AdSense

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANTARA VERSI DAN RILIS PERANGKAT LUNAK

Pengertian dan Perbedaan antara Versi dan Rilis dalam Perangkat Lunak

Dalam dunia Teknologi informasi, ada banyak istilah jarang dimengerti oleh pengguna teknologi informasi. terkadang pengguna merasa berperngertian yang sama, padahal berbeda. Pada artikel kali ini, kita akan memebahas sedikit pengertian dan perbedaan antara versi dan rilis perangkat lunak.
Pengertian dan Perbedaan antara Versi dan Rilis perangkat lunak

Pengertian Versi

Versi menurut kamus KBBI adalah adalah  bentuk terjemahan cerita, buku, dan sebagainya dalam bahasa lain; 2  model; menurut cara. Istilah bahasa ingris versi adalah Version, yaitu “a particular form of something different in certain respects from an earlier form or other forms of the same type of thing”, atintinya “sebuah bentuk  tertentu dari sesuatu yang berbeda dalam hal tertentu dari bentuk sebelumnya atau bentuk lain dari jenis yang sama”.
Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan, pengertian dari versi software (perangkat lunak) adalah sebuah bentuk perubahan baru bersifat signifikan dari bentuk sebelumnya. akan berbeda halnya dengan istilah Software Versioning (memberi versi perangkat lunak) yang berfokus pada proses penetapan nama atau nomor versi unik terhadap identitas perangkat lunak. 
Artikel kalini hanya Berfokus pada pengertian versi pada perangkat lunak. Versi dimaksudkan untuk menunjukkan versi aktual perangkat lunak. Namun, tergantung pada bagaimana Software Developer (pengembang Perangkat lunak) memberikan identitas perubahan terhadap versi, umumnya versi beidentitas dengan identifikasi versi tertentu major, minor, angka-angka ini umumnya ditetapkan dalam urutan yang meningkat dan sesuai dengan perkembangan baru dalam perangkat lunak (v2.0/v2.1/v2.1.5).
Contoh versi dapat kita lihat pada perangkat lunak Sistem Operasi windows. Windows terus mengembangkan versi Operating System (Windows OS) mereka,  Setiap Windows membuat perubahan besar terhadap OS mereka (Versi Windows 10, 8, 7, Vista, XP, 95, etc).

Pengertian Rilis

Rilis perangkat lunak adalah salah satu isitilah yang hampir mirip dengan versi dalam bidang teknolgi informasi. Rilis perangkat lunak populer dalam bahasa inggris yaitu Software Release (melepaskan atau membebaskan). Dalam bahasa ingris Release adalah  the action or process of releasing or being released (tindakan atau proses melepaskan atau dibebaskan). Sedangkan dalam bahasa indonesia rilis menurut kamus KBBI adalah menyampaikan secara resmi berita, pengumuman, informasi.
Lalu apakah pengertian rilis dalam peragkat lunak itu sendiri?... rilis dalam perangkat lunak adalah sebuah pelepasan atau peluncuran produk perangkat lunak. Jika sebuah produk dirilis maka, produk itu sudah paten artinya telah melewati fase pengujian dan pengembangan lengkap.
Berdeda dengan versi, versi adalah jumlah rilis. Siklus hidup rilis perangkat lunak adalah jumlah dari tahap pengembangan dan kematangan untuk perangkat lunak komputer: mulai dari pengembangan awal hingga akhir rilis, dan termasuk versi terbaru dari versi yang dirilis untuk membantu meningkatkan perangkat lunak atau memperbaiki bug perangkat lunak yang masih ada dalam perangkat lunak. Namun, akan ada kemungkinan sebuah sebuah perangkat lunak (software) yang terus mengembangkan versi  - versi terbaru, padahal perangkat lunak itu sendiri belum dirilis, Software ini biasanya akan diberikan tambahan nama atau identitas sebagai versi Aplha, beta, -rc atau Pre-release.
Contoh rilis pada perangkat lunak (software) adalah  Windows 10 rilis 29 Juli 2015,Windows 8 rilis 26 Oktober 2012,Windows 7 rilis 22 Oktober 2009,Windows Vista rilis 30 Januari 2007,Windows XP rilis 25 Oktober 2001 dan Windows 95 rilis 24 Agustus 1995.
Baca Juga : Soft Copy Dan Hard Copy

Perbedaan antara versi dan rilis.

versi 
  • Versi adalah jumlah rilis yang dibuat sesuai dengan penambahan, persyarsyaratan, pengembangan dan uji coba produk.
  • Versi Berkaitan dengan identitas angka, major-minor, alpha dan beta.

Sedangkan rilis,
  • Rilis berkaitan dengan Peluncuran, distribusi dan paten.
  • Berakaitan dengan peresmian.
  • Berkaitan dengan tahun penerbitan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel