AdSense

PENGERTIAN, PEMBAGIAN DAN FUNGSI PERIPHERAL DEVICE

Peripheral Device Atau Perangkat Periferal

Pengertian Peripheral Device

Peripheral Device adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris didalam bahasa indonesia disebut sebagai periferal. Peripheral adalah “of, relating to, or situated on the edge or periphery of something” yartinya “dari, berkaitan dengan, atau terletak di tepi atau pinggiran sesuatu” sedangkan periferal menurut Kamur Besar Indonesia (KBBI) adalah “tidak mengenai pokoknya, kurang penting, perifer”. 
Pengertian Peripheral Device Atau Perangkat Periferal jenis dan fungsi

Lalu apakah pengertian dari Peripheral Device Atau Perangkat Periferal ?... secera sederhana Peripheral Device atau Perangkat Periferal adalah “perangkat Keras (hardware) tambahan untuk memasukan dan mengeluarkan informasi dari perangkat, baik perangkat Gadget, perangkat komputer atau perangkat lainnya”. Sejak hadirnya komputer pribadi, produsen teknologi industri terus mengembangkan produk yang lebih kecil, lebih cepat, lebih canggih dan lebih fleksibel, termasuk gatged yang didedikasikan untuk memudahkan pengguna teknologi dalam melakukan tugas seperti mengolah data, mengolah kata, atau sebgai passion hidup. Contoh Peripheral Device atau Perangkat Periferal ini seperti game control, dance pad, graphic tablet, barcode reader, ear phone, flash disk dan sebainya. 

Baca Juga : Pengertian Hardware

Pembagian Peripheral Device atau Perangkat Periferal. 

Ada banyak artikel atau jurnal yang menjelaskan pembagian Peripheral Device atau perangkat periferal. Namun, pastinya ada baiknya pembagian ini di analisa secara umum. Secara umum pembagian Peripheral Device atau perangkat periferal ada tiga yaitu: 
  • Perangkat Masukan (Input device): Adalah perangkat tambahan yang bertugas untuk memberi atau memasukan data ke sistem yang nanti akan diolah menjadi informasi. Contoh perang input ini adalah mouse, keyboard, webcam, microphone, image scanner, barcode reader (pembaca barcod), game controller, graphics tablet (untuk menggambar), light pen, light gun, dance pad dan digital camera. 
  • Perangkat keluaran (Output Device): Adalah perangkat tambahan yang bertugas untuk mengeluarkan informasi dari sistem. Contoh perangkat output ini adalah montitor, proyektor, printer, headphones dan speaker.
  • Perangkat masukan dan keluaran (in/out Device): adalah perangkat yang mampu memberikan dan mengeluarkan informasi pada sistem. Contoh perangkat Input/output ini biasanya sebagai alat penyimpanan antara lain adalah Flashdisk, external hard dvire dan card reader. 
Baca Juga : Komponen Komputer. 

Fungsi Peripheral Device atau Perangkat Periferal. 

Sebagaimana yang telak kita ketahui pengertian Peripheral Device atau Perangkat Periferal adalah perangkat tambahan. Maka, dapat diketaui fungsi Peripheral Device atau Perangkat Periferal diantaranya adalah: 
  • Membantu kinerja perangkat utama.
  • Pelengkap perangkat.
  • Pengoptimalan kinerja perangkat utama. 
  • Ubgrade atau meningkatkan fungsi perangkat. 
Inilah sedikit pengetahuan teknologi informasi yang dapat kami bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat sebagai pengetahuan atau keperluan tertentu pengunjung dalam hal pengertian Peripheral Device atau Perangkat Periferal. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel