AdSense

PENGERTIAN, FUNGSI, JENIS DAN KOMPONEN FITUR OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI)

Operating System (Sistem Operasi)

Operating System disingkat dengan OS adalah sebuah istilah bahasa ingris, didalam bahasa indonesia Operating Sytem disebut dengan Sistem Operasi. Lalu apakah pengertian dari Operating System atau Sistem Operasi?... Operating System adalah “sebuah Software Resource Manager/Pengelola seluruh sumber daya sistem Hardware (Perangkat Keras) maupun Software (perangkat Lunak) serta sebagai Daemon(belakang layar) untuk program, mulai dari perangkat itu dinyalakan hingga dimatikan. Tanpa Operating System sebuah device atau perangkat tidak akan berfungsi optimal, tanpa operating system perangkat hanya bisa melakukan program booting, seperti Booting atau BIOS pada Komputer.
pengertian Operatyng System
Setiap perangkat atau device memerlukan Operating System, karena operating system adalah jembatan penghubung utama dari hardrware dan Software.

Baca JugaPengertian Software

Fungsi Operating System 

Apakah fungsi dari Operating Sistem ?... ada banyak fungsi dari Operating System menurut jenisnya. Namun, ada tiga fungsi utama Operating System : 
  • Manajemen Process meliputi penyiapan, penjadwalan juga pemantauan dalam proses Sistem maupun Perangkat. Manajemen proses merupakan Konsep pokok yang menjadikannya sebagai Masalak pokok utama dalam sistem operasi, manajemen Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Manajemen Proses juga disebut sebagai unit kerja terkecil yang secara individual mempunyai sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi. Pada Manajemen Proses berisi beberapa modul diantaranya register pemroses, instruksi, alamat pengiriman, data dan stack data. 
  • Manajeman Sumberdaya berhubungan dengan pengendalian terhadap software system dan application software. Sumber daya OS biasanya ini dilakukan oleh RAM/ROM, DISK dan juga Processor. 
  • Manajemen Data adalah merupakan pengendalian terhadap data masukan/keluaran Operating System. 

Jenis Operating System

Jenis Operating System daintaranya:
  • Linux, Microsoft Windows, MacOS, Choreme OS (Chromebook), Haiku, Unix, Steam OS, dan React OS (Operting System pada Personal Computer).
  • Android, syimbian OS, iOS Apple, Balckberry Os, Windows Phone, dan Bada (Operting System Handphone)

Komponen Fitur Operating System. 

Operating System terdiri dari banyak komponen dan fitur. Fitur mana yang didefinisikan sebagai bagian dari Operating System berbeda dengan setiap Operating System. Namun, tiga komponen yang paling mudah didefinisikan adalah: 
  • Kernel: Ini memberikan kontrol tingkat dasar atas semua perangkat perangkat keras komputer. Peran utama termasuk membaca data dari memori dan menulis data ke memori, memproses perintah pelaksanaan, menentukan bagaimana data diterima dan dikirim oleh perangkat seperti monitor, keyboard dan mouse, dan menentukan bagaimana menafsirkan data yang diterima dari jaringan. 
  • Antarmuka Pemrograman Aplikasi: Komponen ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk menulis kode modular. 
  • Antarmuka Pengguna: Komponen ini memungkinkan interaksi dengan pengguna, yang dapat terjadi melalui ikon grafis dan desktop atau melalui baris perintah.
semoga bermanfaat bagi pengunjung, inilah sedikit artikel bakhilun tentang Pengertian, fungsi, jenis, komponen fitur operating System atau Sisitem operasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel