dan berjalan real time (terus menerus) selama komputer menyala.
  • GUI mempresentasikan secara visual, sedangkan CLI Commadn-line mempresentasikannya dengan teks. Kebanyakan pemula pengguna teknologi lebih mudah dan cepat menggunakan Visual dalam belajar komputer.
  • Kinerja kecepatan CLI Command-line dalam menafigasikan antarmuka yang lebih efesien .
  • Baris perintah (command-line) CLI tidak pernah berubah dari masa kemasa walaupun bentuk tampilan diubah, berbeda jika dibandingkan dengan GUI visual, seringkali pengguna akan kebingungan pada pertama kali menggunkan program baru atau update, baik dari segi peletakan tombol, nama tombol dan bentuk tombol.
  • Gui membuat pengguna lebih betah dalam bekerja jangka waktu lama.
  • CLI mengharuskan pengguna menghafalkan Commen-line baris perintah berisi kode dan sintak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel