AdSense

SEJARAH PEMICU KEMUNCULAN INTERNET

Sejarah Pemicu Kemunculan Internet

Jaringan Internet kian gemerlang di era informasi kini, tanpa disadari kita sebagai penikmat internet atau netter bahkan maniak internet sering enggan mencari tahu apa sih pemicu munculnya internet dan bagaimanakah perembangannya sampai saat ini?.

Sebelum membahas lebih lanjut ke dalam inti pembahasan, ada baiknya kita pahami dulu dampak yang diberikan internet bagi kita sebagai pengguna. Internet adalah salah satu revolusi era informasi, internet adalah salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan jaringa global. 

Sejarah-Pemicu-Kemunculan-Internet
Pixabay
Dengan internet, manusia dapat menggali dan mengembangkan potensi diri, manusia dapat berbisnis walau hanya berada dirumah, manusia dapat menjelajahi dunia tanpa harus berada ditempat itu sendiri, bahkan yang paling hebatnya lagi manusia dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Tanpa batas adalah inti utama dari jaringan internet ini.

Terbayang bukan bagaiamana kedahsyatan internet?.. saya yakin, anak kelahiran era milenium pasti cenderung mengadu kapada internet, apalagi akademisi atau praktisi dalam suka dan duka aktivitas keseharian mereka. Apalagi dengan kemunculun fenomena baru- baru ini, seperti gamers, facebooker, vlogger, blogger dan lain sebagainya. 

Seteleh kemunculan e-book, e-goverment, e-business dan e-learning, pada tahun 2018 khususnya negara indonesia digempari dengan istilah e-sport (Elektronik-Sport) yaitu kegiatan olahraga kompetisi game on-line ditingkat profesional dan bahkan menjadi karir bagi pro-gamers dalam ajang Asian Games 2018. Bahkan KEMENPORA atau Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia menyatakan bahwa e-sport sudah memenuhi unsur olahraga.

Sejarah pemicu kemunculan internet

Setelah mengetahui bagaimana internet memberi dampak kepada manusia, mari kita ulas sedikit sejarah kejadian cikal bakal atau pemicu kemunculan internet dunia. Perperangan dimasa itu adalah penyebab utama dalam pemicu muclnya internet, karena internet mampu memberikan dampak positif yang sangar besar dalam pertukan data atau informasi.

1. Telegraf

Pada awalnya, sejarah internet mengungkapakan kemunculan internet diawalai pada tahun 1837 oleh William Cooke dan Charless Wheatstone dengan munculnya telegraf yang merupan alat atau mesin pengirim dan penerima teknologi telegrafi, telegrafi sendiri adalah teknik pengerimiman surat melalui alat telegraf dengan sandi atau kode morse yang diciptakan oleh Samuel F.B Morse. Sebelum kemunculan telepon jarak jauh interlokal telegraf adalah alat utama dimasa itu, pemerintah amerika serikat mulai menggunakan telegraf secara komprehensif pada saat perang sipil tahun 1861-1865. Cara kerja mesin telegraf ini hampir mirip dengan teknologi faks dan jaringan komputer. 

Sejarah-Pemicu-Kemunculan-Internet-Telegraf
Commons Wikimedia
2. Pengembangan kabel Trans-Atlantik

Adalah kabel telegrafi yang terus dikembangkan semenjak tahun 1858 hingga 1866 dan mampu menyeberangi samudera atlantik tepatnya Amerika Utara dan eropa. Dari pulau Valentia, di barat Irlandia menuju Trinity Bay, di timur Newfoundland, Kanada. Kabel trans-atlantik ini digunakan untuk hubungan komunikasi langsung antar samudera atlantik. 

Sejarah-Pemicu-Kemunculan-Internet-kabel-Trans-Atlantik
Commons Wikimedia
3. Penemuan Telepon oleh Alexander Graham Bell
Pada tahun 1876 seorang seorang manusia tunarungu kelahiran skotlandia menciptakan dan mendirikan perusahaan telepon.

4. Sputnik pertama diluncurkan

Sputnik adalah satelit bumi tiruan buatan pertama kali diciptakan oleh Uni Soviet dan diorbitkan pada tahun 1957, sputnik ini digadang-gadang sebagai pemicu terjadinya kompetisi teknologi, senjata dan penyebab Amerika Serikat memulai space-race (perlombaan luar angkasa atau persaingan antar negara terkait prestasi di bidang eksplorasi ruang angkasa).

5. Terbentuknya DARPA

Setelah Uni Soviet meluncurkan sputnik 1957, setahun setelahnya Amerika Serikat membantuk agen departemen pertahan A.S. pada tahun 1958 yang disebut dengan DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency). DARPA adalah independen dari penelitian dan pengembangan militer lain dan melapor langsung ke manajemen Departemen Pertahanan senior negara.

6. Munculya proyek ARPANet.

Setahun setelah terbentuknya DARPA, Departemen Pertahanan Amerika ini menjalin Kontar kerja sama dengan BBN (Bolt Beranek dan Newman Inc) untuk menciptakan proyek ARPANet, ARPANet adalah sebuah proyek manciptakan jaringan internet pertama kali pada tahun 1968. Proyek ini suskses dilaksanakan lalau dikembangkan dan diuji coba pada tahun 1969. ARPANet dikatakan cikal bakal internet dunia terlahirkan.

Sejarah-Pemicu-Kemunculan-Internet-DARPA_ARPANET
Commons Wikimedia
Pada tahun 1969, node jaringan pertama kali berada di UCLA (Los Angeles), tahun 1971 ARPANet mengembangkan jaringan internet dengan menambahkan 15 Node atau terminal jaringan dengan 23 host. Pada tahun 1974, TCP (Transmission Control Program) mulai dispesifikasikan. Tahun 1988, IRC (Internet Relay Chat) adalah aplikasi chating diluncurkan. Tahun 1991 WWW (Word Wide Web) dirilis CERN. Pada tahun 1994, indonesia mulai menikmati jaringan internet.
Baca Juga: Perkembangan Internet dunia hingga masuk Ke Indonesia

Pada tahun 1968 adalah awal mula kemunculan internet dan terus dikembangkan hingga kini, Pasalnya ARPA atau ARPANet adalah ujung tombak perkembangan teknologi komunikasi global. Inilah sedikit artikel saya tentang sejarah pemicu internet.

0 Response to "SEJARAH PEMICU KEMUNCULAN INTERNET"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel