bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Atribut Tabel Basis Data (Database Table Attributes): Pengertian, Definisi, Jenis & Contoh

Pengertian, Definisi, Jenis & Contoh Atribut - Atribut Tabel Pada Basis Data

Apa itu atribut dalam sistem basis data?. Google mendefinisikan atribut sebagai satu atau dua potong informasi yang menentukan properti bidang atau tag dalam basis data.
 

Definisi Atribut

Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberikan definisi dari atribut adalah sifat yang menjadi ciri khas (suatu benda atau orang). Kamus Cambridge mendefinisikan atribut adalah Kualitas atau karakteristik yang dimiliki seseorang atau sesuatu. Sedangkan kamus Merriam Webster mendefinisikan atribut adalah kualitas, karakter, atau karakteristik yang dianggap berasal dari seseorang atau sesuatu objek.

Pengertian Atribut Tabel Basis Data

Pengertian Atribut tabel basis data adalah ciri atau properti (metadata) yang terdapat pada sebuah objek (entitas) pada tabel basis data. Contoh atribut ketika sebuah tabel memiliki objek (entitas) siswa maka atributnya adalah nim_siswa, nama_siswa, alamat_siswa, tgl_lahir, dll.
Basis Data adalah penyimpanan data bermedia teknologi elektronik guna mempercepat pemrosesan sebuah sistem, mengefisienkan ruang penyimpan, dan memudahkan pekerjaan. Pada dasarnya, perancangan basis dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu dengan model E-R dan normalisasi data.
Atribut juga disebut kolom pada sebuah tabel basis data. Atribut yang menjadi pondasi dalam sebuah tabel data disebut atribut Key sedangkan yang lain disebut atribut Deskriptif. Ada juga atribut yang tergolong Atribut sederhana (Simple Attribute), Atribut komposit (Composite Attribute), Atribut bernilai tunggal (Single-Valued Attribute), Atribut bernilai banyak (Multivalued Attribute), Atribut harus bernilai (Mandatory Attribute), Atribut nilai null (Non Mandatory Attribute) dan Atribut turunan (Derived Attribute).

Jenis-Jenis Atribut Tabel Basis Data

Didalam Buku Basis Data Revisi Kedua karangan Fathansyah disebutkan bahwa pada lingkup besarnya, atribut tabel terdiri dari key dan deskriptif. Atribut Key adalah satu atau gabungan beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik. Atribut Deskriptif adalah atribut – atribut yang bukan menjadi atau merupakan anggota dari Key Primer pada suatu tabel di dalam basis data.

Attribute key (Atribut Kunci)

Pada dasarnya key adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik (Fathansyah/Basis Data Revisi Kedua). Atribut key/kunci adalah kolom (field), atau kombinasi kolom-kolom, dalam tabel basis data yang digunakan untuk mengambil dan mengurutkan baris (record) dalam tabel berdasarkan persyaratan tertentu yang berisikan atribut dan baris yang yang mendefinisikan metadata dari sebuah objek. Atribut key terbagi lagi menjadi Super Key, Primary Key, Foreign Key, Candidate Key, Alternate Key, Foreign Key, Composite Key.
Atribut kunci adalah fitur penting dari tabel relasional. Dalam model basis data relasional, struktur logis basis data diwakili oleh jumlah tabel yang saling terkait. Atribut ini berfungsi untuk mempercepat akses ke data lain, dalam banyak kasus, untuk membuat relasi antar tabel lainnya.
Baca Juga: Pengertian, Definisi, Jenis Dan Contoh Atribut Kunci

Descriptive Attribute (Atribut Deskriptif)

Atribut Deskriptif adalah atribut-atribut yang menggambarkan Karakteristik non-unik dari sebuah tabel basis data, serta mendefinisikan spesifikasi properti dari suatu objek, elemen, atau file.
Jika ditinjau dari segi nilai data (row), atribut dapat digolongkan sebagai tersebut di bawah:
Atribut sederhana (Simple Attribute) Adalah atribut bernilai tunggal atau atomik. dimana nilai dari atribut tersebut tidak dapat diuraikan dan dipilah-pilah.

Atribut Komposit (Composite Attribute)

Atribut komposit adalah atribut yang dapat diuraikan ke sub-sub atribut. subatribut itu sendiri memiliki makna tersendiri. atribut komposit kebalikan dari atribut sederhana.


Atribut Bernilai Tunggal (Single-Valued Attribute)

Atribut bernilai tunggal adalah atribut yang ditujukan kepada atribut memiliki nilai paling banyak satu atau tunggal pada baris data tabel basis data.

Atribut Bernilai Banyak (Multivalued Attribute)

Atribut bernilai banyak adalah ditujukan pada atribut- atribut yang memiliki nilai lebih dari satu.

Atribut Not-Null (Mandatory Attribute)

Atribut not-null adalah atribut yang nilainya tidak boleh kosong.

Atribut Nilai Null (Non Mandatory Attribute)

Atribut nilai null adalah atribut yang nilainya boleh kosong, atau atribut yang nilainya jika tidak diisikan tidak memberikan pengaruh fatal pada sistem basis data dan dapat diisikan nanti.

Atribut Turunan (Derived Attribute)

Atribut turunan adalah atribut yang nilainya dihasilkan dari pengolahan atribut-atribut lain, atau nilai yang akan tercipta otomatis jika atribut pendampingnya terisi.

Contoh Atribut Tabel Basis Data

Contoh dari jenis atribut-atribut tabel Basis Data diatas dapat disajikan dengan pengandaian berikut; misalkan kita ingin membuat basis data "universitas", tentunya terdapat objek (entitas) atau tabel "siswa".
Tabel mahasiswa diberi nama (properties name) sebagai "tbl_mahasiswa", dengan atribut sebagai berikut;
atribut "nim" adalah NIM mahasiswa, atribut "nama" adalah nama mahasiswa, atribut "jns_kelamin" jenis kelamin , atribut "alamat" adalah alamat, atribut "tgl_lahir" tanggal lahir, atribut "hobi" hobi, atribut "angkatan" adalah angkatan, dan atribut "ipk" adalah IPK mahasiswa. Perhatikan contoh gambar tabel mahasiswa dibawah.

Dari gambar contoh tabel atribut tersebut, dapat dijelaskan bahwa:
pengertian_definisi_jenis_contoh_atribut_tabel_pada_basis_data


Contoh Atribut Key

atribut atau gabungan atribut seperti;
(nim),
(nim, nama),
(nim, nama, jns_kelamin),
(nim, nama, jns_kelamin, alamat),
(nim, nama, jns_kelamin, alamat, tgl_lahir) dst,
adalah merupakan contoh atribut key, dimana atribut tersebut merupakan satu atau gabungan atribut bernilai (Attribute Data Value) tidak sama dengan yang lain (unik) dalam row (tupel) tabel basis data.

Contoh Atribut Deskriptif

Dari contoh gambar tabel diatas, yang menjadi atribut deskriptif adalah nama, jns_kelamin, alamat, tgl_lahir, hobi, angkatan, dan ipk. Karena atribut-atribut tersebut adalah atribut yang bukan atau anggota dari key primer.

Contoh Atribut Sederhana (Simple Attribute)

Atribut nim, nama, jns_kelamin, angkatan dan ipk adalah contoh dari atribut sederhana, karena nilai dari atribut tersebut tidak dapat diuraikan lagi, dengan kata lain atribut yang bersifat nilai tunggal (atomik).
Contoh Atribut Komposit (Composite Attribute)
atribut alamat merupakan contoh atribut komposit. Dikarenakan atribut tersebut dapat melahirkan dua atau lebih nilai dan makna berbeda dalam sebuah atribut tabel. Sehingga dimungkinkan untuk menambahkan atribut lainnya (subatribut). Atribut alamat memungkinkan untuk melahirkan subatribut "desa", "kecamatan", dan "provinsi".

Contoh Atribut bernilai tunggal (Single-Valued Attribute)

Atribut nim, nama, jns_kelamin, alamat, tgl_lahir, Angkatan dan ipk merupakan contoh atribut bernilai tunggal. Karena atribut tersebut memiliki nilai tunggal atau atribut yang paling banyak memiliki satu nilai dalam baris data (row) tabel basis data.

Contoh Atribut bernilai banyak (Multivalued Attribute)

Atribut hobi adalah contoh dari atribut bernilai banyak. Karena atribut hobi bisa berisikan banyak nilai yang sejenis dalam baris data tabel basis data. Misalkan mahasiswa dengan nim 2071021012 memiliki hobi berenang dan panjat tebing.

Atribut not-null (Mandatory Attribute)

Atribut nim dan nama merupakan contoh atribut yang tidak boleh kosong (not-null)ketika proses penginputan data ke dalam sistem basis data, karena jika dua atribut di atas tidak diinput akan berikan dampak fatal bagi sebuah sistem. Dimana atribut nim merupakan atribut key, sistem tidak dapat merelasikan keterkaitan antara atribut tabel dalam basis data, begitu juga dengan atribut nama.
Atribut null (Non Mandatory Attribute)
Atribut jns_kelamin, alamat, tgl_lahir, angkatan dan ipk merupakan adalah contoh atribut boleh bernilai kosong (atribut null). Dimana jika seorang operator sebuah sistem terbatas waktu dalam penginputan data dapat dilakukan diwaktu senggang.

Contoh Atribut turunan (Derived Attribute)

Atribut angkatan dan ipk adalah contoh atribut turunan, dimana atribut ini nilainya akan terisi apabila satu atau gabungan atribut baik dari tabel lain ataupun tabel dirinya sendiri dalam sebuah basis data telah lengkap. Atribut angkatan akan terisi jika atribut nim sudah terisi, dimana empat angka awal dari nim merupakan angkatan, juga atribut ipk akan terisi jika atribut dalam tabel nilai_mahasiswa (relasi tabel) didalam satu basis data terisi.

0 Response to "Atribut Tabel Basis Data (Database Table Attributes): Pengertian, Definisi, Jenis & Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel