AdSense

TEKNOLOGI INFORMASI: Pengertian dan Definisi

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah sebuah padanan kata atau frasa yang komplek dimana teknologi dan informasi menjadadi satu, pada dasarnya teknologi adalah satu kata yang mempunyai arti sendiri, begitu juga dengan Informasi. namun ketika kata tersebut disatukan akan memberikan definisi dan pengertian yang lebih luas. Teknologi Informasi memberi imbas tersendiri terhadap manusia sebagai raja atau pengguna teknologi informasi tersebut. untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian teknologi informasi lebih lanjut.
Baca Juga: Teknologi
pengertian-contoh-teknologi-informasi
Pixabay

Pengertian Teknologi

Untuk mengetahui lebih dalam lagi dari pengertian teknologi informasi, kita harus memhami dulu apa itu teknologi dan informasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teknologi adalah sebuah metode atau ilmu pengetahuan dalam hal mencapai tujuan praktis, sedangkan Informasi adalah khabar ataupun berita tentang sesuatu.
Baca Juga: Informasi
Dari definisi diatas dapat diartikan secara luas, pengertian teknologi informasi adalah metode proses atau pengelolaan berkonsep ilmu pengetahuan berbasis komputasi untuk tujuan memperolah informasi praktis. Pengelolaan teknologi informasi mencakup menganalisa, menyimpan, mengambil, mengirim, dan memanipulasi data baik data tersebut berbentuk gambar, teks, suara, audio dan bentuk lainnya. Teknologi Informasi disingkat dengan TI, dalam bahasa ingris dipanggil dengan Information Technology disingkat dengan IT, Kamus Oxford mendefinisikan Information Technology dengan "The study or use of systems (especially computers and telecommunications) for storing, retrieving, and sending information" atau "Studi atau penggunaan sistem (terutama komputer dan telekomunikasi) untuk menyimpan, mengambil, dan mengirim informasi". 
Teknologi Informasi adalah salah satu subbidang atau sub ilmu teknologi informasi dan komunikasi (TIK), lawan dan kawan dari teknologi informasi adalah Sistem Informasi, ketika seseorang ingin mengembangkan Teknologi Informasi maka Sistem Informasi juga ikut selaras dan seimbang. bisa dikatakan Teknologi Informasi berhungan dengan perangkat keras seperti alat, barang atau permesinan, sementara sistem informasi berhubungan dengan perangkat lunak atau metode, konsep proses dalam pengelolaan data dan bahan.
Baca Juga: Sistem Informasi
Pixabay
Sejak dahulu kala manusia telah mengenal teknologi, cotohnya dizaman purba manusia menjadikan batu sebagai banda tajam atau palu, namun dengan perkembangan industri teknologi hingga kini menusia dimudahkan oleh kehadiran teknologi. 
Baca Juga:
Perkembangan Teknologi
Tujuan teknologi informasi adalah menciptakan dan mengembangkan keseluruhan sarana dalam menyediakan barang dan alat yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.  comtoh dari teknologi informasi adalah robot, printer 3D, perlu diperhatikan bagi pengguna teknologi informasi sendiri adalah keseimbangan atara teknologi informasi dengan moral manusia. akan ada banyak hal yang timbul jika kesimbangan ini tidak diperhatikan.
Baca Juga: Teknologi dan Moralitas
Demikian artikel Teknologi Informasi beserta pengertian dan definisi ini kami buat semoga bermanfaat bagi pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel