AdSense

PENGANTAR ALGORITMA

Pengertian, Sejarah, Contoh dan Fungsi dari Algoritma

Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma, Dalam ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian prosedur langkah-langkah dalam penghitungan. algoritma digunkan penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritma juga sebagai langkah-langkah logis untuk membantu program developers dalam memecahkan sebuah permasalahan bahasa pemograman.
pengertian, sejarah, contoh dan fungsi dari algortima
Algoritma adalah kumpulan instruksi yang disebut source code. Source kode adalah kode program bahasa program. Bahasa program yang dimaksud adalah seperti bahasa C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Disetiap software pastinya ada source code yang ditanam didalamnya dan berjalan dibalik layar, tanpa disadari source code mengendalikan proses berjalannya sebuah software. Dengan bantuan algoritma, source code dapat dirangkai dengan instruksi dan didefenisikan secara efektif. Instruksi tersebut mencakup eksekusi proses lewat sejumlah urutan kondisi yang baik, dimulai dari kondisi input (masukan) hingga pada akhirnya menghasilkan kondisi output (Keluaran/hasil) dan berhenti di kondisi akhir.

Sejarah Algoritma

Sejarah Asal mula kata algoritma, bermula ketika matematikawan Persia abad ke-9 yaitu Abu Abdullah Muhammad ibnu Musa Al-Khwarizmi, hasil kerjanya dirangkai oleh matematikawan India abad ke-7 Brahmagupta. Kata algorisma awalnya mengacu pada aturan-aturan dalam melakukan aritmetika menggunakan bilangan Hindu-Arab namun terus berkembang lewat penerjemahan Latin Eropa dari Al-Khwarizmi menjadi algoritme pada abad ke-18. Penggunaan kata tersebut berkembang mengikutkan semua prosedur untuk menyelesaikan masalah atau melakukan kegiatan. (wikipedia)

Contoh Algoritma

Contoh algoritma, ketika sesorang ingin menghitung luas sebuah persegi panjan, maka seserorang itu harus menganalisa prosedur langkah, instruksi dan kondisi untuk penghitungan. Misalnya, panjang dari persegi panjang di ibaratkat dengan p, lebar dari persegi panajang itu diibaratkan dengan l dan Luas diibaratkan dengan L.

Algoritma Menghitung Luas Persegi Panjang
Analisis :
Luas = L
Lebar = l
Panjang = p
Input : p (panjang) dan l (lebar)
Rumus Mencari Luas Persegi Panjang L = p*l
Algoritma :
Inputkan panjang : 10
Inputkan lebar : 4
Rumus untuk menghitung L yaitu L= p*l (L= 10 x 4)
L = 40
Nilai L (Luas ) akan dicetak sebagai output (keluaran/hasil).

Jika disajikan dengan bahasa pemograman PHP. Maka,
<?php
function luasPersegiPanjang($l, $p) {
$L = $p * $l;
return $L;
}
$p = 10;
$l = 4;
echo luasPersegiPanjang($p, $l);
?>

Fungsi Algoritma

Fungsi algoritma, pada dasarnya algoritma adalah sebagai pemecah masalah. Namun, jika ditinjau dari keilmuan komputasi kususnya program developers adalah :
  • Memecahkan permasalahan logika program yang rumit.
  • Menyederhanakan source code program.
  • Jalan pintas source code.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel