AdSense

PERAMBAN ATAU BROWSER TEKNOLOGI INFORMASI

Pengertian, Fungsi dan Contoh Peramban Teknologi Informasi

Semakin maju perkembangan teknologi, maka semakin banyak pula istilah-istilah yang muncul. Khususnya pada teknologi bidang informasi istilah Peramban. Istilah peramban padahal berasal dari bahasa indonesia, namun tidak jarang pula orang-orang indonesia yang belum tahu, apa tiu peramban?... untuk lebih jelasnya mari kita bahas sedikit tentang pengertian, fungsi dan contoh peramban.

Pengertian Peramban Teknologi Informasi

Peramban adalah kata yang bersal dari bahasa indonesia yaitu dari kata ramban yang berimbuhan (pe-). Peramban adalah kata hononim, sama lafal dan ejaan berbeda makna. Ramban menurut kamus besar indonesia (KBBI) adalah “Mencari daun-daunan yang muda untuk makanan kambing dan sebagainya”. Didalam dunia teknologi informasi, Istilah Peramban bersasal dari bahasa ingris yaitu browse. Browse adalah “(of an animal) feed on leaves, twigs, or other high-growing vegetation” artinya “(dari hewan) memakan daun, ranting, atau tumbuh-tumbuhan tinggi lainnya”. 
Pengertian, Fungsi dan Contoh Peramban Teknologi Informasi
Ramban adalah kata kerja, jika diberikan imbuhan “pe-” maka ramban akan menjadi peramban, bermakna alat. Istilah Peramban didalam bahasa inggris adalah browser, didalam kamus bahasa inggris istilah browser adalah “a program with a graphical user interface for displaying HTML files, used to navigate the World Wide Web” artinya “sebuah program dengan antarmuka pengguna grafis untuk menampilkan file HTML, digunakan untuk menavigasi World Wide Web (WEB)”.
Memang, jika melihat arti dari istilah ramban dan browse itu sendiri agak sedikit aneh, kenapa merujuk ke WEB?... Peramban adalah sebuah kata homonim, jika ditinjau dari ilmu komputasi. secara sederhana ramban atau browse dapat diartikan sebagai kata kerja, tindakan atau pekerjaan mencari, merogoh dan melihat-lihat sana-sini, Jika diberikan imbuhan ‘Pe-’ akan memberi sebagi alat untuk mencari, merogoh, melihat-lihat sana-sini.

Fungsi dan Contoh Peramban Teknologi Informasi

Nah dari uraian paragraf diatas ditemukan kesimpulan, pengertian peramban adalah sebuah alat atau aplikasi program antarmuka yang menyediakan cara untuk berinteraksi dengan semua informasi di internet. Fungsi dari peramaban itu sendiri intinya adalah alat melakukan penjelajahan WEB. Contoh permaban itu seperti : Google Chrome, Opera/Operamini, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Vivaldi, Microsoft Internet Explorer, Tor, Safari browser, Konqueror, Lynx, Yandex, Comodo Ice Dragon, Maxthon, Torch, UC Browser dan Baidu Browser.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel