AdSense

KOMPONEN KOMPUTER

Komponen Komputer

Menurut Para Ahli Pengertian  "Komponen Adalah Keseluruhan makna yang terdiri dari sejumlah elemen, dimana diantara elemn yang satu dan eleman lainnya memiliki ciri khas yang ber beda - beda" (Aminuddin : 2008)
 Sedangkan Definisi Komponen Adalah "Bagian dari suatu sistem yang mempunyai peran penting di dalam keseluruhan aspek berlangsungnya suatu proses dalam penyampaian suatu tujuan didalam sistem" (Tataart Study : 2012)
    Setelah Mengetahui Apa Itu Komputer Maka, pengertian Komponen Komputer adalah bagian/ komponen-komponen yang saling berkerja sama sehingga tercipta sebuah sistem yang utuh. Kehilangan satu komponen saja dapat mengganggu kinerja sitem bahkan bahkan dapat menyebabkan sistem tidak berkerja. misalya keyboard rusak maka kita akan kesulitan memberikan masukan atau input kedalam sistem kompuer, sehingga membuat sistem tidak berjalan dengan baik.
   Nah, apa saja Komponen Komputer itu sendiri?.. mari kita lihat Gambar dan penjelasan dibawah ini.
1. CPU
1. CPU
   CPU Adalah singkatan dari Central Processing Unit. Yaitu perangkat keras komputer (Hardware) yang bertugas melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Semua Proses Masukan atau Input yang dimasukan akan di proses di CPU dan yang kamudian akan mengirim Output. 
Didalam CPU itu Sendiri terdiri dari beberapa komponen. mari kita lihat satu persatu.
1.1. Motherboard

1.1. Motherboard
    Pengertian Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).  Makadari Itu motherboar yang menanggung semua hubungan komponen - komponen komuter tersebut.

1.2. HARDISK
1.2 Hardisk
    Hardisk drive (HDD, Hard Drive, Hard Disk, atau disk drive) adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer. Ini terdiri dari satu atau lebih cakram keras yang berputar dengan cepat (sering disebut sebagai piringan keras), dilapisi dengan bahan magnetik dan dengan kepala magnet diatur untuk menulis data ke permukaan dan membaca data dari Hardisk itu.
     Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di Read atau Write, lain hal nya dengan RAM yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara. oleh karena itu peranan hardisk sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.
    Dapat Disederhanakan adalah Hardisk berfungsi untuk menyimpan semua file didalam sebuah komputer secara permanen.
1.3. RAM
     Pengertian dari RAM adalah singakatan dari  (Random access memory, RAM) atau Memori akses acak (Random Access Memory, RAM. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.
1.3. RAM

1.4. Power Supply
1.4 Power Supply
    Power supply adalah perangkat keras(Hardware) berupa kotak yang diletakkan di bagian atas belakang CPU isinya merupakan Fan Cooler (kipas Pendingin) dan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya.. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Fungsi Power Supply adalah mengirimkan atau menyuplai  tegangan listrik langsung kepada komponen – komponen computer lainnya yang berada di dalam casing CPU.
1.5. Processor
1.5. processor
     Umumnya processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Letak prosesor ini terdapat di motherboard di bawah Heatsink, satuan kecapatan Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz), semkin besar atuan tersebut maka akan semakin cepat kinerja computer tersebut.

1.6. Heatsink
1.6. Heatsink
     Di dalam perangkat komputer, heatsink merupakan perangkat wajib yang harus ada. Jadi jangan heran jika pada komputer desktop atau pun laptop, semua terpasang heatsink yang selalu menempel di atas processor. Alat ini sangatlah penting, karena tanpanya sebuah komputer atau laptop tidak akan bisa untuk hidup berlama-lama menyebabkan computer mati tiba-tiba. 
      Jadi heatsink adalah logam yang didesain khusus yang terbuat dari tembaga atau alumunium, yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah processor, dan membantu proses pendinginan processor itu sendiri. letaknya didalam CPU diatas Processor.

1.7. Baterai CMOS
     
1.7.  Baterai CMOS
      CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi Conductor) atau sering di sebut CMOS RAM  merupakan Perangkat Keras (Hardware) kecil komputer berupa baterai yang di tanamkan di dalam motherboard untuk membeberi daya pada saat komputer dalam kedaan mati atau tanpa aliran listrik. 
     Fungsi baterai CMOS adalah memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika CMOS tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply, Menyimpan data tanpa memerlukan daya eksternal, Memberikan daya pada BIOS, Dan Fungsi Baterai CMOS yang sangat penting adalah menyimpan Konfigurasi BIOS.
1.8. VGA Card
1.8. VGA
     VGA card Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “Card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda. VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. VGA ada dua Jenis Onboard dan PCI atau di sebut juga add-on.

1.9. Sound Card
     Pengertian Sound Card adalah salah satu perangkat keras komputer (Hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio atau suara. Audio atau suara yang muncul melalui speaker atau headset pada Komputer adalah hasil olahan data Sound Card.
Tidak seperti Processor dan RAM, Sound Card bukan merupakan komponen vital dalam sistem komputer, karena komputer tidak memerlukan suara untuk bekerja. Umumnya sound card digunakan pada saat editing audio, video dan games.
1.9. Sound Card

1.10. DVD Rom
    DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. DVD sendiri hampir sama dengan CD ROM, akan tetapi DVD memiliki kemampuan yang  lebih baik dibandingkan dengan CD. DVD ROM dapat memainkan piringan dari DVD yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan kepingan CD. Kepingan DVD biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB.

2. Monitor
2. Monitor
     Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resousi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
      Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, yaitu : Monitor Tabung Sinar Katoda, Monitor LCD, Monitor Plasma dan Monitor OLED.

3. Speaker/Pengeras Suara Komputer
     Pengeras suara komputer ( Bahas Ingris: computer speaker atau multimedia speaker) adalah perangkat Pengeras Suara  eksternal yang digunakan untuk Komputer. Biasanya perangkat ini dilengkapi Penguat  berdaya listrik rendah. Koneksi standarnya menggunakan konektor 3,5 mm dan biasanya berwarna hijau muda (mengikuti standar Kartu Suara pada komputer). Beberapa juga menggunakan konektor RCA untuk masukannya. Ada pula pengeras suara komputer yang dihubungkan ke komputer lewat USB. Pengeras suara komputer pertama kali diperkenalkan oleh Altec Lansing pada tahun 1990.
    Pengeras suara komputer memiliki beragam kualitas dan harga. Pengeras suara komputer seringkali berbahan dasar plastik dan memiliki kualitas suara yang biasa-biasa saja. Beberapa pengeras suara komputer juga memiliki fitur pengaturan bass dan treble.Wikipedia

4. Mikrofon Komputer
      Mikrofon (Bahasa Ingris:  microphone) adalah suatu jenis Transduser  yang mengubah energi-energi Akustik  (Gelombang Suara) menjadi Sinyal Listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu Komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti Telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan Radio serta Televisi.
4. Mikrofon
      Istilah mikrofon berasal dari Bahasa Yunani mikros yang berarti kecil dan fon yang berarti Suara atau bunyi. Istilah ini awalnya mengacu kepada alat bantu dengar untuk suara berintensitas rendah. Penemuan mikrofon sangat penting pada masa awal perkembangan Telepon. Pada awal penemuannya, mikrofon digunakan pada telepon, kemudian seiring berkembangnya waktu, mikrofon digunakan dalam pemancar Radio hingga ke berbagai penggunaan Komputer. 

5. Keyboard.
5. Keyboard
      Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Ada beberapa jenis keyboard pada computer, yaitu: Keyboart Dvorak, Keyboard Alphabetic, Keyboard Querty, Keyboard Numeric dan Keyboard Klockenberg.

6. Mouse
     Mouse merupakan perangkat input pada komputer yang berfungsi untuk mengarahkan dan juga mengatur posisi kursor ( pointer) sebagai penunjuk tombol atau objek perintah pada desktop di monitor. 
6. Mouse
Mouse bekerja sesuai dengan perintah user dengan memainkan tangan. Tanpa mouse user masih dapat bekerja yaitu menggunakan keyboard sebagai pengganti mouse namun kinerja dan kecepatannya lebih lambat dibandingkan menggunakan mouse.

7. UPS
     UPS merupakan singkatan dari Uninteruptible Power Supply. UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama tidak berfungsi (terhenti, pemadaman listrik). Jadi, UPS akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik. UPS hanya sebagai cadangan sementara agar computer tidak langsung padam yang mengakibatkan computer cepat rusak dan menjaga tegangan aliran listrik masuk.

Terimakasih Atas Kunjungan Pembaca. semoga benmanfaat!.
 Amin.
Baca Juga Makna Sains, Teknologi  dan Seni Bagi Manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel