bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Super Key: Definisi, Pengertian, Contoh Dan Cara Menentukan Super Key

Definisi, Pengertian, Contoh Dan Cara Menentukan Super Key Pada Basis Data


Apa itu Super Key di dalam sistem basis data?... Jawaban Sederhana mungkin Super key adalah salah satu jenis atribut kunci yang mana digunakan ketika sebuah tabel basis data tidak memiliki kunci utama (primery) untuk mendefinisikan informasi dari basis data (row) secara unik. Unik disini adalah dimana informasi yang muncul tidak memiliki nilai (field) yang sama pada baris data.

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pengertian, jenis juga contoh atribut kunci (key attribute) sistem informasi basis data. sebaiknya kita memahami lebih terperinci tentang materi Definisi, Pengertian, Contoh Dan Cara Menentukan Super Key Pada Basis Data.

Definisi Super Key Basis Data

Definisi super key menurut Word Sense adalah Setiap set atribut dari variabel relasi (tabel) yang berfungsi untuk mengidentifikasi satu tupel (himpunan terurut) atau baris gugus data, tidak ada tupel lain yang memiliki nilai yang sama untuk setiap atribut dalam himpunan.

Superkey adalah sebuah frasa, jika diuraikan maka akan terbentuk dari dua kata, yaitu Super dan key. Superkey dalam bahasa indonesia bisa dikatakan kunci super atau istimewa, karena pembentukannya sendiri berdasarkan satu atau gabungan atribut yang membuatnya lain daripada key-key lain.

Pengertian Super Key Basis Data

Pengertian super key adalah satu atau lebih atribut (Gugusan atribut) bukan key yang dapat membedakan setiap baris data dalam tabel secara unik dan tidak bernilai kosong.

Fathansyah pada Basis Data Revisi Kedua menuliskan superkey adalah satu atau lebih atribut (gabungan atribut) yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik. Tentunya superkey merupakan atribut not null atau tidak kosong

Contoh Super Key Basis Data

Contoh Super Key akan terjadi ketika dalam suatu baris data tabel basis data tidak memiliki atribut kunci atau bernilai informasi unik, maka disini desainer sistem basis data harus menyeleksi dan menentukan satu atribut (field) atau gabungan atribut-atribut non-key sehingga membentuk informasi unik dan sistem tersebut dapat memberikan informasi valid. Perhatikan gambar berikut.

Contoh-Gambar-Super-Key Basis-Data
Contoh Gambar Super Key Basis Data

Dari Contoh gambar super key diatas dapat diketahui sebuah tabel yang diberi nama Tabel_Mahasiswa mempunyai atribut “Nama, Jenis_Kelamin, Tempat_lahir, Tanggal_Lahir, Alamat, Angkatan, Jenjang dan atribut Jurusan” (perhatikan No Baris 1).
Jika diperhatikan, baris data maupun field yang berwarna pada gambar tersebut adalah contoh super key.
Dimana:
  • Atribut Nama yang yang mempunyai nilai baris data “Matsani” merupakan atribut kunci superkey, karena kebetulan di dalam contoh kasus tabel diatas field dari kolom atribut tersebut tidak memiliki nilai yang sama dengan atribut yang lain. Artinya atribut Nama cukup memberikan informasi unik dan valid (Perhatikan No Baris 04).
  • Gabungan baris data antara atribut “Nama, Jenis_kelamin, dan Tepat_Lahir” memiliki nilai unik dengan baris data yang lain, gabungan atribut-atribut tersebut merupakan contoh super key (Perhatikan No baris 03 dan 06).
  • Gabungan penuh baris data pada atribut Tabel_Mahasiswa merupakan contoh super key (perhatikan no baris 02 dan 05).

Cara Menentukan Super Key Basis Data

Diambil dari contoh kasus Contoh super key diatas, dapat dijelaskan dimana ketika front office diminati pengunjung untuk mencari suatu informasi valid untuk dirinya, sedang kumpulan informasi (basis data) yang dimiliki tidak mengandung atribut kunci apapun.
Pada Keadaan ini, tentunya seorang operator tersebut meminta data pada tamu tersebut.

Contoh-Gambar-Cara-Menentukan-Super-Key-Basis-Data
Contoh Gambar Cara Menentukan Super Key Basis Data
  • Bagaimanakah cara menentukan baris data atau field pada atribut tabel tersebut merupakan super key?... Perhatikan lagi contoh gambar cara menentukan super key diatas,
  • Dimana:
  • Ketika seorang pengunjung meminta informasi seorang mahasiswa pada front office (Operator) dengan data Nama “Dindawina” dan Jenis_Kelamin “Perempuan” tentu belum cukup, karena akan memberikan informasi invalid atau masih meiliki redudansi baris data, (Perhatikan Contoh Gambar Cara Menentukan Super Key Tahap 1).
  • Lalu operator meminta lagi data Tempat_Lahir pada tamu tersebut dengan nilai “Aceh Utara” sehingga dapat memberikan data valid sesuai permintaan tamu (Perhatikan Contoh Gambar Cara Menentukan Super Key Tahap 2).
  • Pada kasus berbeda mungkin akan membutuhkan penyeleksian sampai 4 (Empat) atau lebih atribut untuk menghasilkan informasi valid (Perhatikan No Baris 02 dan 05 contoh gambar super key diatas).

Kesimpulan Super Key Basis Data

Demikian artikel kali ini dengan topik definisi Super key merupakan set atribut dari variabel tabel berfungsi untuk mengidentifikasi satu himpunan baris gugus data unik yang dikemukakan oleh WordSense. Pengertian Super key adalah satu atau lebih atribut Not-null dan bukan key yang dapat membedakan setiap baris data dalam tabel secara unik. Contoh Super Key pada contoh gambar superkey diatas, juga cara menentukan super key dalam tabel sistem informasi basis data.

0 Response to "Super Key: Definisi, Pengertian, Contoh Dan Cara Menentukan Super Key"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel