bakhilun_bellow-header-widget_AdSense2_970x90_as

Foreign Key: Pengertian, Batasan dan Contoh

Pengertian, Batasan, Syarat Dan Contoh Foreign Key

Basis data adalah media penyimpanan digital pada teknologi sistem informasi. Dalam menciptakannya diperlukan kiat-kiat metode yang terus berkembang sesuai zaman. Salah satu kiat disebut dengan metode perancangan model basis data.
Baca Juga: Manusia Dan Teknologi

Salah satu metodenya adalah dengan pendekatan basis data berbasis record (baris), yaitu dengan merekapitulasi ulang sebuah sistem tersebut menjadi tupel dan relasi untuk mengidentifikasi jenis dan nilai dalam istilah atribut tabel basis data.

Di dalam atribut tabel (attribute table) terdapat istilah atribut kunci foreign key (kunci asing) yg merupakan rujukan atribut-atribut kunci tabel lain. Tujuannya adalah acuan bolak-balik relasi antar tabel basis data (basis data relasional) kompleks, tentunya dengan menerapkan beberapa implementasi RDBMS.

Pengertian Foreign Key Basis Data

Bahasa Indonesia disebut dengan kunci asing atau kunci tamu. Pengertian Foreign Key adalah satu atau gugusan field (kolom) tabel basis data relasional disingkat dengan FK yang dirujuk dari atribut kunci tabel lain, biasanya foreign key merujuk terhadap primary key.

Satu atau beberapa atribut dengan bernilai unik akan dikaitkan terhadap foreign key pada tabel lain, kaitan ini sekaligus menjamin keunikan dari semua baris primary key. Artinya foreign key adalah primary key yang berada di tabel lain di dalam basis data, key ini digunakan sebagai tautan referensi relasi antar tabel basis data.

Perbedaan antara primary-key dan foreign key adalah tabel yang berisikan foreign key disebut tabel anak, dan tabel berisikan primary key disebut tabel induk. Artinya primary-key adalah acuan dari foreign-key.

Batasan Foreign Key Basis Data

Secara spesifik batasan foreign key adalah artibut kunci ini hanya dapat berisi nilai primary key yang direferensikan, dengan demikian dapat memastikan integritas referensial dari data yang digabungkan pada dua kunci.

Batasan ini menjamin kemampuan dan keefisienan sebuah sistem basis data dalam hal pengelolaan baik itu berkaitan dengan hal perintah alter, insert, update, delete pada query SQL.

Inti batasan foreign key adalah menegakkan integritas acuan rujukan jika pada suatu kolom tabel A merupakan acuan dari Kolom tabel B, maka nilai kolom tabel B harus eksis.

Contoh Foreign Key Basis Data

Contoh foreign key berikut dapat dipahami jika telah memahami normalisasi basis data berbasis record. Perhatikan gambar contoh foreign key di bawah ini.

contoh_foreign_key_kunci_asing
Contoh Foreign Key

Contoh kolom foreign key diatas merupakan tabel basis data yang sudah masuk normalisasi tahap ke 2 bahasa inggris disebut 2nd normal form (2NF), dimana jenis dan nilai dari atribut tabel diatas telah diidentifikasi.

Contoh gambar foreign key diatas dijelaskan terdapat tabel_member dengan kolom id_member, nama, alamat dan kelamin dan tabel_riwayat_transaksi dengan kolom id_transaksi, kostumer, nama_barang, tgl_transaksi, harga, qty, harga_total.
  • Kolom kostumer pada tabel tabel_riwayat_transaksi adalah atribut foreign key dari atribut kolom id_member pada tabel tabel_member.
  • Dimana foreign key kolom kostumer ini dapat menjamin integritas referensial dari kolom tabel_member.
  • Kolom id_member dapat menjamin adanya modifikasi nilai kolom kostumer, seperti mengubah atau menghapus nilai pada tabel_riwayat_transaksi.
Terimakasih.

0 Response to "Foreign Key: Pengertian, Batasan dan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel