AdSense

Perbedaan antara Syntax, Bahasa Komputer, Bahasa Pemrograman, Bahasa Basis Data, Bahasa Query, MySql dan Bahasa SQL

Perbedaan antara Syntax, Bahasa Komputer (Computer Language), Bahasa Pemrograman (Programing Language), Bahasa Basis Data (Database Language), Bahasa Query (Query Language), MySql dan Bahasa SQL (Structured Query Language).

Ketika seorang pemula di dalam bidang pengembang perangkat (Software Development) atau Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) baik itu praktisi maupun akademisi, akan sering dihadapkan dengan istilah-istilah yang mungkin sedikit memusingkan kepala. Di dalam bidang tersebut akan sering dijumpai dengan istilah Bahasa Basis Data (Database Language), Query Language (Bahasa Query), Syntax, Sql, MySql, dan Programming Language (Bahasa Pemrograman). Istilah teknologi komputer tersebut dianggap sama, memang pada dasarnya istilah diatas merupakan istilah yang sama-sama memproses sistem data komputer, namun ada perbedaan jika dilihat dari segi penempatannya di dalam sistem komputer. Mari kita lihat satu-persatu.

Perbedaan-antara-syntax- bahasa-komputer-bahasa-pemrograman-bahasa-basis-data-bahasa-query-mysql-bahasa-sql
kropekk_pl dari Pixabay 

Syntax

Syntax adalah aturan, prinsip dan proses yang bertujuan mengatur struktur kalimat dalam suatu bahasa. Sedangkan jika syntax ditinjau dari segi bidang komputer, syntax ini adalah aturan yang menyatakan bagaimana kata dan frasa harus digunakan dalam bahasa komputer, ataupun aturan, prinsip, juga proses yang mengatur struktur kalimat semua jenis bahasa komputer. 
tujuan para ahli sintaktis (syntacticians) adalah untuk menemukan aturan-aturan yang umum untuk semua bahasa yang ada di dunia.

Bahasa Komputer (Computer Language)

Bahasa Kompter adalah sistem komunikasi dengan teknologi komputer. Bahasa Komputer digunakan untuk membuat kode komputer atau kode program, terdiri dari sekumpulan set instruksi yang membentuk program komputer yang dijalankan oleh komputer. Bahasa Komputer salah satu dari berbagai bahasa untuk mengekspresikan serangkaian instruksi rinci untuk komputer digital. Bahasa ini terdiri dari dua kelompok yaitu bahasa tingkat tinggi dan rendah. 
Bahasa Komputer adalah istilah lebih luas cakupannya daripada istilah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan bagian dari bahasa komputer, demikian juga halnya dengan jenis bahasa-bahasa lainnya.

Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Bahasa Pemrograman adalah bahasa instruksi salah satu dari berbagai bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk program komputer. Bahasa Pemrograman (programming Language) adalah salah satu dari kelompok bahasa komputer. bahasa pemrograman adalah bahasa formal yang terdiri dari set instruksi yang menghasilkan berbagai macam keluaran, Bahasa ini digunakan untuk memproses urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu terhadap komputer juga untuk mengimplementasikan algoritma (cara atau prosedur untuk memecahkan masalah matematika) komputer. 

Bahasa Basis Data (Database Language)

Bahasa Basis Data Adalah sekumpulan pernyataan atau perintah (statement) yang di formulasikan dan dapat dikenali/diproses DBMS digunakan untuk mendefinisikan dan memanipulasi basis data. Fathansyah Basis data Revisi Kedua, hal. 18, bertuliskan bahwa Bahasa Basis data dapat dipilah menjadi dua bentuk, yaitu Data Manipulation Language (DML) dan Data Definition Language (DDL) .

Bahasa Query (Query Language)

Bahasa Query adalah bahasa untuk spesifikasi prosedur untuk pengambilan (dan terkadang juga modifikasi) informasi dari basis data (database). Sederhananya, Bahasa QUery adalah kombinasi sistem kata dan simbol untuk meminta pada komputer untuk memberi informasi dari basis data (database) atau dari sistem informasi. Menurut Fathansyah bahasa query ini juga disebut dengan bahasa DML (Data Manipulation Language) yang merupakan salah satu dari pecahan bahasa basis data. Bahasa Query merupakan bahasa yang termasuk ke dalam bahasa tingkat tinggi (high level language), digunakan user untuk mendapatkan informasi/data dari basis data (database).
Ada banyak macam bahasa query seperti SQL, QL, MDX, Cypher, CQL, Gremlin, SMARTS, QUEL, OQL dan sebagainya. Menurut Fathansyah dalam bukunya Basis Data Revisi Kedua, Bahasa Query dikelompokan menjadi dua kelompok, yaitu bahasa bahasa query prosedural dan bahasa query non-prosedural. Hingga saat ini bahasa query di kenal dengan dua bentuk ekspresi, yaitu Expresi Bahasa query formal dan bahasa query terapan.

Bisa dikatakan bahwa bahasa komputer adalah umum (bahasa luas di dalam komputasi) yang melahirkan istilah bahasa pemrograman, bahasa query adalah yang mengacu pada sistem kata dan simbol untuk meminta komputer memberi Anda informasi dari basis data (database) atau sistem informasi, bahasa query adalah salah satu dari kelompok bahasa pemrograman. 
Antara istilah diatas adalah istilah komputing yang sama-sama digunakan untuk mengelola teknologi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) komputer. jika dilihat dari sudut pandang terperinci atau detail, terletak perbedaan antara istilah diatas terhadap kategori pengelompokannya.
Tidak ada salahnya jika menganggap atau menyebut bahasa komputer, bahasa sistem perangkat lunak komputer, bahasa pemrograman, bahasa query adalah sama.

MySql

Sedangkan MySQL adalah salah satu dari beberapa alat atau perangkat lunak (software) Sistem pengelola/manajemen Basis Data (Database Management System/DBMS dan RDBMS) yang didistribusikan secara terbuka (open source). Yang termasuk pada aplikasi DBMS maupun RDBMS itu sendiri adalah MySql, Oracle, Microsoft Acces, Sql-Server, sybase dan banyak lagi.

Bahasa SQL (Structured Query Language)

Beranjak ke Bahasa SQL (Structured Query Language), walaupun sudah disinggung sedikit pada paragraf diatas, agar lebih memahaminya baiknya kita perluaskan sedikit penjelasan tentang Bahasa SQL. 
Diambil dar W3SCHOOLS Bahasa SQL adalah bahasa standar untuk mengakses dan memanipulasi database, Bahasa ini menjadi standar American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1986, dan International Organization for Standardization (ISO) pada tahun 1987. Pada fakta lazimnya penggunaan bahasa manipulasi basis data yang menjadi standar walaupun tidak diakui secara resmi (De Facto) adalah bahasa Query SQL (Structured Query Language).Bisa diakatakan bahasa Sql ini adalah salah satu dari berbagai bahasa manipulasi basis data.

Jadi, MySQL Adalah aplikasi atau perangkat lunak pengelola basis data, menggunkan syntax bahasa SQL sebagai standar perintah mengelola basis data. sedangkan SQL adalah salah satu dari beberapa bahasa query atau bahasa standar untuk mengakses dan memanipulasi basis data yang digunakan untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah informasi basis data didalam aplikasi MySQL.
 

Kesimpulan

Dapat diambil kesimpulan dari beberapa penjelasan tentang perbedaan antara Bahasa Basis (Data Database Language), Syntax, Bahasa Pemrograman, Bahasa komputer, Bahasa Query (Query Language), Bahasa SQL, dan MySql diatas adalah Sebagai Berikut:
  • Syntax adalah cara kata dan frasa disatukan untuk membentuk kalimat dalam suatu bahasa, bisa diibaratkan syntax ini bagai grammar pada bahasa ingris.
  • Bahasa Komputer (Computer Language) adalah istilah cakupan lebih luas dari bahasa pemrograman, Bahasa ini adalah bahasa sistem untuk berkomunikasi dengan komputer.
  • Bahasa Pemrograman (Programming Language) adalah salah satu dari bahasa komputer yang menginstruksikan set intruksi pengolahan perintah kompuer dalam hal memecahkan masasalah algoritmatik.
  • Bahasa Basis Data (Database Language) adalah merupakan bahasa yang digunakan user (Programmer aplication, Casual User, End User / Na├»ve User dan Specialized/Sophisticated user) untuk berkomunikasi/berinteraksi dengan DBMS ( Database Management System ).
Baca Juga: Sistem Pengelola Basis Data (System Management Database/DBMS)
  • Bahasa Query (Query Language) adalah bahasa basis data yang memiliki prosedur kata dan simbol yang digunakan untuk mengakses data pada sistem database atau meminta komputer memberikan informasi dari basis data atau sistem informasi.
  • MySQL adalah salah satu dari berbagai perangkat lunak DBMS maupun RDMBS (sistem pengelola basis data), atau MySQL adalah salah satu sistem basis data yang menggunakan Syntax SQL untuk mengelola basis data dan ia bersifat openource.
  • Bahasa SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standard ANSI sejak 1986, SQL adalah bahasa digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional, bukan hanya digunakan didalam MySql, SQL mampu dipahami beberapa perangkat lunak DBMS/RDBMS lain seperti Oracle dan Microsoft SQL Server.

Semoga tulisan saya tentang perbedaan antara Bahasa Basis Data, Syntax, Bahasa Pemrograman, Bahasa Query, Bahasa SQL, dan MySQL ini dapat dipahami dengan mudah. terima kasih

0 Response to "Perbedaan antara Syntax, Bahasa Komputer, Bahasa Pemrograman, Bahasa Basis Data, Bahasa Query, MySql dan Bahasa SQL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel