AdSense

KONFIGURASI TCP/IP

Konfigurasi TCP/IP

Setelah kita mengetahui Apa Itu TCP/IP Selanjutnya mari kita lihat sedikit tentang konfigurasi TCP/IP atau pengaturan TCP/IP. Pada Contoh kali ini saya akan mencontohkan pada OS Windows Seven (Win 7).

Konfigurasi TCP/IP pada Windows 7.

Pada Contok Kali ini saya akan mencontohkan Komfigurasi TCP/IP pada Wireles WI-FI.
  • Nyalakan Komputer Anda. setelah menyala Klik pada lambang WINDOWS tepat pada pojok kiri bawah. Seperti Gambar 1 di bawah.
1
2

  • Maka akan muncul jaringan Wi-Fi yang ditangkat perangkat Wireless Komputer Anda. Klik pada Open Network and Sharing Center.
  • Maka akan muncul Menu Network and Sharing Center  Seperti gambar 2. pada menu tersebut klik lagi menu Change Adapter Setting.
  • Pada menu adapter Setting Klak (Klik Kanan) pada Wireless Network Connection, pilih menu Properties  seperti gambar 3.
  • Kemudian Pasti akan muncul jendela menu Wireless Network Connection Properties Lihat Gambar 4. Pada menu tersebut  pilih menu Internet Protocol Verion 4 (TCP/IPv4). Setelah dipilih, klik menu Properties.
4
3
  setelah muncul jendela menu Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) Properties, klik pada Radio Button Use The Following Ip Adress dan Use The Following DNS Server Adress.

   nah pada tahap ini adalah tahap terakhir dalam penentuan apakah berhasil atau tidak dalam mengoneksikan jaringan ke sebuah hotspot Wi-Fi, karena di tahap terakhir ini pendukung berhasil atau tidaknya Protocol ini ada pada tahap pengsisian Alamat IP address, Subnet Mask dan Default Gateway. Lebih tepat nya kita harus mengetahui Pengelompokan Kelas IP Adress, namun jika pada permasalahan DNS Server Adress Kita Bisa menggunakan DNS Server free Seperti DNS punya Google Preferred Dns Server 8.8.8.8 dan Alternative DNS Server 8.8.4.4

5
      Karena Dalam Pengisian IP Adress yang pertama kita harus Mengetahui Berapakah Gateway  dari Hotspot Wi-Fi yang kita gunakan, amat IP berapa sajkah yang sudah terisi ,karena kita harus masuk dengan IP yang belum digunakan komputerlain. 

    setelah kita mendapatkan itu semua diketahui bahwa jaringan Wi-Fi yang kita pakai menggunakan Kelas IP Adress C (Network ID 192.168.1). Dan setelah melakukan Network View kita manemukan alamat Host ID 12 Masih Kosong. berarti kita masukkan alamat IP Adress 192.168.1.12, Subnet Mask akan muncul otomatis jika diklik yaitu 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.1.1.
     Untuk Pengisian DNS Server kita gunkana Free DNS dari Google yaitu Preferred 8.8.8.8 dan Alternate 8.8.4.4. lihat Gambar 5. Finish klik oke semua jendela yang tadi kita buka, bukan jendela rumah ya..:)
Baca Juga : Pengertian dan Layer Pada TCP/IP

   maka sampai disini saja artikel ini saya buat semuga bermanfaat Terimakasih atas kunjungannya.
      

2 Responses to "KONFIGURASI TCP/IP"

  1. Thank you for sharing a bunch of this quality contents, I have bookmarked your blog. Please also explore advice from my site. I will be back for more quality contents. https://192-168-i-i.com/

    ReplyDelete
  2. Much thanks to you for setting aside an ideal opportunity to distribute this data extremely helpful! show my ip

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel