AdSense

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH DEVICE DRIVER (PEMACU PERANGKAT)

Device Driver (Pemacu Perangkat)

pengertian, fungsi dan jenis Device Driver (Pemacu Perangkat)

Device driver adalah salah satu istilah Teknologi Informasi bahasa inggris dalam bahasa indonesia disebut dengan adalah pemacu perangkat, device adalah perangkat atau peranti, sedangkan drive adalah pemacu atau poros penggerak. Dalam dunia teknologi informasi adalah istilah device driver paling sering digunakan dalam hal mempelajari perangkat komputer. Device driver termasuk dalam kelompok Software Computer, biasanya di pelajari pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, sedangkan bagi konsumen teknologi informasi device driver digunakan saat mengupgrade komputer yang diinstal pada Operating System (OS). 

Baca Juga : Operating System (Sistem Operasi)

Lalu apakah Defenisi Device Driver itu sendiri?... Device Driver adalah program jembatan penghubung antara hardware dan software untuk membantu mengontrol mengendalikan perangkat periferal komputer. 

Baca Juga: Peripheral Device Atau Perangkat Periferal.

Suatu perangkat periferal tidak akan berfungsi tanpa adanya device driver, kecuali perangkat periferal digunakan bersifat Build Up atau Genuine Parts menurut vendor Operating System (OS) yang digunakan. device driver biasanya menyediakan piranti lunak antar muka (tampilan) untuk memudahkan pengguna.

Fungsi Device Driver (Pemacu Perangkat).

Fungsi utama dari device driver adalah sebagai penghubung utama hardware. device driver tidak akan berguna tanpa hardware begitu juga kebalikannya. Fungsi dari device driver lainnya adalah:
  • Jembatan penghubung Software dengan hardware. 
  • Penerjemah data antara Software dan hardware. 
  • Pengontrol Input dan Output Software terhadap hardware. 

Contoh Device Driver (Pemacu Perangkat).

Ada banyak contoh device driver yang sering dan jarang digunakan pengguna komputer, tentu saja menurut keperluan penggunna. Seperti :
  • Kalangan gamers menggunkan device driver dalam hal bermain game seperti SlimDrivers, Nvidia GeForce driver dan Joystick driver. 
  • Para Officer atau pekerja kantoran akan menggunkan device driver yang berhubungan dengan perkantoran seperti printer driver, CD Room Reader dan driver proyektor dan sebagainya. 
  • Begitu juga dengan pelajar, mahasiswa dan kebutuhan komersial non komersial lainya. 
Didalam Operating System Windows, ekstensi dari file device driver atau pemacu perangkat biasanya diakhiri dengan DLL atau EXE.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel