AdSense

MOUSE KOMPUTER

Mouse Komputer


Mouse Komputer - adalah termasuk kedalam Komponen Komputer jenis Perangkat Keras (Hardware) Eksternal (Pendukung) komputer yang mempunyai beberapa jenis baik itu dari segi fisik atau dari segi jenis port connectornya.  Mouse Komputer termasuk kedalam kedalam Device Input (perangkat masukan) sama halnya dengan Keyboard, Webcam, Microfon dll.
Mouse Komputer berfungsi untuk mengarahkan Pointer (kursor) pada Monitor Komputer yang Menggunkan OS (Operating System) berbasis GUI (Graphical User Interface) atau dengan kata lain pada komputer yang menggunakan sistem operasa berbasis Menu Gafis sehingga pengguna merasa nyaman dan mudah mengaplikasikannya.
Dari segi bentuk fisik dan Cara Input, Mouse dapat di bedakan dengan 2 jenis, yaitu :
1. Mouse Trackball.
Adalah Mouse komputer yang banyak digunakan jaman generasi ke-dua bahkan di generasi ke-tiga pun Mouse Trackball ini juga masih digunakan. ciri-ciri bentuk fisiknya adalah, Berat dan memiliki bola yang dilapisi karet yang berfungsebagai alat penggeser kursor. Bola trackball Mouse itu sendiri ada yang letaknya di bagian bawah ataupun di atas mouse.

2. Mouse Optical
adalah Mouse Komputer yang menggunakan teknologi Optic yang mempunyai kecepatan lebih tinggi dibandingkan Tracball. Mouse jenis Opticall ini menjadi Mouse pilihan didunia saat ini karena dari segi bentuk ia lebih kecil dan juga lebih ringan. Bentuk Fisiknya lebih cenderung memiliki Sensor berwarna dibagian bawah mouse tersebut.
Mouse Optical

Mouse Komputer jika di lihat dari segi Port Connector-nya mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalaha :
1. Mouse Serial.
Mouse Serial
Mouse Komputer dinamakan Mouse Serial karena konektor (colokan penghubung ke komputer) menggunkan Port jenis Serial, makanya mouse ini dinamakan Mouse Serial. Mouse ini tidak digunakan lagi pada jaman sekarang karena mouse ini digunakan pada komputer jenis AT (Advance Technologie).






2. Mouse PS2.
Mouse Ps2
Mouse Ps2 juga samahalnya dengan Mouse Serial. dinamakan Mouse Ps2 karena Mouse itu Menggunakan Port Ps2 sebagai penghubung ke CPU yang namanya itu di ambil dari IBM (Personal System/2).
Ciri dari mouse Ps2 umumnya  Port ini mempunyai 6Pin mempunyai konektor berwarna Hijau sedangkan yang Ungu untuk Keyboard. 




3.Mouse USB.
Mouse USB

Mouse USB juga mmemiliki Port USB sebagai penghubung ke CPU. USB singkatan dari Universal Serial Bus yang merupakan Port serial Universal Bagi Device yang bekerja dengan transmisi data secara serial. cirinya adalah memiliki konektor USB.




Mouse Wireless





4. Mouse Wireless.
Mouse Wireless mulai digunakan di jaman sekarang, Mouse ini tidak menggunakan kabel namanya saja Wireless pasti Nirkabel dong. Ciri fisik Mouse ini adalah tidak memiliki kabel, menggunkan Baterai, mempunyai tombol On/Off biasanya di bagian bawah mouse dan konektor USB yang bisa di copot dan dipasangkan kembali.

Nah Demikinlah sajian saya pada artikel kali ini bagi pengunjung semoga menjadi pencerahan bagi yang belum tahu dan menjadi pengulangan bagi yang sudah mengetahui. terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "MOUSE KOMPUTER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel