AdSense

TIPE DATA, VARIABEL, NILAI, EKSPRESI ALGORITMA PEMROGRAMAN

Tipe data, variabel, Nilai dan Ekspresi dalam Algoritma dan Pemrograman

Pada dasaranya komputer menampung dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat. Komputer mampu mengolah berbagai model data, baik itu angka, simbol, huruf, bahkan gambar, audio dan video (Artificial Intelligence).

Sebelum melanjut lebih dalam lagi, ada baiknya kitamemahami apa itu Data berikut defenisi dan pengertian dasarnya. Lihat artikel Pengertian Dan Jenis Data saya.

tipe-data- variabel-nilai-ekspresi-algoritma-pemrograman

Algoritma dan pemrogaraman adalah metode ilmiah untuk penyelesaian masalah yang mampu mengelompokan dan mengidentifikasi model-model data. Pemodelan data tersebut bertujuan untuk mempermuadah pengololaan sumber riset informasi. 

Baca Juga: Konsep Algoritma 

Dengan algoritma, sumber riset atau data lahir dengan beberapa macam model yaitu; Tipe Data (Data Type), Variabel (Variable), Nilai (Value) dan Ekspresi (Expression). Didalam algoritma dan pemrograman, data adalah suatu bahan dasar mentah wajib yang harus dikumpulkan terlebih dahulu dan kemudian dikelompokkan menurut tipe data, identifikasi perwakilan wadah data, nila data dan tranformasi dari data itu sendiri.

Tipe Data (Data Type)

  • Tipe Data (Data Type), setiap data memiliki jenis atau kategori tipe data tersendiri, tipe data dibagi menjadai dua kategori, yaitu Tipe Dasar dan Tipe Bentukan.
    • Tipe data yang Tipe Dasar adalah tipe data basis atau asli seperti:
      • Bilangan Bulat (Integer), Adalah Bilangan Atau Angka yang Tidak memiliki Titik Desimal atau pecahan (8, 10, +255, -34, -1024), tipe dituliskan sebagai int atau Integer didalam database, dan operasi aritmatik tambah +, Kurang -, kali *, bagi /, sisa hasil bagi %.
      • Bilangan Biasa (Real), Adalah bilangan atau angka yang memiliki titik desimal atau pecahan (bisa diakatan kebalikan dari bilangan bulat), tipe ini dituliskan sebagai real atau float didalam database, dan dapat diimplementasikan dengan operasi aritmatik dan pembandingan. Contoh bilangan riil ini seperti 0.0003, 235.45, +1023.55, -987.3456.
      • Bilangan Tetap (Const), adalah tipe bilangan yang nilainya tidak berubah selama algoritma berjalan, bisa bernilai bulat atau tidak, tipe dituliskan sebagai const, dan jangkauan nilai atau jumlah nilai dari bilangan ini meliputi semua bilangan yangmungkin. 
      • Karakter (Char), adalah tipe data tunggal atau terdiri dari satu angka, huruf, simbol baca, juga simbol-simbol yang tidak dapat diimplementasikan dengan operasi aritmatik atau tidak dapat dioperasikan matematis. Tipe dituliskan sebagai char dan diawali dan diakhiri dengan tanda kutip tunggal atau ganda “A”, ‘b’, “?”, ‘3’, “@” dan seterusnya). Karakter (char) memiliki jangkauan nilai meliputi ASCII (American Standard Code for Information Interchange).
      • Logik (Logical atau Boolean), adalah tipe data logical atau boolean digunakan untuk menentukan nilai pembandingan sebagai true atau false (benar atau salah), jangkauan nilai tipe ini hanya dua yaitu false atau true, tipe dituluskan sebagai boolean. operasi operator logical NOT, AND, dan OR , sedangkan operasi operator relational (Penghubung) adalah <>, <=, >=, <, > dan =. Contoh tipe data logical adalah 10 > 9, hasilnya False, adik < kaka, hasilnya, True.
    • Sedangkan tipe data yang Tipe Bentukan adalah tipe data yang dikombinasikan dengan tipe dasar, seperti:
      • Larik (Array) adalah tipe data bentukan yang digunakan untuk mendeskripsikan kumpulan elemen-elemen (nilai atau variabel), yang tiap tiap elemennya memiliki indeks. Array dapat didefinisikan sebagai tipe data yang dibentuk untuk menciptakan variabel yang nilai datanya sejenis dan banyak. Array digunakan ketika progrmamer dihadapkan dengan kebutuhan variabel yang nilai datanyak banyak, seperti hari, nama, tanggal ataupun tahun. Contoh array didalam bahasa pemrograman PHP yaitu $bulan = ["jan","feb","maret","april","mei","juni"];.
      • String (String) adalah tipe data bentukan yang menampung data tekstual atau karakter (plains teks) baik itu berbentuk kata maupun kalimat. Data string di apit oleh tanda kutip ganda atau tunggal (“” dan ‘’). Contoh string adalah “ini adalah contoh string” atau ‘ini juga contoh string’.
      • Rekaman (Record) adalah sebuah tipe data yang dibentuk untuk menampung sebuah variabel yang mempunyai kelompok elemen-elemen data. Sebagai contoh seorang atau sebuah variabel mahasiswa mempunyai elemen-elemen data nama, tanggal lahir, alamat, jenis kelamain. Tipe data ini dituliskan dengan sintak record.

Variabel (Variable)

Variabel (Variable) dapat dikatakan sebagai wadah penampung semenatara data yang diberi nama atau identitas. Variabel adalah sebuah tempat yang memiliki nama, digunakan untuk menymoan nilai. Variabe memiliki rumus penulisan yaitu deklarasi-inisialisais- assignment
Var nama;
nama = “Sifulan”;
Contoh variabel dalam bahasa Pemrogrman PHP adalah identitas Nama menajadi $nama, alamat adalah $alamat dan Tanggal Lahir adalah $tgl_lahir. Cara membentuk identitas data atau variabel tidak harus seperti diatas, variabel dapat dituliskan menurut keinginan msing-masing seperti $nm adalah nama, $almt adalah alamat atau $tlhr adalah tanggal lahir. Variabel tidak memiliki space, variabel tidak boleh diawali dengan angka.

Nilai (Value)

Nilai (Value) adalah pemberian ukuran nilai terhadap data. Keadaan memberikan nilai ini biasanya berlaku pada saat seteleh variabel dibuat dan membutuhkan nilai. Contoh pemberian value variable seperti :
var nilai;
nilai = 80;
Delapan Puluh diatas adalah contoh pemberian nilai terhadap variabel.

Ekspresi (Expression)

Ekspresi (Expression) adalah tranformasi dari ukuran atau nilai data yang dilakukan dengan relasi operand (nilai asal operasi data ) dan operator( simbol-simbol penghubung sebagai penghasil tranformasi nilai +,*,% ,&&, <, dll). Secara sederhana ekspresi adalah perubahan nilai data dari perhitungan komputasi yang terdiri dari operand dan operator.

Berikut adalah artikel saya tentang Tipe data, variabel, Nilai dan Ekspresi dalam Algoritma dan Pemrograman, pembahasan adalah teori dan sedikit contoh perancangan database, semoga bermanfaat.

0 Response to " TIPE DATA, VARIABEL, NILAI, EKSPRESI ALGORITMA PEMROGRAMAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel