AdSense

TEKNOLOGI DAN MORALITAS

Teknologi dan Moralitas

Teknologi dan MoralitasSebagaimana ketahui, moralitas (moral) berkaitan dengan etiket, adat sopan santun dan susila dalam hal perbuatan. Moralilatas berkaitan erat dengan nilai, norma kaidah dan ukuran, moralitas seringkali diukur dengan budaya setempat, beda daerah atau negara tentu saja berbeda tolak ukur moralnya. Diindonesia perjudian merupakan salah satu penyelewangan tindak pidana, sedangkan di lisbon, athlantic dan lasvegas perjudian hal legal dinegara mereka, bahkan perjudian memberi pendapatan bagi negara mereka.
Era perkembangan teknologi semakin berkembang mendesak pengguna untuk mempelajari legih banyak hal tentang moralitas. Keseimbangan antara perkembangan teknologi dan moralitas adalah suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan, tanpa keseimbangan antara kedua aspek ini membuat teknologi mengambil alih fungsi mental manusia. Teknologi mendominasi moralitas manusia, manusia mulai kurang berinteraksi antar sesamanya bahkan disatu meja sekalipun merupakan salah satu contohnya. Belum lagi penyebaran teknologi atau informasi negatif, pronografi, dan hoaks tersebar dimana- mana dan dapat diakses dengan mudah.
Baca Juga : Bisnis E-commerce
Ketika seseorang berbicara tentang moralitas maka hal yang timbul dibenak manusia tentang sikap perbuatan atau kelakuan, adat dan budi pekerti, sedangkan teknologi maka yang timbul adalah barang atau alat yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI). Jika kata Teknologi dan moralitas yang akan dibahas, pemikiran manusia yang timbul adalah perilaku atau sikap manusia dalam hal berteknologi. Contoh moralitas dalam hal teknologi adalah ketika seseorang penggunaan media sosial, Media sosial kian mejadi populer, bahkan menjadi tempat galeri foto dan video, curhatan dan buku harian manusia, diindonesia berbikini masih dianggap sebuah kegiatan immoral apalagi jika dipublikasikan pada teknologi media sosial.
Bahkan regulasi pemerintah pun tidak cukup untuk mengatur moralitas dalam penggunaan teknologi, UU ITE contohnya. Terlepas dari politik, Ir. H. Joko Widodo presiden ke7 Republik Indonesia menuturukan “Untuk itulah, yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu”setkab.go.id, (2/11/2018). Kemunculan media media informasi tanpa redaksi contohnya. 
Belum lagi hal perkembangan teknologi di bidang perthanan. Dengan dalih pertahanan, persenjataan mutakhir terus dikembangkan. Diperluakan peran moralitas untuk menanggulangi perkembangan teknologi ini, bayangkan jika disalah gunakan. Perseteruan terjadi dinegara-negara bagian timur menjadi saksi perkembangan teknologi. Apalagi jika anda melihat gambaran senjata canggih masa depan Slaughterbots seperti di lansir news. detik. com ( kamis, 11 Januari 2018). Slaughterbots dilengkapi teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan robotika. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam teknologi dan moralitas

  • Anak-anak memiliki rasa penasaran tinggi, ceroboh, kreatif dan daya kerja otak cepat dan tanggap. tanggapan salah dianggap benar akan menjadi benar akan menjadi permasalahan besar dikedepan hari.
  • Orang tua faktor utama dalam hal pendidikan moralitas dalam memnggunkan teknologi, semakin besar seorang anak, moral akan sulit untuk ditanamkan kepadanya. Anak-anak mempunyai sifat penasaran lebih besar dibanding orang dewas, jika pengetahuan moral tidak ditanamkan dengan kuat pada anak, kemungkinan teknnologi akan merengut jati diri seorang anak.
  • Sekolah tempat dimana anak-anak belajar banyak hal. Sekolah yang mempunyai misi mendidik moral lebih tinggi, mungkin menjadi solusi.
  • Lingkungan tanpa disadari lingkungan cenderung mendidik seorang manusia lebih dominan dibandingkan pendidikan dibangku sekolah.
  • Ilmu agama adalah salah satu hal paling penting untuk tetap bermoral baik dalam penggunaan teknologi, ilmu agama menjadi pagar bagi manusia, orang yang mempunyai ilmu agama cendurung manjauhkan dirinya dari perilaku immoral.
Lalu apakah perkembangan dan penggunaan teknologi adalah hal salah?... tentu saja tidak, teknologi membantu kenyaman kelangsunagan hidup manusia, terlau banyak hal-hal positif tertanam di dalam teknologi. Teknologi bukanlah hal negatif, namun pengguna teknologi manjadikannya bermoral negatif. Bagaimana pun perkembangan teknologi, moralitas akan menjadi benteng diri manusia. Demikian tulisan saya tentang Teknologi dan Moralitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel