AdSense

DAMPAK PENYALAHGUNAAN IPTEK BAGI KEHIDUPAN

Dampak penyalahgunaan Iptek bagi kehidupan. 

Seperti sudah menjadi hukum alam, disamping ada sisi positif juga muncul sisi negative dari kemajuan Ipteks, contoh dampak sisi negative dari iptekn adalah perlobaan senjata nuklir, pelanggaran norma kesusilaan, kriminalitas, penurunan kesehatan dan pencemaran lingkungan hidup.     
dapak Penyalahgunaan Iptek Bagi makhluk
Adanya sisi negative dan positif dari Ipteks maka sering di katakana bahwa kemajuan Ipteks beramta dua atau bersifat dilematis. Di suatu sisi ipteks secara positif telah mandatangkan rahmat, dalamartian dapat mingkatkan kesejahteraan manusia hidup manusia. Oleh karena itu, ada pihak yang mengatakan bahwa “Ipteks menjadi tulang punggung kesejahteraan” namun, disisi lain penerapan dan pemanfaatan iptek itu juga telah membawa dampak negative atau membawa laknat dalam bentuk munculnya masalah lingkungan seperti pencemaran, kekeringan, banjir, tanah longsor, dan kenaikan suhu udara global. 
Bukan hanya itu pada saat ini perkembangan ipteks juga telah menambah kebidang informasi dan komunikasi, akibat kemajuan di bidang tekhnologi informasi yang di tandai dengan munculnya berbagai media komukasi yang canggih seperti pesawat telpon, computer, faksimili, internet dan lain –lain, maka semakin transparan pemanfaatan dan peneraoan tekhnologi di bidang informasi dan komunikasi juga mengandung suatu dilemma atau bermata dua yaitu rahmat dan bencana. Di sisi lain suatu sisi tekhnologi informasi dan komunikasi memudahkan kita dalam mendapatkan berita disisi lain dapat juga merusak nilai-nilai moral dan kasusilaan.

Polusi

Dari sisi lingkungan adanya bahan polusi atau polutan yang dapat merusak lingkungan. Timbulnya pencemaran lingkungan seperti halnya kegiatan-kegiatan industry dalam bentuk limbah dan zat-zat yang berbahaya bagi manusia dan kegiatan pertambanagn yang dapat mencemari udara dan rusaknya lahan-lahan akibat pertambangan. Dan banyak lagi kegiatan yang berefek merusak bagi manusia seperti kerusakan: 
  • Pencemaran Air Tanah.
  • Pencemaran Udara.
  • Pencemaran Suara.
  • Pencemarann Sosial dan Budaya
Kerusakan-kerusakan di atas akan susah untuk di perbaiki kecuali kegitan –kegiatan yang dapat berakibatkan kerusakan sperti yang telah di sebutkan tersbut di hilangkan.

1. Pencemaran air dan tanah

Zat kimia seperti lembah industri, pupuk buatan dan deterjen dapat berakibat buruk bagi tanaman tumbuhan seperti organism lainnya. Sperti insektisida yang dahulu banyak di gunakan oleh petani untuk memberantas hama dan serangga penebar penyakit lainnya dan zat tersebut dapat merusak jaringan dll. 

2. Pencemaran Udara 

Pencaemaran udara terutam di sebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dari pabrik minyak, batu ara danlain sebagainya. Asap rokok juga merupakan polutan. Baik bagi si perokok ataupun orang-orang di sekitarnya. 

3. Pencemaran Suara 

Penyebabnya adalah suara bising yang bersifat terus menerus daapta mengakibatkan gangguan-gangguan pada system pendengaran yang selanjutnnya dapat mempengaruhi system lainnya seperti: -Perubahan Tekanan Darah -Perubahan Denyut Nadi -Kontraksi Perut -Gangguan Jantung, Stress dll.

4. Pencemaran Sosial dan Budaya

Kemajuan tekhnologi pada kota-kota besar sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan di kota, kemajuan kehidupan di kota-kota besar membawa pengaruh yang sangat cepat terhadap kehidupan di pedesaan. Penduduk pedesaan ingin mengikuti dan merasakan hasil kemajuan tersebut. Hal ini dalam satu segi membawa pengaruh yang kurang baik, yaitu penduduk pedesaan menjadi konsumtif adanya perubahan kebudayaan yang kurang baik terhadap para muda mudinya.

Klonasi/Kloning

Dengan kemajuan dalam bidang genetika dan biologi reproduksi, maka dimungkinkan rekayasa duplikasi atau multiplikasi secara seksual dan klonasi. Tujuan klonasi dapt di rangkumkan seperti tersebut di bawah ini. 
  • Member anak yang baik pada pasangan yang tidak mempunyai anak 
  • Menyediakan jaringan atau organ fetsus untuk transplantasi 
  • Mengganti anak yang mati muda dengan anak yang sama cirri-cirinya. 
  • Sebagai bagian ari Eugenetika positif dengan membuat genotipus yang di anngap unggul sebanyak - banyaknya. 
  • Merealisais teori dan memuaskan rasa ingin tahu ilmiah. 
  • Memperoleh orang dalam jumlah banyak untuk pekerjaan yang sama dengan cirri cirri tertentu.
  • Memperoleh sampel dengan genotipus yang sam untuk penelitian, misalnya, tentang peran relative pengaruh lingkungan dan genetika pad genotipus manusia.
Namun, adapula dampak yang kurang baik yaitu dengan karena hal-hal tersebut diatas banyak yang belum menyetujui dan banyak yang menentang akan adanya cloning tersebut, selain itu pada segi agama pun sudah barang tentu bertentangan, karena kita menentang kodrat kita sendiri, bagaimanapun manusia sebagai makhluk citaan-Nya.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak mengandung zat-zat yang dapat mengubah suhu udara. Karena dengan adanya pencemaran udara akan menyebabkan pemanasan Global, yaitu dengan adanya efek rumah kaca. Yang dimana dengan adanya efek rumah kaca ini sinar ultra Violet yang dapat membahayakan bagi manusia tidak akan di saring lagi oleh lapisan ozon, sehingga akan langsung menuju ke bumi dan selanjutnya akan diam dan berdsirkulasi di bumi, begitu seterusnya.

Daftar Pustaka


  • Drs. Muhammad Jaffar Anwar M.Si, ilmu sosial, budaya, dan kealaman dasar (jenki sastra; Jakarta ) 2006. -Drs. Heri Manto M.pd. MSI. Ilmu sosial dan budaya dasar (Bumi Aksara; Jakarta) 2009.
  • Prof. Dr. koentadjaningrat, pengantar Ilmu Antripologi (Rieneka Cipta; Jakarta) 2009.
  • Rafeal Ruga Meran, Manusia dan Kebudayaan, (Rineka Cipta; Jakarta) 2000.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel