AdSense

PENGERTIAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

Apakah itu Graphical User Interface (GUI)?...

Graphical User Interface disingkat dengan GUI, didalam bahasa indonesia GUI disebut dengan Antarmuka Pengguna Grafis disingkat denga APG. Dengan kata lain, antarmuka pengguna grafis APG adalah bentuk terjemahan Inggris ke indonesia dari graphical user interface GUI. 
GUI adalah antarmuka atau tampilan pada teknologi, kuhusnya teknologi informasi. Dengan GUI, sebuah perangkat dapat digunakan melalui visualisasi grafis. Antarmuka Visual GUI seperti tombol-tombol menu, widget atau icon yang ada moniteor atau layar gatged. GUI merupakan salah satu cara pengguna untuk berinteraksi dan mengelola teknologi, Menghapus, menghidupkan, memindahkan, membuka dan menutup adalah bentuk visualisasi GUI.
Pengertian Gui
GUI adalah gambaran umum visualiasasi teknologi, ada banyak lagi istilah didalam GUI. Contoh GUI pada sistem operasi windows, GUI windows mempunyai istilah toolbar, start button, taskbar icon dan tool-tool lainnya yang merupakan sub dari GUI. 
GUI sendiri mempunyai perangkat – perangak hardware pendukung, mouse, keyboard, touch screen dan camera (NUI). Teknologi GUI, memungkinkan perintah proses sebuah sistem tanpa perlu menghafalkan Sintaks, seperti seperti halnya menggunakan sistem operasi Windows Versi 1.0.
Baca Juga: Operating System (Sistem Operasi)
Dimasa windows 1.0, sintaks atau coodding menggunakan keyboard lebih berperan aktif dibandingkan mouse, padahal windows versi 1.0 sudah menggunakan GUI verrsi pertama mereka. namun berbeda dengan perkembangan teknologi sistem operasi moderen, manusia cenderung santai malam melakukan tugas penulisan misalnya, manusia tinggal menggunakan teknologi google dengan cara melafalkan kata-kata google akan mengenskripsikan kedalam teks.
GUI pertama dikembangkan pada tahun 1981 diesbuah perusahaan  Xerox PARC oleh Alan Kay, Douglas Engelbart bersama peneliti lainnya. Pada tahun 1983 Apple Lisa mulai menggunakan teknologi GUI.  Sebelumnya komputer seperti Ms-DOS dan Linux masih menggunaan Ul Command-Line. Setahun setelah Apple Lisa sukses dengan tenologi GUI, Apple Macintosh juga menggunakan Teknologi GUI hingga akhirnya menjadi Operating System paling populer dengan GUI. Melihat perusahaan Apple yang terus berkembang,  perusahan windows juga mulai menggunakan teknologi GUI pada tahun 1985 , windows menerapkan GUI pada Operting System windows versi 1.0 dan windows versi 2.0. pada tahun 1995, windows dan apple menjadi perusahan yang paling sukses didunia teknologi informasi dengan menggunakan GUI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel