AdSense

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Sistem informasi geografis adalah sistem komputer pengolah, penyimpanan, dan informasi tentang permukaan bumi dan iklim. Sistem informasi geografis tepatnya adalah sistem mengolah data ruang bumi. Dalam versi lengkapnya, sistem informasi geografis juga memberikan informasi flora, fauna dan hasil bumi. Sistem informasi geografis disingkat dengan SIG, dalam bahasa inggris SIG desebut dengan Geographic Information System disingkat denga GIS. Kamus Oxford memberikan definisi GIS adalah "sebuah sistem untuk menyimpan dan memanipulasi informasi geografis di komputer". SIG sering digunakan dalam oenentuan lokasi berdasarkan letak geografis garis bujur (longitude) dan lintang (latitude).
sistem-informasi-geografis
pixabay
Komponen SIG sendiri terdiri dari Perangkat Keras (hardware) sebagai sumber daya SIG , Perangkat Lunak (software) sebagai alat SIG, Data sebagai bahan dasar SIG seperti data geospasial dan Manusia sebagai pengguna SIG; Metode sebagai aturan cara kerja sistem yang melibatkan input data (captur), proses manipulasi data (manipulate), penyimpanan data (Storage) dan output data. Objek Data dalam Sistem informasi geografis adalah peta.
Sistem informasi geografis sering digunakan untuk kepentingan menggali informasi kekayaaan sumber daya alam migas, logam dan batu-batuan; Sistem informasi batasan atau menghitung luas suatu daerah provinsi, kabupaten hingga ruang terkecil; Sistem penentuan daerah rawan bencana alam; informasi dataran tinggil, rendah dan luas lautan daerah.
Negara indonesia mempunyai badan khusus yang bertugas Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Negara Indoensia, badan tersebut disebut dengan Badan Informasi Geospasial BIG. sistem Big didirikan atas landasan peraturan presiden Republik Indonesia Nomor 94 tahun 2011, beralamat di bogor. Bahkan Badan penanggulangan bencana negara Indonesia BNPB tidak luput dengan Sistem informasi geografis.
BIG-sistem-informasi-geografis-indonesia
BIG
Bagaiaman SIG berkerja?.. Sistem informasi geografis bekerja mengunakan implementasi peta sebagai unsur dasar yang disematkan pada program sistem sebagai referensi geografis, data pencitraan jarak jauh yang dibentuk dalam betuk koordinat vektor X dan Y, menganalisis pengambilan keputusan kondisi, dan aplikasi untuk memungkinkan manusia untuk dapat menyelsaikan kendala pemetaan geopspasial.Demikian sedikit penjelasan tentang sistem informasi geografis, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel