AdSense

FLOWCHART (Diagram Alir): Pengertian, Definisi, Simbol dan Tipe Flowchart

Pengertian, Definisi, Simbol dan Tipe dalam Flowchart 

Flowchart banyak digunakan bukan hanya pada menganalisa dan merancang sebuah sistem, flowchart pada umumnya digunakan untuk menganalisa sistem global, seperti analysts, designers, engineers, managers. Artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang flowchart lebih jelasnya tentang apa pengertian, definisi, simbol dan tipe-tipe flowchart.

Pengertian Flowchart

flowchart atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan diagram alir merupakan materi yang tidak kalah penting di dalam ilmu algoritma dan pemrograman. Karena memang dengan flowchart, seorang pemrogram and seorang programer mampu menerka Bagaimana sebuah aplikasi akan disusun atau akan beroperasi.

Flowchart adalah suatu teknik simbolik untuk menyusun gambaran rencana program yang akan diperkenalkan menggunakan angka-angka geometris beranotasi yang sesuai yang dihubungkan oleh garis aliran untuk tujuan merancang atau mendokumentasikan suatu proses atau program (ISO/IEC 2382:2015, Information technology -- Vocabulary).

Berbeda halnya dengan Data Flow Diagram (DFD), merupakan diagram yang menggambarkan sumber data, data sink, penyimpanan data, dan proses yang dilakukan pada data sebagai node (titik), dan aliran logis data sebagai tautan antara node.

Flowchart adalah representasi grafis dari definisi, analisis, atau metode penyelesaian masalah di mana simbol-simbol yang digunakan untuk mewakili operasi, data, aliran, peralatan, objek dan panah digunakan untuk menunjuk aliran data berurutan dari satu ke yang lainnya. Flowchart membantu seorang analis dapat dengan mudah mencari titik kelemahan suatu program maupun merevisi kembali.

Flowchart menjadi dasar di mana pekerjaan dilakukan terutama ketika dihadapkan dengan proyek yang besar dan membutuhkan tim kerja yang besar pula. Pekerjaan tidak akan dilanjutkan jika tidak ada diagram alir atau jika diagram alir tidak cukup jelas.

Definisi Flowchart

Flowchart terdiri dari dua kata Flow artinya alur atau aliran dan chart grafik, bagan, atau peta. kamus oxford memberikan definisi tentang flowchart adalah representasi grafis program komputer yang berelasi dengan urutan fungsinya (berbeda dari data yang diprosesnya). Kamus Merriam-webster juga memberikan definisi yang sama, yaitu diagram yang menunjukkan tahapan langkah demi langkah melalui prosedur atau sistem secara khusus menggunakan jalur penghubung dan seperangkat simbol konvensional.

Dari dua definisi diatas dapat diketahui bahwa flowchart adalah gambaran alur kerja dan proses algoritma yang dibuat melalui gambar grafik garis dan simbol yang saling berhubungan mempunyai fungsi berbeda. Flowchart berfungsi sebagai penganalisis, desain, pendokumentasian atau manajemen suatu proses atau program pada segala bidang.

Simbol-Simbol Flowchart

Lalu, apa sajakah simbol-simbol yang digunakan untuk menggambar diagram alir pemrograman tersebut?.. Standarisasi simbol-simbol flowchart menurut organisasi ANSI dan ISO adalah sebagai berikut:
Lihat penjelasan gambar simbol algoritma diatas berdasarkan nomor.
  • Flow Line/Garis aliran, Memperlihatkan urutan arah aliran operasi proses dari yang satu ke proses yang lainnya. simbol ini berbentuk garis anak panah atau garis yang mempunyai ujung tombak pada penghujung garis.
  • Terminal/Terminal, Menunjukkan awal dan akhir suatu program maupun sub-proses, di dalam simbol ini biasanya diisikan dengan tulisan “Star/Mulai” dan “End/akhir”. bentuknya seperti stadion, persegi panjang yang sisi kiri dan kanannya melengkung.
  • Process/Proses, Merupakan serangkaian operasi yang mengubah nilai, bentuk, atau lokasi data, dengan kata lain simbol proses merupakan representasi terjadinya rangkaian tindakan, pembuatan, atau pengolahan yang menghasilkan produk. Simbol proses berbentuk persegi panjang.
  • Decision/Keputusan, Memperlihatkan operasi bersyarat yang menentukan salah satu dari dua jalur yang akan diambil oleh program. Operasi umumnya berupa pertanyaan YES/NO (ya / tidak) atau TRUE/FAlSE (benar / salah). Simbol keputusan berbentuk ketupat. situasi ini sering terjadi ketika sebuah program dihadapi dengan jenis tipe data dasar Logical atau Boolean.
  • Input Output/Masukan Keluaran, Menunjukkan proses memasukkan dan mengeluarkan data, seperti dalam memasukkan data atau menampilkan informasi. Simbul ini berbentuk jajar genjang.
  • Annotation/Anotasi, Menunjukkan informasi tambahan tentang langkah dalam program. Sama halnya dengan komentar di dalam source code pemrograman, anotasi ini tidak mempunyai dampak apapun terhadap proses berlangsung.
  • Predefined Process/Proses yang telah ditentukan sebelumnya, menunjukan proses yang didefinisikan di proses operasi lain, atau menampilkan bahwa langkah tersebut terdapat proses lain yang lebih terperinci. diagram ini bisa jadi menunjukan ada subprocess di dalamnya.
  • On-page Connector/Konektor di halaman, menunjukan pasangan konektor berlabel, digunakan menyederhanakan dan mengganti kan garis panjang membingungkan pada halaman kerja flowchart. Bentuk simbol konektor ini lingkaran kecil yang biasanya diberikan huruf di dalamnya sebagai penghubung ke konektor lainnya.
  • Off-page Connector/Konektor di luar halaman, Konektor berlabel untuk digunakan ketika diagram yang dibuat didalam sebuah kertas terbatas dan bersambung pada halaman lain. Diwakili sebagai pentagon berbentuk rumah piring.
Simbol-simbol flowchart diatas adalah simbol bentuk dasar dan yang sering umum digunakan menurut ANSI dan ISO, ada juga beberapa simbol yang menurut mereka juga digunakan namun sedikit digunakan atau sering digunakan namun diluar bentuk dasar ketika ada proses yang harus dirincikan secara spesifik lagi atau sub proses. diantaranya adalah:
Lihat penjelasan gambar simbol algoritma diatas berdasarkan nomor.
  • Data File or Database/File Data atau Basis Data, Merupakan tempat data dikumpulkan di layanan penyimpanan untuk memudahkan pencarian dan penyaringan pengguna sistem. Simbol basis data ini berbentuk silinder.
  • Single Document/Dokumen tunggal, Dokumen tunggal seperti laporan mewakili persegi panjang tunggal dengan pondasi bergelombang.
  • Multiple Documents/Dokumen Banyak, Beberapa dokumen atau laporan mewakili persegi panjang bertumpuk dengan garis pondasi bergelombang.Kedua simbol document ini bisa merupakan landasan masukan data, hasil data (informasi) yang diinterpretasikan dengan label print.
  • Manual operation/Operasi manual, berbentuk trapesium dengan sisi paralel lebar di bagian atas, simbol ini menunjukan operasi atau penyesuaian proses yang hanya dapat dibuat secara manual, atau pengolahan yang dilakukan diluar sistem komputer atau pengolahan yang tidak otomatis.
  • Manual input/input manual, Merupakan representasi dimana pengguna sistem harus menginput data secara manual ke dalam field database atau textbox, biasanya melalui keyboard atau perangkat keras input lainnya. contohnya langkah dalam proses login, pengguna diminta untuk memasukkan data nama dan kata sandi secara manual.
  • Preparation or Initialization/Persiapan atau Inisialisasi, Diwakili oleh segi enam memanjang, digunakan untuk langkah-langkah seperti mengatur penghubung dan pemutus proses aliran, mengatur langkah lain dalam proses dan menginisialisasi memori secara rutin.

Secara umum, diagram alir atau flowchart ini mengalir atau dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan (IBM-FlowchartingTechniques-GC20-8152-1. 1970. Hal. 10.).

Sejarah Standarisasi Flowchart

Setelah pada awalnya Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan alur proses, "the flow process chart (bagan alur proses)", diperkenalkan oleh Frank dan Lilian Gilbreth dalam presentasinya pada tahun 1921, presentasi tersebut berjudul "Process Charts: First Steps in Finding the One Best Way to do Work (Bagan Proses: Langkah Pertama dalam Menemukan Satu Cara Terbaik untuk Melakukan Pekerjaan)", kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME).

Pada tahun 1960-an sebuah organisasi nirlaba swasta sebagai koordinasi standar A.S. dengan standar internasional, sehingga produknya dapat digunakan di seluruh dunia serta mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, layanan, proses, sistem, dan personel di Amerika Serikat yang disebut dengan ANSI (American National Standards Institute), menetapkan standar untuk diagram alir dan simbol-simbol mereka.

selanjutnya pada tahun 1970 ISO (International Organization for Standardization), atau badan penetapan standarisasi internasional yang terdiri dari perwakilan dari berbagai organisasi standar nasional, sebagai salah satu organisasi pertama yang diberikan status konsultatif umum dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, mengadopsi simbol yang ditetapkan oleh ANSI.

Pada tahun 1985 akhirnya Organisasi ISO ini Menetapkan kembali atau merevisi dan Menentukan simbol yang akan digunakan dalam dokumentasi pemrosesan informasi dan memberikan panduan tentang konvensi untuk penggunaannya dalam bagan alir data, bagan alir program, bagan alir sistem, bagan jaringan program, bagan sumber daya sistem. panduan ini disebut dengan dokumen ISO 5807:1985.

Tipe - Tipe Flowchart

Ada bebrapa tipe dari flowchart menurut kebutuhan analysts, designers, engineers, managers dan individual programmers. Alan B. Sterneckert mengemukakan tipe flowchart ada empat, yaitu Document flowcharts (Diagram alir dokumen), data flowchart (diagram alir data), System flowcharts (diagram alir sistem), dan program flowchart (diagram alir program) (Critical Incident Management. 2003. Hal. 126).
  • Document flowcharts (Diagram alir dokumen), menunjukkan kontrol aliran dokumen pada sistem. Diagram alir dokumen memiliki tujuan untuk menunjukkan kontrol yang ada atas aliran dokumen melalui komponen sistem. Diagram alir ini ditandai oleh struktur vertikal mereka. Grafik dibaca dari kiri ke kanan dan mendokumentasikan aliran dokumen melalui berbagai unit bisnis.
  • Data Flowchart (diagram alir data), menunjukkan kontrol aliran data dalam suatu sistem. Diagram ini memiliki tujuan untuk menunjukkan kontrol yang mengatur aliran data dalam sistem. Diagram alir data digunakan terutama untuk menunjukkan saluran bahwa data ditransmisikan melalui sistem daripada bagaimana kontrol mengalir. Penting untuk dicatat bahwa diagram alir data tidak terlalu berguna dalam memperoleh pemahaman tentang kontrol yang ditempatkan di tingkat fisik atau sumber daya sistem. Dengan kata lain, diagram alir data tidak menggambarkan kontrol dalam pencegahan deteksi kesalahan.
  • System Flowcharts (diagram alir sistem), menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya. flowchart sistem adalah jenis ilustrasi ketiga yang menunjukkan kontrol yang terletak di tingkat fisik atau sumber daya. Bagan alir sistem menunjukkan aliran data ke dan melalui komponen utama dari suatu sistem seperti, entri data, program, media penyimpanan, prosesor, dan jaringan komunikasi. Jenis diagram alir ini menunjukkan bagaimana kontrol ditempatkan untuk memastikan berfungsinya komponen yang disebutkan.
  • Program Flowchart (diagram alir program), menunjukkan kontrol dalam suatu program dalam suatu sistem, menunjukkan kontrol yang ditempatkan secara internal ke suatu program di dalam sistem. Sebagai contoh, mengilustrasikan modul proses dalam suatu program membantu auditor dalam mendapatkan pemahaman tentang cara-cara dimana integritas data dipertahankan selama pemrosesan.

Sedangkan menurut Suarga, simbol flowchart atau bagan alir dibagi menjadi dua kategori, yaitu program flowchart dan sistem flowchart. (algoritma dan pemrograman. 978-979-29-2745-0. hal. 10).
  • Simbol Program Flowchart, yaitu simbol yang digunakan untuk menggambarkan logika dari pemrosesan terhadap data. simbol flowchart program ini terdiri dari terminator, proses, input/output, seleksi/pilihan predefined-data, predefined process, connector, off-page connector. lihat gambar dibawah ini. 
  • Simbol Sistem Flowchart, yaitu simbol peralatan sistem komputer digunakan untuk menyatakan proses terhadap data. simbol ini terdiri dari keyboard, printer, file/storage (penyimpanan), display/monitor, magnetic tape (pita magnetik), magnetic disk (disk magnetik), sorting, extract, marge. lihat gambar dibawah ini.
Demikian sedikit artikel tentang penjelasan tentang entang apa pengertian, definisi, simbol dan tipe-tipe flowchart. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "FLOWCHART (Diagram Alir): Pengertian, Definisi, Simbol dan Tipe Flowchart "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel