bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute)

Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute)

Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute) adalah hal penting dalam merancang Basis Data Relasional dengan pendekatan Normalisasi Basis Data. Pada tahapan Normalisasi pertama (1NF), istilah tersebut berperan terdepan untuk menciptakan 1NF yang konkrit agar tahapan normalisasi basis data berikutnya dapat dilanjutkan. Apakah pengertian dan definisi dari Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute) tersebut.

sebelum beranjak lebih dalam ada baiknya kita pahami dulu apa itu atribut. Google mendefinisikan atribut (Attribute) adalah sepotong informasi yang menentukan properti bidang atau tag (label informasi) dalam basis data atau rangkaian karakter. sedangkan menurut kamus Oxford mendefinisikan Attribute sebagai untuk pernyataan atau percaya bahwa sesuatu adalah hasil dari hal tertentu. Artinya atribut merupakan istilah yang dapat memberikan pengaruh kesan yang lebih dalam terhadap suatu objek tertentu.

Atribut Sederhana (Attribute Simple)

Fathansyah, dalam buku yang berjudul Basis Data Revisi kedua disebutkan bahwa, Atribut Sederhana (Attribute Simple) adalah atribut atomik yang tidak dapat dipisahkan lagi. atomik disini dimaksudkan atribut tersebut merupakan unsur terkecil ataupun bernilai tunggal tidak dapat diuraikan lagi.

Atribut Komposit (Composite Attribute)

Google mendefinisikan komposit (composite) adalah sesuatu yang terdiri dari berbagai bagian atau elemen. Dari definisi atribut komposit diatas dapat dimengerti bahwa objek data informasi tabel basis data maupun metadata sekalipun yang dapat menghasilkan metadata lagi. Atribut komposite merupakan atribut yang dapat diuraikan menjadi sub-sub atribut yang memiliki makna berbeda namun memiliki Informasi sama.

Contoh Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan atribut komposite ( Composite) Attribute).


Perhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute)
Contoh atribut sederhana dan atribut komposit
Sebagai contoh dari kedua atribut diatas, dimisalkan sebuah tabel karyawan pada basis data perusahaan, tentunya memiliki banyak metadata/atribut yang terdiri dari nama_karyawan, alamat, dan NIP, dll. Atribut diatas dapat diketahui bahwa, atribut alamat memiliki turunan atau sub-sub atribut yang dapat diuraikan seperti desa, kecamatan, kode_pos, dll. Atribut NIP diatas dapat dikatakan sebagai Atribut Sederhana (Attribute Simple) sekaligus atribut key (primer), sedangkan atribut nama_karyawan masih terdapat kesimpangsiuran dalam mendiskripsikannya, karena pada beberapa sistem basis data nama_karyawan masih dapat dipilah lagi menjadi nama_depan dan nama_belakang. Sedangkan untuk atribut nama_karyawan dan alamat merupakan contoh dari atribut komposit.

Berikut diatas adalah pengertian dan definisi beserta contoh dari atribut sedehana (attribute simple) dan atribut komposit (composite attribute). Dapat diketahui atribut komposit adalah atribut yang dapat melahirkan sub-sub atribut, sedangkan atribut sederhana adalah satu atau lebih metadata atribut yang bersifat unsur terkecil, berikut sebagai kesimpulan.  

0 Response to "Atribut Sederhana (Attribute Simple) dan Atribut Komposit (Composite Attribute)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel