AdSense

KEMAMPUAN DASAR ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

Kemampuan Dasar Analisa dan Perancangan Sistem

Dalam analisa dan pererancangan sistem ada beberapa kemampuan penting diperlukan sebagai landasan seorang analis sistem, diantaranya;
Kemampuan-Dasar-Analisa-Perancangan-Sistem
pixabay
Pola Pikir Analitis, adalah kemampuan berpikir sistematis dan logis. Pola pikir analitis adalah ilmu dasar dalam bagi analis, kemampuan analitis adalah kemampuan menguaraikan dan merangkai suatu permasalahan hingga bagian partikel terkecil. Indikasi pola pikir analitis mencakup penyelidikian, memilah antara pemikiran induktif dan deduktif dan pola pikir yang masuk akal.

Pengembangan Diri, adalah landasan paling enting dalam meningkatkan kemampuan diri, kepercayaan diri dan mutu atau kualitas diri terhadap kepentingan analisa perancangan sistem. Kemampuan pengembangan diri dilandasi berdsarakan perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi yang tidak ada hujungnya.

Pengetahuan Teknis, Bertkaitan dengan pengetahuan umum teknologi maupun sistem, seorang analis tidak hanya mengetahui tentang analisa atu pengemabang sistem (sytem sengineering), analis juga harus mepunyai pengetahuan programing, desain grafis perangkat lunak, perkembangan perangkat keras dan bahkan segi pengguna (user) sistem atau sering disebut user experience (UX) yaitu berkaitan tentang pengalaman pengguna sistem.

Keahlian Pemecah Masalah, berkaitan dengan pemengambilan keputusan tepat terhadap masalah persoalan yang dipecahkan, ketika seorang analis dihadapkan dengan permasalah permasahalahn rumit dalam perancangan sebuah sistem, konsep pengambilan keputusan solusi konkret sangat mempengaruhi sistem itu terkonseptual dan mampu berjalan, bersaing dan dapat dikembangkan sesuai keadaan lapangan. Umumnya seorang analis membuat banyak keputusan dalam pemecahan masalah, karena memang ada titik dimana keputusan anlisa berbedada kegunaanya pada organisasi maupun bisnis mirip namun tak serupa.

Kemampuan Hubungan Antar Manusia, terkait dengan hubungan Interaksi dua arah antar sesama manusia dari tutur bahasa, gerak dan tingkah laku baik akan memberikan dampak baik pula. Dalam hal mempresentasikan sebuah karya kepada klien, kemampuan hubungan baik sangat mempengaruhi karya analisa perancangan sistem diterima atau ditolak klien.

Semua kemampuan diatas adalah ilmu dasar yang harus dimiliki analis. Pada dasarnya ilmu atau kemampuan dasar analisa dan perancangan sistem diatas adalah ilmu yang umum, atau ilmu yang didapat dari lingkungan sosial dan kemampuan warisan genetik, namun jika diakukan terus menerus pasti akan indah pada waktunya, Hal terpenting adalah mencintai dan menikamati profesi.

0 Response to "KEMAMPUAN DASAR ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel