AdSense

PERKEMBANGAN INTERNET DUNIA HINGGA MASUK INDONESIA

Perkembangan Internet Dunia Hingga Masuk ke Indonesia

Pada tahun 1969 adalah tahun kelahiran internet, ARPANet melakukan riset tentang jaringan internet dan terus dikembangkan. Internet adalag media elektrinik mutakhir berbasis teknologi client/server. Jumlah penggunan internet pertama kali di indonesi kurang lebih 3 juta pada tahun 1994 dan naik menjadi 60 juta pengguna pada tahun 1996.
Baca JugaSejarah Pemicu Kemunculan Internet
perkembangan-internet-dunia-hingga-masuk-indonesia
Pixabay
Bagaimakah perkembangan inter sehingga masuk ke Negara indonesia?.., mari kita simak sedikit sejarahnya.


  1. Masih pada tahun 1969, node atau titik sambungan, retribusi atau terminal komunikasi jaringan pertama kali berada di UCLA (Los Angeles), diikuti dengan node berikutnya di Stanford Research Institute, UCSB (Universitas California, Santa Barbara), Universitas Of Sutah dan BBN.
  2. Pada Tahun 1971 ARPANet mengembangkan jaringan internet dengan menambahkan 15 Node atau terminal jaringan dengan 23 host (Server atau Client). Pada masa ini manusia mulai mengenal surat elektronik atau yang disebut dengan E-Mail.
  3. Pada tahun 1972, INWG (Internet Network Working Group) dibentuk untuk mewujudkan Protocol jaringan komputer. Protocol adalah aturan atau standarisasi yang memungkinkan satu komputer mampu berhubungan, berkomunikasi dan pertukaran data dengan komputer lainnya. Pada tahun ini juga terbentuk Telnet merupakan layanan paket data publik pertama yang mampu berkumanikasi antar mesin.
  4. Tahun 1973, adalah tahun dimana hayalan mulai menunjukan kenyataan. Pasalnya ethernet dikembangkan hingga saat ini menjadi basis koneksi jaringan lokal, file transfer mulai dispesifikasikan dan arsitektur Gateway (Gerbang Jaringan) mulai dijabarkan.
  5. Pada tahun 1974, TCP (Transmission Control Program) mulai diperincikan atau dispesifikasikan, Telenet menjadi packet data services pertama dan versi komersial pertama dari ARPANet.
  6. Tahun 1982, TCP mulai dikembangkan oleh ARPA dan DCA (Document Content Architecture) menjadi TCP/IP, TCP/IP menjadi Protocol suite pertama internet pada jaringan yang saling tekoneksi. 
  7. 1984, DNS (Domain Name Server) pertama kal diperkenalkan. DNS adalah sistem untuk penamaan host atau server. Contoh dari DNS adalah contoh DNS itu sendiri seperti http://124.81.92.144/, IP ini akan diarahkan ke DNS www.indosat.net.id
  8. Tahun 1988, IRC (Internet Relay Chat) adalah aplikasi chating atau komunikasi global menggunakan jaringan internet, IRC adalah sistem up-to-date pertama kali diluncurkan.
  9. Tahun 1991 WWW (Word Wide Web) dirilis CERN, WWW adalah kelompok dokumen multimedia seperti gambar, video, file suara dan database yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks atau link. Dengan mengeklik pranala (hipertaut atau hyperlink), maka para pengguna dapat melalukan perpindahan dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
  10. Pada tahun 1994, indonesia mulai berkembang internet pertama. Salah satu kalangan yang meneliti dan sebagai pelopor internet indonesia pertama kali adalah IPTEKnet, sekarang dikenal dengan BJIK (Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi). Sedangkan yang berlaku sebagai ISP (Internet Service Provider) dimasa itu adalah PT. Indo Internet (Indonet). Sekarang ISP di dalam bahasa indonesi adisebut dengan Penyelenggara Jasa Internet (PJI).


Itulah beberapa perkembangan internet dari tahun 1969 sampai akhirnya masuk ke negara Indoensia pada tahun 1994. internet masih terus berkembang hingga saat ini, salah satunya perkembangan jaringan nirkabel 4G Indonesia, sedangkan negara Korea Selatan Sudah menggunakan jaring 5G hingga saat saya membuat artikel ini.

Perkambangan internet akan terus berkembang hingga dunia berakhir, kenapa bisa begitu?.., ada beberapa faktor yang beperan sebagai pendorong dalam revolusi internet, seperti faktor daya tarik komunikasi, retieval information atau pemulihan informasi dan pencarian informasi yang up-to-date.
Baca Juga: Daya tarik yang membuat internet terus populer

Ada juga beberapa faktor lainnya yang membuat internet terus berkembang karena memang internet adalah teknologi khusunya dibidang informasi yang memberikan kenyamanan, jangkauan global, efesien, fleksibel dan sebagai media informasi terpercaya (lain halnya dengan pembajakan informasi). internet sampai saat ini belum punya pesaing.

0 Response to "PERKEMBANGAN INTERNET DUNIA HINGGA MASUK INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel