AdSense

SISTEM INFORMASI: Pengertian, Jenis, Komponen dan Akademisi

Pengertian, Jenis, Komponen dan Akademisi Bidang Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi

Pada intinya sistem informasi adalah sebuah sistem yang yang menghasilkan informasi dan sebuah informasi yang menggunakan konsep sistem. Sistem informsi mem adalah proses pengumpulan data, pengolahan data dan meyimpan data guna menghasilkan sebuah informasi yang konkret. Sistem informasi adalah sebuah istilah kumputasi, dimana komputer berperan aktif dalam hal pendistribusian informasi. sistem informasi adalah sebuah prosedur akademisi dalam merekayasa perangkat lunak. Dalam pengertian yang sangat luas sistem informasi adalah salah satu interaksi manusia dan komputer dalam hal interpretasikan informasi.
Pengertian, Jenis, Komponen dan Akademisi Bidang Sistem Informasi
Sistem informasi sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi, umumnya sistem dan teknologi adalah kombinasi yang tidak bisa dipisahkan. Sistem informasi sangat erat kaitannya dengan software, rancangan perangkat lunak atau bersifat tentang pengelolaan data dan informasi, sedangkan teknologi informasi sangat erat kaitannya dengan hardware perangkat keras elektronik. Selain teknologi informasi, ada sebuah padanan yang berperan lebih dan menjadi bahan dasar sistem informas, padanan ini dsebut dengan data, didefinisikan sebagai catatan kumpulan fakta, tanpa data sebuah sistem informasi tidak bisa memperoses dan mengeluarkan sebuah informasi. contohnya ketika seseorang pebisnis usaha kecil menengah ingin melihat laporan laba rugi akhir tahun dengan menggunakan konsep , tanpa data stok barang, barang terjual, barang rusak, barang menggunakan sistem informasi web. contoh Sistem Informasi yang sampai sekarang masih dalam penyempurnaan adalah artificial intelligence atau didalam bahasa indonesia disebut dengan kecerdasan buatan.
Baca Juga: Pengertian Data

Jenis Sistem Informasi

Disini saya sebagai penulis juga agak sedikit terkejeut ketika membaca salah satu artikel dari wikipedia, yang saya tahu jenis sistem informasi ada ada empat, yaitu yang disebut dengan sistem piramida yang terdiri dari :
  • Executive Information Systems atau Sistem Informasi Eksekutif yaitu sistem informasi yang bersifat pengelolaan ditingkat tinggi paling atas pada sebuah organisasi, seperti ketua umum, presiden atau direktur utama.
  • Decision Support Systems adalah sistem yang memberi keputusan sebuah berbentuk informasi, sistem penukung keputusan pada sebuah organisasi biasanya dipegang oleh menejer senior. 
  • Management Information Systems pengelolalan menejeman sistem informasi tingkat pertengahan, Seperti asisten menejer.
  • Transaction Processing Systems adalah pengelolaan sistem informasi bidang transaksi bawah, adalah sistem informasi tigkat awal. Seperti pekerja kasir memperoleh data penjualan dan kemudian menjadi sebuah informasi penjualan berbentuk laporan harian, mingguan, bulan atau tahunan.
pembagian jenis-jenis sistem informasi

Baca Juga : Informasi
Wikipedia juga berpenpadat sama. Namun ilmu teknologi informasi dan komunikasi TIK sudah berkembang ada beberapa evolusi pada jenis sistem informasi seperti:
  • Data Warehouses
  • Enterprise Resource Planning.
  • Enterprise Systems.
  • Expert Systems.
  • Search Engines.
  • Geographic Information System.
  • Global Information System.
  • Office Automation.

Tujuan Sistem Infomasi

tujuan sisteminformasi secara garis besar adalah membantu dalam hal manajemem kegiatan, baik balam hal bisnis, operasi maupun pekerjaan lainnya. Jika tujuan dari sitem informasi di perkecil maka, muncul tujua-tujuan dengan berapa aspek jenis sistem informasi tersebut. Seperti :
  • Sistem Informasi Keputusan bertujuan untuk memudahkan dalam hal mengambil keputusan berdasarkan kirteria dan pengumpulan data.
  • Sistem Informasi Perencanaan bertujuan untuk membantu dalam informsi terhadap perencanaan, rancangan atau sesuatu yang berbau dengan perencanaan.
  • Sistem Informasi Manajemen bertujuan untuk manajerial. Biasanya digunakan oleh divisi–divisi yang besar. 
  • Sistem Informasi Keuangan bertujuan membantu dalam hal keuangan seperti akuntansi e-commercy atau e-business.
Ada banyak lagi tujuan dari sebuah sistem informasi jika diurutkan secara spesifikasi jenis – jenis sistem informasi. gambaran tujuan sistem informasi umumnya adalah seperti diatas.

Komponen Sistem Informasi

  • Hardware
  • Software
  • Data
  • Networking communication

Akademisi Sistem Informasi

Diindonesia sistem informasi sudah berkembang pesat ada banyak akademisi tertarik dengan sistem informasi. Bahkan, ada pada beberapa universitas mengembangkan beberapa prodi yang masing masing mengimlementasikan sistem informasi seperti Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Informasi.
Sistem informasi akademisi menekankan pada fokus “informasi” yang konkret dan tepat dalam strategi dan unggulan kompetitif operasi sistem informasi. kemampuan mendasar dalam memperlajari sistem informasi adalah menekankan kemampuan merancang, mengembangkan dan menerapkan data dan informasi pada operasi. Baik bersangkutan dengan perangkat lunak ataupun organisasi. Sistem informasi bagi akademisi bertujuan mampu untuk mengembangkan suatu bidang organisasi dalam hal pengelolaan sistem informasi, kemampuan ini dapat meliputi fondasi bidang bisnis, administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi dan keuangan, implementasi prinsip-prinsip manajemen, arsitektur dan pemrograman aplikasi perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel