AdSense

FAKTOR PEMICU MUNCULNYA E-BUSINESS

Faktor Pemicu Kemunculan E-Business

Pada awalnya bisnis hanya dikenal secara of-line, atau sering disebut dengan bisnis tradisional. Namun seirng dengan perkembangan era reformasi, kini bisnis berovolusi dengan bisnis-elektronik disingkat dengan e-business atau e-commerce. Menilik juga dengan perkembangan bisnis di negara indonesia,  dilansir Ekonomi Bisnis (Prospek Ekonomi 2019 Tetap Sesuai Ekspektasi,  02 Maret 2019), ekonomi indonesia mampu Tembus sebesar 5,17% pada tahun 2018. Mungkin dengan adanya bisnis secara internasional maupun lokal juga menodongkrak keuntungan negara.

Faktor-Pemicu-Kemunculan-E-Business
Pixabay
Pada dasarnya bisnis-elektronik mengimplementasikan pertukaran data, transaksi dan relasi bisnis bersifat paperless (tanpa kertas), atau bisa artikan sebagai metode dimana dokumen-data (hardfile) yang konversi ke dalam bentuk digital disimpan kedalam digital storage (penyimpanan digital). Tentu saja syarat e-business ini memiliki syarat pasar yang sama dengan pasar tradisional, seperti ada penjual pasti ada pembeli, ada hubungan antara penjual dan pembeli dan ada produk baik barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Tiga Faktor Pemicu Utama E-business

Berlandaskan penyebab kemunculan e-business adalah akibat dari revolusi industri dan revolusi era informasi, pasti ada faktor lain yang secara tidak sengaja merambah dan mendorong bisnis bervolusi dalam teknologi dan informasi. Lalu apa saja faktor pemicu munculnya e-business ini?..

  • Faktor pasar dan ekonomi, di antaranya adalah keadaan atau tingkatan pasar dan ekonomi yang semakin kuat, pertumbuhan ekonomi global, posisi penawaran yang semakin kuat, kompotesi yang semakin luas dan kuat dan konsumen yang semakin kuat.
  • Faktor sosial dan lingkungan, seperti regulasi pemerintah terhadap pasar, perubahan karakteristik angkatan kerja (etos kerja, kualitas SDM dan perekonomian di topang industri), kesadaran dan tuntutan berbinsis secara etis atau perilaku atau praktik berbinsis sesuai dengan asas etika perilaku yang disepakati secara umum, kesadaran dalam tanggung jawab sosial organisasi, situasi perubahan politik misalnya ketika situasi politik yang memanas memberi dampak negatif terhadap mitra atau investor.
  • Faktor teknologi, di antaranya umur siklus hidup produk teknologi yang semakin sempit sehingga memaksa penyedia barang dan jasa untuk dapat menjual dalam waktu secepat mungkin, inovasi pambaruan dan penemuan teknologi baru yang muncul setiap saat, information overload atau situasi dimana seseorang kesulitan memahami sebuah informasi yang diakibatkan oleh adanya informasi yang terlalu banyak, dan berkurangnya rasio biaya teknologi terhadap kinerja.

Pesatnya perkembangan pasar global adalah pemicu mendasar e-business merenovasi organisasi perusahaan dalam berproduksi, berkomunikasi dan berinteraksi pada konsumen pasar. Begitu pula dengan kebutuhan ruang lingkup bisnis, seperti penataan ruang  atau wadah juga tenaga kerja dalam sebuah bisnis tradisonal, jika sebuah bisnis semakin maju dan berkembang maka akan membutuhkan entitas yang jiga bersar, tentu saja semu itu akan berpengaruh besar dalam sistem bisnis dan memerlukan penganalisaan dan merancang ulang sistem.
Nah itulah sedikit penjelasan tentang kemunculan e-business, semoga bermanfaat.


0 Response to "FAKTOR PEMICU MUNCULNYA E-BUSINESS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel