AdSense

KOMPONEN SISTEM INFORMASI

Komponen Sistem Informasi

Komponen adalah sebuah bagian dari suatu sistem yang mempunyai peranan penting di dalam keseluruhan aspek berlangsungnya suatu proses dalam pencapaian suatu tujuan di dalam sistem (tataart study : 2012).

Sistem Informasi adalah kolaborasi interaksi antara manusia sebagai pengguna dan teknologi informasi dengan tumpuan algoritmik, proses data, dan informasi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sedangkan sistem informasi manajemen adalah sebuah fasilitas untuk memberikan informasi dengan sedemikian rupa sehingga memberi manfaat bagi penerimanya.

Komponen Sistem Informasi dimaksudkan adalah bagian-bagian dari suatu sistem informasi yang mempunyai peranan penting dalam berlangsungnya proses masukan data, pengolahan data, menjadi informasi yang bekerjasama satu dengan yang lain untuk mencapai satu tujuan yang sama.

komponen-sistem-informasi

Stair 1992 menjelaskan bahwa sistem informasi berbasis komputer (CBIS) atau sistem informasi yang dicitapakan dan dikembangakan berbasis teknologi komputer dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen Perangkat keras, perangkat lunak, database, telekomunikasi, dan manusia.

  1. Perangkat Keras, yaitu hardware atau piranti fisik sebagai alat yang melengkapi kegiatan sistem informasi untuk menerima memasukkan data, memproses data, dan keluaran data. komponen sistem informasi ini adalah tahap awal sebuah sistem dijalankan.
  2. Perangkat Lunak, yaitu komponen sistem informasi software atau piranti lunak program dan instruksi yang diberikan ke komputer. Perangkat lunak menerjemahkan segala aktivitas masukan atau instruksi input pada CPU agar segala yang diperintahkan oleh user dapat diproses oleh CPU, kemudian mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam media keluaran atau output device sehingga menjadi bentuk yang dapat pegang atau menjadi bentuk fisik yang nyata.
  3. Database, yaitu kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan secara sistematis dan tersimpan dengan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diakses penggunaan sistem informasi. komponen sistem informasi ini biasanya disebut juga dengan data storage atau unit penyimpanan data. komponen sistem informasi ini biasanya membutuhkan manajemen DBMS (Database Management System). bentuk fisik dari database bisa jadi hardisk, flashdisk, cd/dvd-r, dll.
  4. Telekomunikasi, yaitu komunikasi yang menghubungkan antara penggunaan sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama dalam suatu jaringan kerja yang efektif. komponen sistem informasi ini seringkali berkaitan dengan jaringan LAN (Local Area Network) sebagai jaringan lokal, MAN (Metropolitan Area Network) sebagai jaringan metropolis atau perkotaan, dan WAN (Wide Area Network) sebagai jaringan terbesar yang mampu mencakup area dunia.
  5. Manusia, yaitu personil dari sistem informasi, meliputi manajer, analis, programer, dan operator serta bertanggung jawab terhadap perawatan sistem. komponen merupakan pelaku utama dalam sistem informasi, manusia sebagai pengguna maupun penemu sistem informasi.

Sedangkan Brunch dan Grudnistki (1986) mengutarakan pendapatnya bahwa, sistem informasi yang terdiri dari komponen-komponen di atas disebut dengan istilah blok bangunan (Building Block), blok masukan ( Input Block), blok keluaranan (Output Block), blok teknologi (Technology Block ), dan blok kendali (Control Block ).

Sementara menurut Davis (1995), komponen sistem informasi manajemen terdiri dari elemen-elemen dibawah:
  1. Perangkat Keras.
  2. Perangkat Lunak.
  3. Database.
  4. Prosedur, yaitu tata cara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan aturan-aturan dalam menggunakan (CBIS) sistem informasi berbasis komputer.
  5. Petugas Operasional, yaitu individu yang bertanggung jawab untuk mengelola sistem informasi dalam sebuah organisasi.
Komponen sistem informasi akan berjalan sempurna jika semua elemen-elemen sistem terpenuhi dan akan bekerja sama untuk menciptakan sebuah kumpulan hasil keputusan terbaru.

0 Response to "KOMPONEN SISTEM INFORMASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel