AdSense

MODEL INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Model Atau Jenis Interaksi Antara Manusia dengan Komputer

Model adalah pola atau cara untuk merepresentasikan pola hubungan yang diperoleh dari perilaku manusia. artikel kali ini sedikit mengupas Model Atau Jenis Interaksi Antara Manusia dengan Komputer. interaksi adalah komunikasi dua arah yang saling melakukan aksi berhubungan dan memengaruhi.
Model-atau-jenis-interaksi-manusia-dan-komputer
Pixabay
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang memelajari cara dan metode manusia berinteraksi dengan teknologi komputer khususnya. Otak manusia akan berinteraksi menanggapi apa yang dilihat oleh mata, dengan intuisi, otak manusia menerjemahkan apa yang dilihat mata. instusi adalah kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari bisikan hati, gerak hati. Ilmu interaksi manusia dan komputer memfokuskan cara agar manusia mampu memahami cara mengelola sebuah softrware tanpa harus membaca manual book atau tutorial. filosofi akal pikiran manusia berperan aktif dalah hal interaksi dengan komputer.Ada beberapa model atu jenis cara manusia melakakan dialog dengan komputer. Model ini berdasarkan metodelogi disiplin ilmu interaksi manusia dan komputer, antara lain :

Menu

Menu adalah salah satu model interaksi manusia yang populer dan banyak digunakan pengembang perangkat lunak baik sistem maupun aplikasi, karena menu juga salah satu contoh bentuk Graphical User Interface (Gui). tentu saja menu disni bukanlah menu makanan. Menu disini adalah Daftar perintah atau fasilitas yang ditampilkan di layar atau perangkat keras monitor. Hampir semua perangkat lunak mengunakan interaksi meodel ini, bahkan menjadi interaksi utama. contoh paling umun interaksi orientasi menu ini antara lain seperti: Menu Start Windows dan Menu toolbar MsOffice.
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-menu

Natural Language (Bahasa Alami)

Natural Language (Bahasa Alami) adalah model interaksi manusia dan komputer yang berfakus pada teks maupun suara. Bahasa yang telah berkembang secara alami digunakan dan diimplementasikan dengan bahasa buatan atau kode komputer. Interaksi natural languange adalah sebuah fasilitas perintah manusia terhadap teknologi komputing yang bisa menggunakan teks seperti tulisan perintah Bold, Italic, Center, Print, Close, Open File dan Shut Down pada sebuah aplikasi perangkat lunak maupun fasilitas perintah natural language menggunakan suara seperti Speech Recognition Control (Bing) dan Ok Googel.
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-Natural-Language

Question / Answer

Question / Answer adalah sebuah dialog sistem komputer yang bertanya kepada manusia atau user. Interkasi Question / Answer bukan berarti dialog atau percakapan seperti halnya didalam forum maupun group pada media sisial. Question / Answer disini adalah sebuah permintaan perintah sistem yang ditampilkan melalui antarmuka jendela "pop up" notifikasi seperti ketika menutup tugas notepad yang belum disimpan.
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-Question-Answer

Form-fills and Spreadsheets

Form fill-in adalah cara sebuah sistem untuk meminta data atau informasi dari user, form-fills adalah Teknologi pengisian formulir memungkinkan anda untuk mengisi formulir sistem.
Spreadsheet disebut juga sebagai lembar kerja, spreadsheet adalah file yang tersusun dari baris dan kolom yang membantu mengurutkan data, mengatur data, dan menghitung data numerik dengan mudah praktis. Form-fills and Spreadsheets adalah fasilitas interaksi manusia dan komuter dalam hal pengolahan data. Contohnya seperti: openoffice spreadsheet, MsExcel dan Form-form yang berfungsi sebagai entri data.
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-Form-fills-and-Spreadsheets

Command Line Interface

Command Line Interface disingkat dengan CLI, bahasa indonesia disebut dengan Antarmuka Baris Perintah. CLI Awal mula interaksi manusia dan komputer, tanpa menggunakan mouse, manusia menggunakan CLI dalam pengoperasian Komputer. Manusia harus menghafalkan sintaks atau kode baris perintah seperti Command Promt CMD pada windows cmd, chdir, cls, dir, diskcopy, echo, net, netstat dan exit. Sebelum GUI hadir, CLI berperan disni.
Baca Juga: CLI
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-Command-Line-Interface

Computing WIMP

Wimp adalah singkatan dari Windows (Jendela), Icon (Ikon), Menus (Menu) dan Pointer (Penunjuk), istilah wimp diciptakan oleh Merzouga Wilberts pada tahun 1980, kemudian akhirnya dikembangkan dengan ""mouse" dan "menu pull down". Wimp dikembangkan oleh Perusahaan penelitian Xerox PARC sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi informasi dan sistem perangkat keras di California.
Ada pendapat yang mengatakan WIMP dan GUI adalah Model atau fasilitas Interaksi manuia dan komputer yang sama, menurut saya ini jelas sekali tibak sama. sebab, ada beberapa perangkat lunak yang tidak memberikan icon sebagai perintah sistem namun ada juga yang memberikan menu sebagai perintah sistem, bahkan tak jarang perangkat keras tidak menyediakan fasilitas poniter.
Baca Juga: GUI
Model-interaksi-manusia-dan-komputer-wimp

Sebenarnya masih sangat banyak model-model atau jenis interaksi manusia dan komputer, namun secara garis besar dapat dikatakan beberapa model diatas adalah yang peling umum digunakan dalam komunikasi dua arah antara manusia dan teknologi komputing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel