AdSense

PENGERTIAN TCP/IP

Pengertian TCP/IP


Didalam Jaringan computer ada yang Istilahnya Protocol Jaringan Komputer (Seprangkat Peraturan atau Prosedur) dalam berhubungan dengan computer yang satu ke computer yang lainnya. Pada pembahasan kali ini penulis akan sedikit mengupas tentang salah satu Protocol jaringan Komputer yaitu Protocol TCP/IP. Mungkin sedikit pensaran kan?.. Nah tidak usah berpanjang panjang lagi mari kita mulai. Apakah itu TPC/IP?...

        TCP/IP adalah Singkatan dari  (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang jika diterjemahkan menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur Komunikasi Data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini, karena protokol ini mampu bekerja dan diterapkan pada lalu lintas Perngkat Lunak dalam berbagai Sitem Operasi Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP Stack.

        Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Lihat juga Konfigurasi TCP/IP.

0 Response to "PENGERTIAN TCP/IP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel