AdSense

PENGERTIAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-BUSINESS

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan E-business

Banyak pengamat yang berpendapat bahwa teknologi akan terus berkembang, selama dunia ini masih tetap eksis. Revolusi adalah salah satu cara manusia mengembangkan pengetahun, era milenium dan revolusi industri contohnya. Era milenium ditandai dengan kemunculan istilah modern seperti  ‘the third wave’ yang di pelopori oleh Toffler 1980, ‘post-Industrial Society’ (Drucker 1993),  ‘velocity’ (Gates and Hemingway) dan ‘information age’ adalah revolusi paling populer sampai saat ini. Revolusi informasi ini  dipicu oleh terjadinya perubahan dari teknologi informasi dan pemasaran sehingga, memaksa manusia untuk terus mengembangan diri.

Dewasa ini berbisnis semakin menjadi primadona dalam hal solusi mencari nafkah. Teknologi informasi yang semakin berkembang juga seakan menghipnotis pebisnis untuk terjun ikut serta kedalam dunia teknologi informasi. Tentusaja pebisnis tetap pada profil mereka. Pebisnis terjun kedalam dunia bisnis internet dalam hal e-business (inggris) atau e-bisnis (indonesia). E-business bahkan menjadi kegiatan pokok pebisnis dalam melakukan aktifitas bisnis dibanding dengan aktifitas bisnis tradisional. E-business cenderung memiliki banyak kelebehin, bahkan tak sedikit juga pebisnis mulai mempelajari e-business.
Pengertian_Kelebihan_dan_Kekurangan_E-business
Pixabay
E-busines berasal dari bahasa inggris, terdiri dari 2 kata “E” adalah Electronic (elektronik) dan Business (bisnis). Menurut kamus bahasa inggris pengertian electronic adalah “carried out or accessed by means of a computer or other electronic device, especially over a network” artinya “dilakukan atau diakses dengan menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya, terutama melalui jaringan” Sedangkan business adalah “the practice of making one's living by engaging in commerce” artinya “praktik mencari nafkah dengan terlibat dalam perdagangan”. E-business pertama kali diperkenalkan oleh seorang CEO perusahaan IBM pada tahun 1994 yang bernama Louis Vincent Gerstner Jr.

Pengertian E-business

Ketika seseorang teleh melakukan pelayanan produk kepada orang lain dan dilalakukan melalui sebuah hompage, maka secara tidak sengaja orang tersebut telah berkecimpung dalam e-business. Produk disni bukan hanya terbatas pada jual beli suatu bararang, melainkan juga termasuk dalam produk jasa, pelayanan, kemintraan dan juga aktivitas e-learning. Tentu saja homepage membutuhkan media internet.

Pengertian e-business adalah proses atau kegiatan bisnis menggunakan media elektronik sebagai media utama pemasaran, baik itu jual beli produk maupun jasa. Seperti yang telah kita ketahui elektronik adalah segala sesuatu yang diakses dengan perangkat elektronika, bisa saja perengkat elektronik televisi, komputer, radio, internet, dll. E-business juga disebut dengan bisnis on-line karena bisnis ini populer dan banyak digunakan dengan media internet. Menggunkan media internet, perusahaan yang menggunakan metode e-business akan lebih fleksibel, efektif dan efisien dibanding e-businees yang menggunakan tipe media one way transmision seperti televisi dan radio.

E-business adalah istilah pemasaran media elektronik yang lebih luas, e-business mencakup istilah umum lainnya sperti e-commerce dan e-tailing. Jika dianalogikan, E-business mempunyai sub bidang lain yaitu e-commerce dan e-tailing.

Ada Beberapa hal pememicu kemunculan e-busines, walupun keberadaannya yang fenomenal dan terus berkembang ini diakibat oleh adanya perkembangan revolusi industri dan information-age (era informasi), ada beberapa faktor lain penyebab kemunculan e-busines atau e-commerce ini, seperti Faktor pasar dan ekonomi, Faktor sosial dan lingkungan dan Faktor teknologi.
Baca JugaFaktor Pemicu Munculnya E-Business dan E-Commerce.

Homepage atau website jika dipandang dari segi e-business dapat dikelompokan menjadi tiga bagian, antara lain:

  • Domestic website, adalah situs web yang menawarkan barang atua jasa kepada klien di area lokal dan domestik atau dalam negeri.
  • International by default website, adalah hsitus web yang melakuakan tidak terpaku hanya pada pelanggan internasional, situs ini menyediakan barang atau jasa mereka pada semua pelanggan yang membutuhkan produk dan jasa mereka.
  • International by design website, yaitu situs web yang berorintasi internasional penuh, website ini melakukan pasar global eksternal untuk barang dan jasa mereka.
Jika di tinjau dari segi aktivitas organisasi atau prusahaan bisnis dapat dikategorikan menjadi tiga kategori, yaitu:
  • Organisasi atau perusahaan yang melakukan kegiatan secara off-line dan melakukan transaksi jual beli produk agen fisik disebut dengan brick-and-mortar organizations (old-economy organizations).
  • Organisasi atau perusahaan yang melakukan sebagian bisnisnya semata-mata secara on-line maka disebut dengan virtual organizations (pure-play organizations)
  • Sedangkan organisasi atau perusahaan yang melakukan sebagian aktivitas dengan metode e-business, namun aktivitas off-line masih tetap dilakukan di dunia fisik maka disebut dengan clik-and-mortar organizations.

Kelebihan dan Kekurangan E-business

Tentu saja setiap teknologi pasti ada kelebihan dan kekurangan, walaupun itu adalah teknologi mutakhir sekalipun pasti ada faktor-faktor membuat teknologi itu lebih unggul atau dinilai kelemahan. Semakin canggih dan hebat sebuah metode maka, akan semakin besar canggih dan hebat pula kekurangan sebuah metode, tantunya memaksa pengguna untuk terus mendalami teknologi tersebut.
Baca Juga: Dampak Teknologi

Seperti halnya teknologi metode pemasaran e-business, inti dari kelebihan e-business adalah cepat, padat dan akurat, sedangkan inti dari kekurangan e-business itu sendiri harus dinilai dari masing-masing individu, karena ada beberapa individu orang beranggapan, tidak bertatap muka dalam proses perdagangan adalah sebuah kelebihan dari e-business, namun ada pula individu yang beranggapan itu sebagai kelmahan e-business. faktor-faktor dari kekurangan e-business sendiri terdiri intern (pembeli) dan interren (pedagang), bila dua faktor tersebut dirasakan baik dalam proses perdagangan maka akan baik pula e-business yang dilakukan. Lain halnya jika kelemahan dari segi pencurian informasi pedagangan dan hacker, mungkin pebisinis harus mempelajari lagi metode administrator e-bisiness.

Untuk melihat kelibihan dan keurangan dari e-business sudah saya tuliskan secara terperinci didalam artikel saya yang bejudul bisnis e-commerce. Secara garis besar unsur, tipe, contoh maupun kelebihan dan keurangan e-business adalah sama dengan e-commerce dan e-tailing, yang membedakannya adalah kapasitas atau sub bidang.
Baca juga: Pengertian, Unsur, Contoh, Kelebihan, Kekurangan dan Jenis E-Commerce

inilah sedikit artikel teknologi tentang perkembangan teknologi dibidang bisnis. artikel ini berisi  sedikit gambaran tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan E-business. menurut saya, gambaran diatas dapat membantu anda dalam mendalami hal penting didalam bidang e-busines, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel